Home News iFixit: Surface Laptop Sulit Dibongkar

iFixit: Surface Laptop Sulit Dibongkar

via iFixit

‘Si pembongkar’ gadget iFixit kedatangan perangkat baru yang siap untuk dibedah, yakni Surface Laptop. Berapa skor yang diberikan bagi laptop pelengkap lini Surface dari Microsoft ini?

Menurut iFixit yang sudah sering membedah isi dari gadget-gadget, Surface Laptop ini tergolong sulit bahkan hampir mustahil untuk diperbaiki.

Masalah pertama muncul dari footpad dari bahan karet yang ada dibawah Surface Laptop. Jika biasanya diberbagai laptop terdapat baut yang bersembunyi di bawah footpad tersebut, justru beda di Surface Laptop karena iFixit hanya menemukan kaki-kaki dari logam.

Baca Juga:

Untuk melihat isi dalam dari Surface Laptop, mau tak mau harus mengelupas kain Alcantara yang ada di keyboard. (Baca: Keyboard Surface Laptop Harus Dirawat Bak Mobil Mahal) Tentu hal ini akan membuat kain menjadi rusak dan tidak bisa dipasang kembali.

Selain harus merusak sisi estetika dari Surface Laptop, bagian-bagian dari Surface Laptop juga sulit untuk dibongkar karena saling ditutupi dengan bagian lain atau justru tidak bisa dilepas sama sekali.

Misalnya untuk membongkar trackpad di laptop ini, iFixit harus melepas tape isolasi dan juga melepas pelindung dari bahan logam. Selain itu mencapai baterainya juga perlu perjuangan ekstra, karena membutuhkan 10 langkah agar sampai kesana. Itupun hasilnya baterainya tidak bisa dilepas.

Baterai yang dipakai Surface Laptop ini punya daya sebesar 45.2 Watthour, hampir sama dengan Surface Pro yang juga sama-sama 45 Wh. Beda dengan iPad Pro yang hanya 10.5″ (31 wh) dan MacBook Retina terbaru yang hanya 41 Wh.

Selain itu pengguna Surface Laptop juga tidak dapat melepas dan mengganti komponen CPU, RAM, dan juga memori karena sudah disolder ke motherboard.

iFixit memberi skor 0 untuk Surface Laptop karena rumit hingga hampir mustahil untuk mengganti jika ada bagian yang rusak didalamnya. Bahkan iFixit mengatakan kalau Surface Laptop adalah “barang aneh yang dipenuhi lem” saking susahnya untuk dibongkar.

Menurut iFixit, Surface Laptop akan membuat sulit penggunanya karena tidak tahan lama (karena sulit dibongkar), meng-upgrade-nya, bahkan termasuk memperbaiki jika ada yang rusak. Membongkarnya pun tidak ada jalan lain selain merusaknya.

Komentar kamu gimana guys?

via iFixit, Softpedia

  Video: Review Smartband Zeblaze Zeband Plus  

Televisi dan Teknologi? Why not both Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter atau LINE @indrakrisnadi