Windows 10 May 2020 Update baru saja dirilis secara resmi oleh Microsoft tepat hari ini, namun tunggu dulu! jangan buru buru update, mari kita bahas apa saja masalah yang kini masih menghantui beberapa pengguna yang sudah menginstal versi Windows 10 baru ini.

Dikutip dari Neowin, berikut beberapa masalah yang dilaporkan terjadi pada perangkat tertentu setelah selesai Instalasi Windows 10 2004.

Difficulty connecting to more than one Bluetooth device

Dikabarkan bahwa perangkat Windows 10 dengan Realtek Driver tertentu mungkin akan kesulitan untuk menghubungkan perangkat mereka dengan beberapa perangkat bluetooth.

Errors or issues during or after updating devices with Conexant ISST audio drivers

Perangkat dengan Conexant ISST audio drivers tertentu mungkin akan menemukan error dan masalah dengan audio mereka di Windows 10 2004. Ngomong-ngomong saya sendiri terkadang mengalami masalah ini, kadang Audio error dan outputnya tidak keluar, untuk mengatasi masalah ini saya cukup disable – enabled audio driver di Device Manager.

Errors or issues during or after updating devices with certain Conexant audio drivers

Nah ini levelnya lebih tinggi dibandingkan sebelumnya, dimana perangkat dengan Conexant atau Synaptics audio drivers mungkin akan mengalami error yang diakhiri dengan perangkat hang dan blue screen. Saya sendiri sempat mengalami masalah ini sekali dalam tiga minggu terakhir. Menyebalkan? memang.

Issues using ImeMode property to control IME mode for individual text entry fields

ImeMode property mungkin akan mengalami masalah ketika melakukan kontrol IME Mode untuk entri teks tertentu pada sebagian aplikasi. Tetapi hanya sebagian orang saja yang dilaporkan mengalamai masalah ini via Feedback Hub.

Variable refresh rate not working as expected on devices with Intel iGPU

Variable refresh rate mungkin tidak akan teraktifkan pada kebanyakan game, terutama bagi game yang menggunakan DirectX 9, bahkan ketika Variable refresh rate diaktifkan secara manual.

Stop error when plugging or unplugging a Thunderbolt dock

Pengguna yang menggunakan perangkat Thunderbolt Dock mungkin akan mendapatkan error Stop Working ketika menghubungkan atau mencabut dock dari perangkat mereka.

Errors or unexpected restarts for some devices using Always On, Always Connected

Always Connected capable network adapter mungkin mengalami masalah sehingga perangkat Always On akan mengalami restart secara tiba tiba.

No mouse input with apps and games using GameInput Redistributable

Beberapa aplikasi dan game yang menggunakan GameInput Redistributable dan Windows 10 2004 mungkin akan mengalami masalah terkait Mouse Input.

Issues updating or starting up devices when aksfridge.sys or aksdf.sys is present

Perangkat dengan aplikasi atau driver yang menggunakan versi tertentu dari aksfridge.sys atau aksdf.sys mungkin akan mengalami masalah ketika melakukan update atau menjalankan perangkat.

Issue with older drivers for Nvidia display adapters (GPU)

Pengguna perangkat GPU Nvidia lama, dengan driver dibawah 358.00 mungkin akan mengalami masalah yang paling buruknya mungkin layar tidak akan menampilkan apapun.

Terkait dari ke sepuluh masalah diatas, semuanya dikabarkan masih dalam tahap investigasi oleh Microsoft dan masih belum jelas kapan perbaikan-nya akan dirilis.

Nah bagaimana, ada banyak masalah bukan? saya sendiri dari 10 masalah diatas, dua diantaranya sampai kini masih kadang saya alami, meskipun tiu sangat jarang. Tetapi semua kembali lagi pada perangkat dan driver yang digunakan, karena meskipun begitu, banyak juga laporan yang mengatakan bahwa Windows 10 2004 ini sangat stabil di perangkat mereka.

Silahkan berikan pendapatmu mengenai hal ini dibawah guys, sudah siapkah untuk update? atau mendingan tahan dulu? komen dibawah guys.

Via : Neowin

  UNBOXING APPLE WATCH SERIES 6 + NYOBAIN FITUR BARU!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.