Cara Mengetahui PC Kamu Terinfeksi Meltdown dan Spectre atau Tidak (1)
Source : Google Image

Sebelumnya bagi kamu yang belum mengetahui tentang Meltdown dan Spectre, WinPoin sudah membuat artikel penjelasannya berserta informasi patch yang dikeluarkan.

Jadi Meltdown dan Spectre dapat menyerang semua CPU keluaran 20 tahun terakhir. Terlebih celah bug ini dapat dimanfaatkan untuk mencuri data sensitif dari setiap proses yang dilakukan oleh CPU. Pada artikel kali ini, WinPoin akan memberikan cara untuk memastikan bahwa apakah PC kamu terinfeksi atau tidak.

Note : Cara ini dapat berkerja pada Windows 7 SP1, Windows 8.x dan Windows 10

Mengetahui PC Kamu Terinfeksi Meltdown dan Spectre

  1. Buka PowerShell dengan Administrator Privileges.
  2. Kemudian ketikan perintah Install-Module SpeculationControl untuk menginstall modul SpeculationControl. Masukan “y” 2x ketika peringatan muncul untuk melanjutkan proses installasi hingga selesai.Cara Mengetahui PC Kamu Terinfeksi Meltdown dan Spectre atau Tidak (1)
  3. Ketikan perintah Set-ExecutionPolicy Unrestricted, guna agar script dapat dijalankan. Masuka “y” ketikan peringatan muncul.Cara Mengetahui PC Kamu Terinfeksi Meltdown dan Spectre atau Tidak (2)
  4. Ketikan perintah Import-Module SpeculationControl, untuk mengaktifkan modul yang barusan diinstall.Cara Mengetahui PC Kamu Terinfeksi Meltdown dan Spectre atau Tidak (3)
  5. Terakhir ketikan perintah Get-SpeculationControlSettings, untuk mengeksekusi script.

Ketika hasil output muncul, kamu dapat mengetahui apakah PC kamu dapat/terinfeksi dengan Bug ini dengan melihat pada bagian tulisan yang berwarna merah. Jika terinfeksi, maka valuenya adalah False, sebaliknya valuenya akan True yang menandakan bahwa PC sudah ‘terlindungi’.

Cara Mengetahui PC Kamu Terinfeksi Meltdown dan Spectre atau Tidak (4)

Pada kasus WinPoin adalah False, karena belum melakukan update patch yang disediakan oleh Microsoft (sebagaimana yang disarankan pada bagian “Suggested actions” diatas).

Source Microsoft

  Apa itu Black Friday..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.