File-file yang memiliki ukuran yang besar (diatas 1 GB) bisa menjadi salah satu biang keladi dari ruang penyimpanan pada partisi yang menipis.

Sebenarnya ada banyak aplikasi pihak ke-3 yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari file dengan ukuran besar, tetapi tahukah bahwa kamu juga bisa melakukan hal yang sama dengan PowerShell.

Baca juga tutorial Windows lainnya:

Mencari File dengan Ukuran Besar dengan PowerShell

  1. Buka PowerShell.
  2. Ketikan perintah dibawah ini, dimana perintah ini akan mencari file yang berukuran lebih dari 1 GB pada path C:\Users\aditya\Desktop.
    Get-ChildItem C:\Users\aditya\Desktop -recurse | where-object {$_.length -gt 1073741824} | Sort-Object length | ft fullname, length -auto
  3. Done.

Sedikit penjelasan mengenai perintah diatas:

  • -recurse: Melakukan pencarian file pada sub folder (jika ada).
  • where-object {$_.length -gt 1073741824}: Filter untuk mencari file dengan ukuran lebih dari 1 GB. Satuan unit yang digunakan adalah Byte, kamu bisa melihat cheatsheet berikut sebagai refrensi jika ingin mengganti ukuran yang ingin dicar.
  • ft fullname, length -auto: ft atau Format-Table untuk menampilkan hasil pencarian. -auto berguna untuk merapihkan tampilan output.

Perlu diketahui bahwa akan membutuhkan waktu sebelum hasil output muncul, lama tidaknya bergantung pada cakupan folder yang kamu masukan. Jadi semakin luas (terlebih jika memiliki banyak subfolder), maka semakin lama.

  Gimbal HP Murah Ini Stabil Banget! Review Feiyutech Vlog Pocket 2  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.