Seperti yang sudah kita semua tahu, Microsoft secara resmi sudah memperkenalkan Windows 11 ke publik, dimana saat ini sudah dapat pengguna Insider coba dan gunakan. Mengenai Windows 11 ini tentunya dalam beberapa hari terakhir masih sangat hype dikalangan para pengguna OS Windows, banyak dari mereka berbondong bondong untuk mencoba OS ini di perangkat utama mereka, menggantikan Windows 10 dan beralih menjadi Insider, baik via Windows Insider Program atau file ISO Windows 11 Insider Preview Build 22000.51 yang memang tersebar luas.

Namun tahukah kamu, ada beberapa hal yang wajib kamu tahu sebelum menginstall Windows 11 Preview di perangkat utama kamu, apa sajakah itu? berikut adalah diantaranya.

Masih Preview

Saking hypenya, banyak para pengguna yang lupa bahwa OS baru ini masihlah dalam pengembangan dan masih berupa build preview, bahkan untuk Insider sendiri, Build 22000.51 adalah Build Windows 11 pertama yang Microsoft luncurkan secara resmi.

Baca Juga : Bukan Lagi Rumor, Minimal Processor Untuk Windows 11 Adalah Intel Gen 8 Atau Ryzen…

Tentunya karena masih Preview, masih ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan, misalkan adanya bug, masalah, inkonsistensi, dan mungkin perangkat dapat menjadi kurang stabil jika menggunakan OS Windows 11 Preview ini.

Masih Banyak Bug

Berdasarkan artikel WinPoin sebelumnya, banyak yang memberikan ulasan bug apa saja yang ada diperangkat para pembaca, mulai dari masalah teks yang kurang rapi, interface yang kurang sempurna, beberapa fitur yang masih kacau, dan banyak hal lainnya.

Jika kamu masih berniat untuk menggunakan Windows 11 Insider Preview di perangkat utama kamu, perhatikanlah hal tersebut, karena bug bisa saja menggangu pekerjaan dan usability perangkat yang kamu gunakan.

Tidak Mendukung Semua Perangkat

Hiraukan dua poin diatas sebelumnya, sebelum kamu mencoba Windows 11, pastikan dulu bahwa perangkat kamu mendukung Windows 11, misalkan perangkat kamu sudah menggunakan UEFI, Secure Boot sudah aktif, dan versi TPM harus sudah 2.0.

Selain itu kabarnya Windows 11 juga hanya mendukung Intel Gen 8 atau AMD Ryzen Desktop 2000 / yang lebih baru saja. Dan meskipun seandainya perangkat kamu mendukung atau kamu menggunakan trik khusus untuk Install Windows 11 diperangkat kamu, dua poin diatas tentunya masih sangat berlaku.

Baca Juga : Cara Bypass Pemeriksaan TPM 2.0 saat Install Windows 11

Kesimpulan

Nah jika memang kamu berniat mengganti Windows 10 Stable yang kamu gunakan sehari hari diperangkat kamu, tentunya tiga hal diatas wajib kamu tahu, masalah kompatibilitas hardware, dan bug karena OS ini masih Preview haruslah menjadi pertimbangan besar mengenai niat upgrade tersebut.

#tapi saya pengen coba Windows 11?

Tidak masalah, jika memang tiga poin diatas bukanlah menjadi hal yang bermasalah untuk kamu, namun untuk beberapa orang yang memang membutuhkan OS yang stabil untuk pekerjaan mereka, menggunakan Windows 11 bukanlah sebuah hal yang bijak, karena bisa saja bug dan masalah yang kamu temukan di Windows 11 Preview menjadi penghambat kamu dalam bekerja.

Baca Juga : Suka Duka Menggunakan Windows 10 Enterprise LTSC

#kapan versi stabil Windows 11 akan dirilis?

Berdasaran bocoran terbaru, Windows 11 akan dirilis secara resmi akhir tahun ini pada tanggal 20 Oktober 2021, namun jangan terlalu berharap karena bagaimanapun belum ada kabar resmi mengenai hal ini dari Microsoft.

#apa saya install Windows 11 di perangkat utama saya?

Untuk saat ini tidak, dan di laptop yang sehari hari saya gunakan untuk bekerja masih menggunakan Windows 10 Enterprise LTSC 2019, dan tidak akan saya ganti meskipun nanti Windows 11 Stable sudah dirilis, namun di PC saya, Windows 11 sudah saya coba dan ternyata cukup berjalan mulus meski memang ada bug yang saya rasakan, namun karena bukan perangkat utama, maka hal tersebut bukanlah sebuah masalah.

Nah apakah kamu sudah mencoba Windows 11 diperangkat utama kamu?, atau kamu masih bertahan di Windows 10 karena memang kamu membutuhkan OS yang stabil? komen dibawah guys.

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.