Sebelumnya bagi kamu yang tidak tahu apa isi dari folder WinSxS, folder WinSxS menyimpan hasil file backup hasil Windows Update yang mana dapat kamu gunakan untuk proses Restore jika sewaktu-waktu sistem mengalami masalah. Tidak heran jika folder ini biasanya berukuran cukup besar.

Jika kamu cukup concern dengan ruang pada partisi. Merupakan opsi yang dapat kamu coba untuk mendapatkan space partisi dengan menghapus folder WinSxS.

Mendapatkan Free Space dengan Menghapus Folder WinSxS

Sebelumnya pastikan kamu telah membuat Restore Point, untuk berjaga-jaga jika mengalami permasalahan setelah menjalankan tutorial ini. Jika sudah maka kamu dapat melakukan langkah-langkah dibawah ini.

  1. Buka tool Disk Cleanup. Kamu dapat menggunakan Windows Search untuk membukanya.
  2. Selanjutnya pastikan memilih partisi sistem (C:), jika sudah klik OK.
  3. Tunggu proses kalkulasi hingga selesai, kemudian klik opsi Clean up system files.
  4. Selanjutnya untuk menghapus isi folder WinSxS, pastikan kamu memberi tanda centang pada opsi Windows Update Cleanup dan klik OK.
  5. Tunggu proses penghapusnya hingga selesai.

Perlu diketahui bahwa, kamu tidak bisa menghapus isi folder WinSxS secara keseluruhan karena beberapa file didalamnya diperlukan oleh sistem. Jadi kamu hanya bisa menghapus sekitar 30-50% isi folder WinSxS.

That’s it!

  Akhirnya Punya NFC..!!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.