Dengan dirilisnya Emulator Windows 10X, pengguna bisa merasakan bagaimana pengalaman menggunakan System Operasi baru Microsoft tersebut, salah satu yang paling keren menurut saya adalah Start Menunya, dimana berkali kali sudah saya sebutkan bahwa Start Menu Windows 10X terkesan lebih simpel dan minimalis. Bahkan fitur Live Tilesnya sudah dihilangkan.

Masih terkait live tiles, baru baru ini juga dilaporkan bahwa kedepannya Windows 10 bisa saja akan hadir Tanpa Live Tiles!, bahkan rumornya Windows 10 20H2 sudah akan menerapkan perubahan ini. Namun kenapa sih live tiles itu harus dihilangkan dan tidak lagi diperlukan? berikut adalah alasan alasannya.

Hanya Mendukung Aplikasi UWP

Seperti yang kita ketahui, Live Tiles itu hanya mendukung aplikasi UWP yang didownload melalui Microsoft Store saja, Microsoft memang sudah habis habisan mengembangkan Windows Store yang kini telah berubah menjadi Microsoft Store, namun sayangnya meskipun begitu masih banyak aplikasi UWP tidak bisa menggantikan penggunaan Aplikasi Win32, dan Aplikasi Win32 sampai saat ini tidak mendukung Fitur Live Tiles.

Tidak Semua Aplikasi UWP Mendukung Live Tiles

Kita sebut saja Crystal Disk Mark yang bisa kamu download melalui Microsoft Store, lalu ada Slack, Telegram, dan Trello, aplikasi – aplikasi ini sudah lama hadir di Microsoft Store, namun sampai sekarang tidak mendapatkan dukungan Live Tiles.

Gambar : Dodi Purnomo Via Disqus

Jadi meskipun itu adalah aplikasi UWP, hal tersebut tidak menjadikan jaminan bahwa aplikasi tersebut akan memiliki fitur Live Tiles.

Live Tiles Lebih Cocok Untuk Ponsel Dan Perangkat Touchscreen

Jika kamu dulu adalah pengguna Windows Phone 8.1 atau Windows 10 Mobile, kamu ngerasa enggak? kalo Live Tiles dan tampilan App Menu itu keren parah, unik dan anti mainstreams.

Pas animasi notifikasi yang selalu ganti ganti itu yang bikin orang non pengguna Windows Phone menjadi sedikit penasaran, “kok bisa gitu”.

Sedangkan Live Tiles di Windows 10, selain dua poin diatas yang sudah saya sebutkan, menurut saya pribadi sendiri sih, agak kurang cocok aja gitu jika Live Tiles dipadukan dengan Desktop Mode, namun sebaliknya jika Windows 10 kita menggunakan Tablet Mode, akan terlihat sangat cocok seolah dioptimasi untuk perangkat touchscreen.

Cuma kembali lagi, tidak semua aplikasi UWP yang di Pin ke Start menjamin akan menampilkan Live Tiles, sehingga dengan alasan seperti itulah Microsoft mungkin memutuskan untuk menghilangkan fitur ini demi menambah konsistensi user interface Start Menu.

Komentar Pembaca Mengenai Live Tiles

Berikut adalah beberapa komentar pembaca mengenai Live Tiles yang saya rangkum berdasarkan artikel terkait Live Tiles.

“imo, Live tiles sendiri kdg agak kurang berguna selain di apl windows jadinya ya kurang srek aja. lebih suka start menu yg Lebih simple”, Firman Yanuar

“Kadang seneng aja gitu liatnya. Ada live tile. Cuma bagusnya kalo ga di laptop yang bisa flip atau tablet lebih cakep.”, Andika Budhi Wisdiantoro

“Live tile hanya cocok di perangkat mobile sih… Kalau perangkat pc dkk hmm kayanya gak begitu di perlukan lgn orangĀ² ke menu start hanya untuk ke menu setting, pilih aplikasi, atau mematikan pc saja …”, Sabaku D’Huda

“Ga masalah. Start menu saya isinya shortcut semua. Ga ada live tiles yg dipasang… 🤣🤣”, Kurotsuki Kaitou

“Mending start menu bergaya klasik tanpa live tiles, tapi sesuai dengan elemen windows 10X”, Not An Anonymous

“Prediksi ane sih bakalan “the end live tiles”, lagian dengan memakai static ikon + desain start menu menyesuaikan dengan fluent design nya bakalan memberikan power lebih (lebih ringan + mengurangi kerja hardware itu sendiri.. tapi ini masih sebatas opini ya). Disisi lain ini bakalan jadi salah satu senjata ampuh buat microsoft mengajak user yg masih setia dengan win 7 atau mantan user windows buat mencoba experience win 10 terbaru… Apalagi kalau soal telementary nya diganti ke model lama + update nya diganti kayak windows yg lama, dih bakalan jadi senjata ampuh dah buat nutup mulut user windows lama 😂”, Teddy Rinaldi Simanjuntak

“duhh. padahal live tiles lumayan kepake sih”, Michael

Dan masih banyak lagi., sebagian ada yang suka dengan Live Tiles, ada yang netral ada juga yang bahkan tidak menggunakannya, namun memang jika saya rangkum, kebanyakan pengguna tidak terlalu suka dengan Live Tiles untuk perangkat Desktop, sama seperti yang saja jelaskan pada poin tiga diatas bahwa Live Tiles Lebih Cocok Untuk Ponsel Dan Perangkat Touchscreen.

Nah bagaimana menurutmu? ada tambahan? silahkan berikan pendapat, opini, dan komentarmu dibawah kawan kawanku. 😁😁😁

  Redmi 9A Indonesia: Kenapa Bisa Murah..??  

BELI GADGET MURAH DISINI AJA

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.