Di Windows 10, virtual memory (atau paging file) merupakan salau satu komponen penting yang didesign untuk menangani proses diluar sistem operasi yang biasanya dikerjakan oleh RAM. Hal ini serupa pada platform Linux yang memiliki swap file untuk memberikan bantuan memory sementara. Ini memungkinkan sistem kamu untuk menghandle lebih banyak program, tapi karena memory hardisk kinerjanya lebih lambat dibandingkan RAM maka performa komputer akan menurun.

Jika kamu masalah dimana perangkat tidak cukup memory ataupun ingin meningkatkan performa pada sistem, Windows 10 memungkinkan kamu untuk menambahkan size virtual memory.

Pada artikel kali ini, kamu akan mengetahui bagaimana cara menambahkan virtual memory untuk meningkatkan performa Windows 10.

Mengganti Ukuran Virtual Memory di Windows 10

  1. Buka Settings.
  2. Navigasi ke System > About.
  3. Pada panel kanan, klik System Info.
  4. Ketika jendela Control Panel terbuka, klik opsi Advanced system settings.
  5. Navigasi ke tab Advanced, kemudian klik Settings pada menu Performance.
  6. Buka tab Advanced dan pilih opsi Change.
  7. Hilangkan centang pada opsi Automatically manage paging files size for all drives.
  8. Klik opsi Custom size dan tentukan ukuran yang kamu inginkan. Jika sudah klik Set.
  9. Klik OK dan OK lagi hingga semua halaman pengaturan tertutup.
  10. Restart Windows 10.

Setelah proses selesai, maka kamu bisa merasakan perbedaannya ketika bernavigasi di Windows 10 begitu juga ketika membuka beberapa aplikasi.

  Laptop Paling Canggih..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.