Seperti Inilah Jika Clash of Clans (CoC) Android Diinstall dan Dijalankan di Windows Phone (Review)

Di build 2015 lalu muncul kabar menggembirakan ketika Microsoft mengumumkan kalo tengah menyiapkan beberapa bridge project untuk memboyong aplikasi Android, iOS, web apps, hingga software win32 klasik ke Windows Store. Tujuannya tentu tak lain untuk mengatasi app gap yang saat ini masih mendera Windows dan Windows Phone Store.

Kala itu bridge untuk memboyong apps ke Windows Store tersebut diberi nama:

  • Project Astoria: untuk porting (dan sebagai emulator) apps Android
  • Project Islandwood: untuk porting apps iOS
  • Project Centennial: untuk porting software Win32 klasik
  • Projet Westminster: untuk porting web apps

Dari berbagai project tersebut tentu Project Astoria yang ditujukan untuk memboyong aplikasi Android agar bisa berjalan di Windows 10 dan Windows 10 Mobile menjadi salah satu primadona.

Namun sangat disayangkan ternyata dari berbagai project tersebut, Project Astoria kini harus dipending dulu hingga waktu yang tidak ditentukan. Artinya untuk saat ini pengembangan Project Astoria bisa dibilang macet dan berhenti tanpa pemberitahuan kapan bakal dimulai lagi.

Hal ini sebenarnya sudah mulai terasa di build Windows 10 Mobile Preview terbaru yang tidak lagi dilengkapi dengan Project Astoria. Padahal sebelumnya Project Astoria sudah sempat ditanamkan di Windows 10 Mobile dan kita sudah berhasil menjalankan file APK dari Android Apps di Windows Phone. (Baca juga: Seperti Inilah Jika CLash of Clans (CoC) Android Diinstall dan DIjalankan di Windows Phone)

 

Project Astoria Dibatalkan?

Dari bisik-bisik orang dalam, Project Astoria dinyatakan dipending hingga waktu yang tidak ditentukan. Bahkan beberapa orang juga menyatakan kalo Project Astoria ini sudah dibatalkan oleh Microsoft.

Hal itulah yang membuat sub-system Android di Windows 10 Mobile build 10586 (kandidat Windows 10 Mobile Final) sudah dihapus dan dibersihkan semuanya.

 

Kenapa Dibatalkan..??

Ada beberapa hal yang mungkin menjadi alasan kenapa Project Astoria dibatalkan.

Pertama, bisa jadi karena ditanamkannya Project Astoria di Windows 10 Mobile membuat performa OS tersebut menjadi lambat. Kedua, mungkin saja Microsoft tidak ingin mengambil resiko dengan masalah security yang timbul. Ketiga, kemungkinan Microsoft berhadapan masalah hukum & legalitas dengan Google.

Seperti kasus sebelumnya dimana ketika Microsoft membuat aplikasi YouTube untuk Windows Phone saja Google sudah marah dan menuntut untuk dihapus, apalagi dengan kemunculan Project Astoria seperti ini.

 

Lalu Bagaimana dengan App Gap di Windows Phone?

Microsoft menyatakan bahwa untuk mengatasi app gap ini, developer bisa membawa web apps dan iOS apps ke Windows Store melalui Project Islandwood dan Westminster. Lalu tidak lama lagi mereka juga akan merilis Project Centennial untuk porting software win32 klasik ke Windows Store.

 

Good Bye Project Astoria?

Untuk saat ini Microsoft menyatakan belum siap dengan Project Astoria, dan orang dalam menyatakan kalo Project ini dipending hingga waktu yang belum ditentukan — bahkan cenderung dibatalkan.

Jadi setidaknya untuk saat ini kamu bisa berpamitan dan mengatakan good bye kepada Project Astoria.

via windowscentral

  Review Charger Jaman Now  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.