Home News HOT: Project Astoria untuk Menjalankan Android Apps di Windows Phone Dibatalkan? Inilah...

HOT: Project Astoria untuk Menjalankan Android Apps di Windows Phone Dibatalkan? Inilah Penyebabnya!

Seperti Inilah Jika Clash of Clans (CoC) Android Diinstall dan Dijalankan di Windows Phone (Review)

Di build 2015 lalu muncul kabar menggembirakan ketika Microsoft mengumumkan kalo tengah menyiapkan beberapa bridge project untuk memboyong aplikasi Android, iOS, web apps, hingga software win32 klasik ke Windows Store. Tujuannya tentu tak lain untuk mengatasi app gap yang saat ini masih mendera Windows dan Windows Phone Store.

Kala itu bridge untuk memboyong apps ke Windows Store tersebut diberi nama:

  • Project Astoria: untuk porting (dan sebagai emulator) apps Android
  • Project Islandwood: untuk porting apps iOS
  • Project Centennial: untuk porting software Win32 klasik
  • Projet Westminster: untuk porting web apps

Dari berbagai project tersebut tentu Project Astoria yang ditujukan untuk memboyong aplikasi Android agar bisa berjalan di Windows 10 dan Windows 10 Mobile menjadi salah satu primadona.

Namun sangat disayangkan ternyata dari berbagai project tersebut, Project Astoria kini harus dipending dulu hingga waktu yang tidak ditentukan. Artinya untuk saat ini pengembangan Project Astoria bisa dibilang macet dan berhenti tanpa pemberitahuan kapan bakal dimulai lagi.

Hal ini sebenarnya sudah mulai terasa di build Windows 10 Mobile Preview terbaru yang tidak lagi dilengkapi dengan Project Astoria. Padahal sebelumnya Project Astoria sudah sempat ditanamkan di Windows 10 Mobile dan kita sudah berhasil menjalankan file APK dari Android Apps di Windows Phone. (Baca juga: Seperti Inilah Jika CLash of Clans (CoC) Android Diinstall dan DIjalankan di Windows Phone)

 

Project Astoria Dibatalkan?

Dari bisik-bisik orang dalam, Project Astoria dinyatakan dipending hingga waktu yang tidak ditentukan. Bahkan beberapa orang juga menyatakan kalo Project Astoria ini sudah dibatalkan oleh Microsoft.

Hal itulah yang membuat sub-system Android di Windows 10 Mobile build 10586 (kandidat Windows 10 Mobile Final) sudah dihapus dan dibersihkan semuanya.

 

Kenapa Dibatalkan..??

Ada beberapa hal yang mungkin menjadi alasan kenapa Project Astoria dibatalkan.

Pertama, bisa jadi karena ditanamkannya Project Astoria di Windows 10 Mobile membuat performa OS tersebut menjadi lambat. Kedua, mungkin saja Microsoft tidak ingin mengambil resiko dengan masalah security yang timbul. Ketiga, kemungkinan Microsoft berhadapan masalah hukum & legalitas dengan Google.

Seperti kasus sebelumnya dimana ketika Microsoft membuat aplikasi YouTube untuk Windows Phone saja Google sudah marah dan menuntut untuk dihapus, apalagi dengan kemunculan Project Astoria seperti ini.

 

Lalu Bagaimana dengan App Gap di Windows Phone?

Microsoft menyatakan bahwa untuk mengatasi app gap ini, developer bisa membawa web apps dan iOS apps ke Windows Store melalui Project Islandwood dan Westminster. Lalu tidak lama lagi mereka juga akan merilis Project Centennial untuk porting software win32 klasik ke Windows Store.

 

Good Bye Project Astoria?

Untuk saat ini Microsoft menyatakan belum siap dengan Project Astoria, dan orang dalam menyatakan kalo Project ini dipending hingga waktu yang belum ditentukan — bahkan cenderung dibatalkan.

Jadi setidaknya untuk saat ini kamu bisa berpamitan dan mengatakan good bye kepada Project Astoria.

via windowscentral

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Astoria dibatalkan, Forum XDA berjalan..

  • user.unkwon

    Ga msalah, yg pting project islandwood jgan batal/gagal

    • islandwood tetep berjalan. Facebook betanya aja pake basis ios. Ketahuan dari sistem nortif nya

      • Rabbil AR

        oh iya ini kta nya lagi bermasalah ya app nya karena ga bsa log in?

  • Rizal Faisal Akbar

    islandwood jangan batal deh :3

  • ARIEF

    mau tanya ini, kalau saya punya L520, win 10 build 10536 semisal diupgrade akan ke build yang keberapa ya?

  • andri ahmadi

    sakarepmu lah, penting nunggu win 10 mobile rilis dulu wae, baru mikir astoria, kalau masih tetep tidak ada perkembangan aplikasi yang banyak setelah win 10 mobile rilis, pindah OS aja … :-) sedih kalah ma tetangga….

