Seperti biasa, karena Windows 11 sudah dirilis bahwa file ISO Windows 11 sendiri sudah dapat kamu download dengan sangat mudah langsung dari situs resmi Microsoft.

Baca Juga : Download File ISO Windows 11 Final Disini

Namun, ada satu pertanyaan penting yang selalu ditanyakan para pengguna, haruskan saya upgrade ke Windows 11 sekarang?, oke mari kita bahas mengenai pertanyaan ini.

Sebelum kamu mencoba dan menggunakan Windows 11, ada baiknya kamu sudah mengetahui Hal Apa Saja Yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Install Windows 11, mulai dari cek system requirements dan tentu saja kompatibilitas perangkat kamu dengan Windows 11.

Jika dirasa kamu sudah yakin bahwa perangkat kamu sudah sesuai dengan minimum system requirement Windows 11, dan sudah benar benar kompatibel untuk benar benar menjalankan OS Windows terbaru tersebut, maka kamu bisa mencoba mendownload dan menggunakan Windows 11.

Namun selain itu, ada beberapa hal lain yang perlu dan wajib banget kamu tahu, yaitu Known Issues yang ada di Windows 11, untuk saat ini berdasarkan informasi resmi dari Microsoft, dan juga artikelnya sudah dapat kamu baca pada halaman WinPoin berikut, ada sejumlah known issues yang sudah dicatat saat ini mencakup :

  • Masalah kompatibilitas antara VirtualBox dan Windows 11, dimana kamu mungkin tidak dapat menjalankan Windows 11 di Virtual Machine (VirtualBox).
  • Driver Intel Killer dan Windows 11 mungkin mengalami masalah, dimana kecepatan internet mungkin lebih lambat dari apa yang pengguna harapkan (ini hanya terjadi pada beberapa perangkat yang terpengaruh saja).
  • Saya enggak tahu apa ini, tapi katanya Masalah kompatibilitas telah ditemukan antara browser Cốc Cốc dan Windows 11. Jadi browser Cốc Cốc tidak dapat dibuka di OS baru ini.

Tentu selain itu, masih ada masalah lain yang mungkin belum dicatat dan diketahui, dan jika seandainya kamu merasa masalah tercantum diatas tidak akan menjadi masalah untuk kamu, maka memperbarui system kamu ke Windows 11 harusnya bukan lagi sebuah masalah.

Wajib Backup Data dan System

Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya, ada hal yang paling penting sebelum kamu memperbarui system kamu, yaitu melakukan backup data dan system yang saat ini kamu miliki dan gunakan, mulai dari data yang ada di local disk C (mencakup Document, Downloads, Pictures, Videos dan lainnya), namun yang paling saya rekomendasikan adalah dengan menggunakan langkah seperti yang WinPoin telah jelaskan pada artikel Cara Backup System Windows 10.

Nah jika kamu sudah merasa semua hal diatas sudah sudah memenuhi kebutuhan, misalkan system requirement sudah ok, backup data sudah, kamu selanjutnya bisa langsung saja mendownload dan memperbarui system Windows 10 kamu ke Windows 11. Dan jika seandainya ada masalah yang terjadi, sebelum 14 hari berlalu, kamu bisa melakukan rollback dengan metode Cara Rollback ke Versi Windows 10 Sebelumnya.

Baca Juga : Hal Penting Yang Perlu Kamu Lakukan Setelah Rollback Versi Windows 10!

Tapi nih kawan kawanku, tentu keputusan ada dikamu, meski perangkat kamu sudah mendukung dan siap untuk menjalankan Windows 11, jika kamu merasanya nyaman dengan Windows 10, opsi upgrade hanyalah sebuah hal yang opsional, karena secara keseluruhan, fitur baru yang diberikan Windows 11 saat ini belum sepenuhnya tersedia.

Jadi apakah kamu akan memperbarui system kamu ke Windows 11? komen dibawah guys.

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.