Semalam, Microsoft mulai menggulirkan update Windows 10 May 2020 Update ke perangkat Windows 10 yang sudah menggunakan Windows 10 versi 1903 atau 1909, dan hari ini WinPoin ingin memberi tahu kamu cara terbaik untuk update ke Windows 10 May 2020 Update.

Ada 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan update tersebut:

  1. Update melalui Windows Update
  2. Update Menggunakan Update Assitant
  3. Update melalui Media Creation Tool

Dari ketiga cara yang tadi disebutkan, kebetulan WinPoin sudah mencoba semuanya dan kali ini WinPoin ingin menyampaikan (sharing) pendapat mengenai update melalui ketiga cara tersebut.

Kita mulai dari cara pertama yakni menggunakan Windows Update dan ini adalah cara yang paling direkomendasikan oleh Microsoft. Tapi, WinPoin gak setuju dengan hal tersebut. Kenapa?

Pertama, ketersediaan update melalui Windows Update agak sulit untuk di dapat (membutuhkan beberapa kali percobaan hingga akhirnya perangkat kamu bisa mendapat update tersebut) dan ketika akhirnya kamu mendpat update, tiba-tiba saja update tersebut mengalami stuckĀ ketika mencapai angka 71% (kemungkinan karena server sedang penuh, maklum ini adalah hari pertama update) dan WinPoin harus mengulangnya lagi dari awal. Tentu saja ini akan merugikan kamu terutama yang melakukan update dengan menggunakan kuota, terlebih lagi ukuran update ini terbilang lumayan besar.

Jadi, jika kamu hendak melakukan update ke Windows 10 May 2020 Update via Windows Update, sebaiknya kamu tunggu hingga beberapa hari atau beberapa minggu ke depan, agar kejadian stuck tidak menimpa kamu.

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi Update Assistant yang bisa kamu unduh dari link berikut ini. Ini adalah cara terbaik untuk kamu yang ingin melakukan update saat ini juga, pasalnya dari ketiga cara yang sudah WinPoin coba, cara ini adalah cara tercepat*.

*membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan proses update, tentunya hal tersebut tergantung dari konektivitas internet juga.

Lalu cara yang ketiga atau yang terakhir adalah dengan menggunakan Media Creation Tool. Dengan menggunakan Media Creation Tool, kamu bukan cuma bisa sekedar melakukan update, tetapi kamu juga bisa mendapatkan file ISO Windows 10 May 2020 Update. Itung-itung sebagai langkah antisipasi jika suatu saat perangkat kamu mengalami masalah.

Jadi kesimpulannya, jika kamu ingin melakukan update saat ini juga (cuma sekedar update), maka WinPoin sarankan kamu untuk menggunakan aplikasi Update Assistant. Lalu, jika kamu ingin melakukan update dan juga membutuhkan file ISO Windows 10 May 2020 Update, maka silakan pilih opsi Media Creation Tool. Untuk saat ini, update melalui Windows Update kurang begitu bersahabat (mungkin server sedang penuh), jadi gunakan opsi ini ketika gelombang update ke Windows 10 May 2020 sudah agak menurun (mungkin beberapa minggu ke depan).

Oh iya, sebelum kamu melakukan update ke Windows 10 May 2020 Update, pastikan kamu ketahui dulu beberapa masalah yang akan muncul seperti pada bluetooth, refresh rate layar, input mouse dan lain-lain. Untuk detailnya, kamu bisa kunjungi artikel berikut ini.

Jadi, cara mana yang kamu gunakan untuk mendapatkan Windows 10 May 2020 Update?

  TERBARU! Unboxing vivo V20 dan vivo V20 SE Indonesia!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.