    • riyusaiba

      Setuju

    • Agung Dedy

      sudah pindah sementara lumia di gadaikan dulu, kurang serius MS garap mobile pahal OSnya bagus simple app aja yang gak berkembang

      • andri ahmadi

        harapan terakhir ya win 10 m, kita liat masih sanggup bertahan g hahahaha

  • Mochammad Reza

    Aplikasi android banyak yg gak aman mungkin,jadinya MS takut Windows 10 mobile kena virus malware yg ada di android

  • Whyu Wa

    yg penting konsisten OSnya berjalan dgn baik, bener kata @pottonpunya:disqus MS kurang serius menggarap WM10

    bisa jadi masalah hukum & legalitas dengan google.. klo bisa kerjasama mungkin projek astoria akan berlanjut

    • Rabbil AR

      Google itu kta ny pnya org rusia ya?
      klo iya ya wajar sih Google Microsoft ga pernah akur

  • Kalo alasannya krn performa dan security, ane dukung. Tp kalo yg ketiga mah gak bgt, mslh antar perusahaan jd merugikan konsumen.
    Tp ane sih fine2 aja mau ada atau ngga tuh astoria selama apps yg ada msh bisa handle kebutuhan ane.

    • Kurotsuki Kaitou

      Masalah hukum ya masalah hukum. Bukan lagi masalah antar perusahaan. Konsumen ga ada urusannya kalau sudah menyentuh hukum. Jangan menyepelekan hukum, lah. :3

    • Randhika

      Ntar di pemuja Google dimari si Reza Fahlevy bisa menggonggong kalau project astoria dilanjutin sama microsoft

  • Hady Wirawan Universe-pan

    What The….. ????!

  • yocktan

    Dari awal aku agak bingung, Project Astoria seharusnya jadi alat buat porting, bukan buat menjalankan program.
    Bukannya sombong nih, tapi kalo Project Astoria malah ngajarin kita jadi maling ya mending dibatalkan.
    Developer aplikasi pasti memusuhi Microsoft karena orang bisa seenak udelnya install apk android.

    • Asep Mulyana

      Kasus BB10 gmn? Bkn’y BB10 juga bisa langsung instal apk tanpa porting?

      Kasus W10M sm BB10 saya rasa sama aja. Ngapain Google & Dev Android marah? Kalo mereka marah, seharusnya marah juga sama BB10, Sailfish & Tizen yg sama2 bisa instal apk langsung.

      #menurutsaya

      • Fauzan Azim

        nah itu yg dinamain mling, lngsung bsa nstal apk lngsung dri device nya, apalagi klo udah di instal ps, di bb10 jga toh gk ada ps dan yg support apknya gk sebanding yg ada di ps, dan mereka mmg bekerja sama, blum tentu googlenya saja yg marah,belum lgi devnya yg blum setuju ?

  • Fauzan Azim

    bener astoria itu untuk porting apps, msalkan dri android studio, atau eclipse trus di import ke adk nya windows apps trus lngsung bsa di build, tpi mlah bsa mnjalankan apk nya lngsung, ya wajarlah klo seandainya google marah, sry klo gk sependapat, tpi ini kenayataan….

    • yocktan

      Menurutku sih, kalo Apple & Google marah ga masalah. Tapi kalo yg marah itu developer-developer program/game/aplikasi, itu bakal jd masalah besar…
      Jadi inget video Steve Ballmer, “Developer developer developer developer developer developer…”

      • Fauzan Azim

        karna mmg beritanya kan untuk memindahkan semua data ke adk trus bsa di build tnpa merubah code basic nya, toh klo msalah keamanan, yg bertindak developer, semua apps jga mau di windows phone ios atau android klo dri dev nya sendiri nakal ya ttep aja kna virus, mmg sempet bngung project astoria mau dibawa kemana, mau dijadiin emulator apps atau transfer data ke adk tanapa merubah code ??

  • Rabbil AR

    kyak ny klo islandwood ga msalah deh
    krna klo dgn apple kan sma, sesama os closed source :D

  • </3

  • Randhika

    Dulu gue ingat betul ada Fanboy Android bilang katanya UI WP itu kaya “Ubin WC”. Hhmm…kalau gitu kalau WP itu “Ubin WC”, berarti Android itu “WC Jongkok”-nya. Coba lihat dan bandingkan antara bentuk logo robot Android sama bentuk WC Jongkok, bentuknya sama kan…?! :D

    • Christian Tian

      Masih bocah ya? #pengentauajakok

    • Muchamad Rifny Setyawan

      Mau rasis atau hina platform orang jangan disini.

