Tips dan Trik Menggunakan YouTube (1)

Kalau nonton YouTube pastinya bawaannya ada aja keinginan buat meninggalkan komentar, entah itu berupa pertanyaan, kritik atau pesan yang membangun. Tapi ada kalanya YouTube bisa gagal untuk memuat kolom komentar dan kalau kamu ada pengguna Chrome yang mengalami masalah tersebut, silakan ikuti tips dari WinPoin berikut ini:

1. Bersihkan data Chrome (cache, cookies, dll.)

Akumulasi data berupa cache (gambar & file), cookie, riwayat penjelajahan, dll. yang tersimpan di penyimpanan lokal PC-mu terkadang menyebabkan ketidaknormalan. Menghapus data Chrome mungkin dapat membantu memperbaiki masalah pemuatan komentar YouTube.

2. Mereset Chrome

Dengan mengatur ulang Chrome, kamu akan membuat browser tersebut kembali ke pengaturan pabrik. Ini adalah solusi pemecahan masalah yang paling efektif untuk beberapa gangguan yang biasanya memengaruhi fungsi peramban dan kinerja beberapa situs web.

Jadi, kalau kamu masih belum dapat mengakses komentar YouTube setelah menghapus data penjelajahan di Chrome, langsung aja lakukan reset.

3. Nonaktifkan Proxy

Menggunakan server proxy di PC-mu dapat mengacaukan komentar video YouTube dan menyebabkan masalah konektivitas lainnya di Chrome. Nah, kalau memang benar komputermu menggunakan koneksi proxy, silakan nonaktifkan proxy tersebut dan refresh ulang halaman YouTube, apakah ini memperbaiki masalah atau masih tetap seperti sebelumnya.

4. Nonaktifkan Ad Blocker atau ekstensi lainnya

Di Chrome terkadang kamu akan mengalami kesulitan dalam berselancar di dunia maya, apalagi kalau kamu memasang ekstensi yang rusak atau tidak kompeten. Beberapa pengguna pernah melaporkan bahwa komentar YouTube berfungsi kembali setelah mereka menonaktifkan ekstensi Ad Blocker.

Untuk menonaktifkan ekstensi yang ada di Chrome, cukup ketikkan chrome://extensions pada address bar dan tinggal nonaktifkan saja Ad blocker (atau ekstensi lainnya).

5. Gunakan Mode Penyamaran (Incognito) di Chrome

Kalau kamu gak tau ekstensi mana yang bermasalah dengan komentar di YouTube, silakan coba akses YouTube dalam mode Incognito.

Jika komentar YouTube berhasil dimuat tanpa masalah dalam mode Incognito, itu merupakan indikasi bahwa masalah tersebut berasal dari ekstensi yang rusak. Untuk memperbaiki masalah ini secara permanen, kamu harus menonaktifkan atau menghapus ekstensi yang bermasalah.

6. Update Chrome ke versi terbaru!

Kalau masalah terus berlanjut, coba deh kamu cek saat ini kamu berada di Chrome versi berapa? Apakah sudah update ke versi paling baru yakni Chrome 86?

Jika belum, silakan update dulu. Mungkin aja masalah tersebut muncul gara-gara kamu belum meng-update Chrome ke versi terbaru.

Itulah gaes beberapa tips dari WinPoin jika seandainya Chrome gagal memuat kolom komentar di YouTube.

Semoga bermanfaat 😁

  Sport Earphone Terbaik dari Huawei..!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.