    • Euis Keantosan Heula

      saya sering ganti2 hp dgn os yg berbeda, apapun os-nya saya enjoy aja pakainya menikmati segala keunggulannya tanpa ngorek2 kekurangan os lain, ngapain saling menghina os , bikin os kagak bisa, dibayar jg kagak.

    • Fakhrul

      adik tidak pernah diajar sopan santun oleh orang tua adik?

  • BUDI

    Kalo dibatalin semoga aja banyak developer baru yang build aplikasinya dari VB2015 yang katanya bisa untuk build untuk 3 platform itu.

  • Asep Mulyana

    Seharusnya Microsoft gak usah bikin program porting kayak begini. Mending di W10M ditambahin aja fitur instal apk tanpa porting (SDK atau Emulator atau apalah). Kayak BB10, tinggal langsung pake. Jadi user pun bisa download apk Official dari Play Store & di instal di W10M. User pun gak perlu khawatir masalah apk yg di instalnya sudah dimodif atau gak, toh Official.

    • RiDho Ahmad

      ‘membunuh ekosistem sendiri’
      ga tau ya BB10 jadi terpuruk?

    • Nurcahya

      lah ini Astoria yang dibatalin kan bukan porting, tapi emulator. hasilnya apa? dibatalin kan? kalo pake emulator mah bukan makin bagus malah makin ancur, karena membunuh ekosistem windows itu sendiri, bukan menghidupkan ekosistemnya. kayak BB OS apakah berhasil? selain itu kalo emulasi yang ada orang mikir “Ngapain beli yang palsu mending yang asli sekalian” dan developer juga mikir “ngapain bikin aplikasi Windows, toh dia bisa ngemulasiin aplikasi Android”. Developer setia Windows juga bakal marah, kayak Rudy Hyun, yang ada orang seperti dia pasti mikir “gw capek capek bikin aplikasi Windows eh Windows bisa ngemulasiin aplikasi Android, mending gw gk usah nge support Windows lagi”

  • Zulmi Kurniawan

    Apa mungkin yaa gara2 google n microsoft sedang bermusuhan jadi kayak gini projek astorianya?
    Liat2 berita winpoin sebelum n sesudah ini apple dan microsoft sekarang malah makin mesra aja hubungannya. Office di ipad pro, hyperlapse, outlook dll. Semoga mesranya hubungan apple sama microsoft ini melancarkan projek islandwoodnya. Bisa naik kelas juga nih lumia kalo aplikasinya setara dgn versi ios.

    Bahas projek centennial juga dong min. Penasaran aplikasi desktop ada di winphone. Sama projek Westminster jg. Berharap ada aplikasi adblock kayal gini tuk wp. Haha

  • Astoria dibatalkan..? Klo kata ane kmungkinan lagi dipelajari lg supaya sesuai dg tjuan awal, yaitu porting app greenbot, bkn mnjalankan app dr apk’a. Ya ente psti taulah apa itu IN-APP PURCHASE, bwt ap MS bkin Astoria klo in-app purchase’a msh trhubung k account google…? Yg bkin sypa, yg untung sypa..? Saat ini emg Astoria blm bs msuk k akun google (kcuali dioprek), dn tjuan lain porting ya itu, agr in-app purchase’a bs pke akun MS. Dan mukn respon developer blm greget bwt porting app mreka k wm 10, mka’a Astoria dipending dlu.. Itu pndapat ane klo dilihat dr segi bisnis untung-ruginya..

    Klo ane bisnis yg sllu mkirin untung tp agak males bkin ulang app yg udh ada, jelas ane akn brenang ke yg bnyk pemakai’a.. Nmun disaat WP udh mlai ada titik untung, tntu sbg developer/publisher ane jg hrs brsiap utk membuat app, ya istilah’a Andro, Ios, Wp adl CABANG bwt dagang…

  • kemungkinan besar “ada yang marah” :D

  • ed

    Kalo apps di windows 10 mobile yg sy butuhkan gak kunjung nongol ato apps pengganti ga ada, bisa hilang minat adaptasi ke win 10 mobile, mmg secara core OS windows 10 mobile dan desktop itu powerfull. tapi apa daya kalo appnya ga ada.

  • Selamat tinggal Windows phone

  • apapun keputusan microsoft, kita harus menerima. Karena microsoft tau apa apa yang dibutuhkan konsumen hahaha… Masalah app gap kalo perilisan win10mob sudah final dan peminat pasaran banyak pasti lah lama kelamaan gak appgap lagy gan… Jd selalu kirim feedback positif dan sara kpd microsoft..

  • Samuel Manjo

    sepertinya memang ga sesuai rencana.. entah itu karna memakan apk Android memakan RAM yang banyak atau karna Googlenya yang marah yang jelas masih ada Project yang lain… Saya lebih milih yang Islandwood ketimbang Astoria :D