Presentasi Lumia 950

Acara Microsoft yang berlangsung pada tanggal 6 Oktober 2015 di New York kemarin banyak disebut-sebut sebagai salah satu presentasi terbaik Microsoft. Dibandingkan dengan beberapa tahun belakangan ini, akhirnya dunia memandang kembali Microsoft sebagai sebuah perusahaan teknologi yang keren! Kalau kamu mengikuti acaranya secara streaming (atau mungkin kamu beruntung sedang berada di New York dan mendapatkan undangan langsung dari Microsoft), maka kamu dapat merasakan antusiasme dan energi yang pada akhirnya melingkupi presentasi produk-produk Microsoft. Lini produk tahun ini sangat menakjubkan! Kamu bisa menembak monster dari dinding dengan Hololens! Surface Pro 4 dan Surface Book terkesan mewah dan produktif! Microsoft Band trendy dan bakal cocok melingkari pergelangan tangan kamu! Lumia 950 dan Lumia 950XL…………

Presentasi Lumia 950

Oke, perlu diakui tidak semua berjalan dengan sempurna. Presentasi divisi ponsel Microsoft terasa nanggung. Ditutupi seperti apa pun, ketidaksempurnaan itu jelas terlihat. Panos Panay yang mendemonstrasikan Lumia 950 dan Lumia 950XL memang terlihat antusias, namun pengungkapannya tidak sedetail dan sedahsyat lini Surface. Bila ingin mencari penyebabnya, ini mungkin dikarenakan Microsoft ‘sedikit memaksakan’ Windows Mobile 10 yang sebenarnya belum sempurna untuk dihadirkan pada Lumia 950 dan 950XL. Kita tahu bahwa OS terbaru Microsoft ini baru akan dihadirkan secara luas di seluruh dunia bulan Desember mendatang. Ini berpengaruh besar pada fitur yang ingin ditampilkan memanfaatkan Lumia 950 dan Lumia 950XL!

Berikut ini Winpoin merangkum beberapa keistimewaan Lumia 950 dan Lumia 950XL yang seharusnya dipresentasikan untuk menjadikan kita makin antusias!

 

Dual Antenna

Presentasi Lumia 950

Panos Panay sempat menyinggung bahwa Lumia 950 dan Lumia 950XL akan memanfaatkan dual antenna – dan dengan berat hati, hanya menyinggung saja. Padahal ini merupakan fitur yang menarik untuk dicermati dan diunggulkan!

Sebenarnya bocoran ini telah lama beredar sebelumnya. Para ahli teknologi membahas bahwa sistemnya kurang lebih mirip dengan pemakaian dual antenna pada perangkat BlackBerry generasi terbaru (inilah mengapa di dunia ponsel terkenal bahwa perangkat BB memiliki penerimaan yang terbaik, bersaing ketat dengan Motorola dan Nokia). Di perangkat keluarga 950, antena ini berfungsi untuk saling membantu menangkap sinyal terbaik dari pemancar terdekat tanpa jeda, sehingga memperkecil peluang naik turunnya sinyal. Kita tahu bahwa Nokia merupakan salah satu perusahaan yang pertama kali melakukan revolusi sistem antena ponsel. Lumia 925 juga sempat disebut sebagai ponsel dengan penerimaan sinyal terbaik dengan memanfaatkan bahan aluminium yang membungkusnya. Apa jadinya kalau ini digabungkan?

Sayangnya Panos Panay tidak menyinggung hal ini secara detail di presentasinya. Padahal ini berpotensi menarik perhatian kalangan “pejuang jalanan”, yaitu pengguna ponsel yang harus terus berpindah lokasi. Kekuatan sinyal bisa jadi pertimbangan utama mereka!

 

Keistimewaan Kamera

Presentasi Lumia 950

Ketika presentasi sampai pada bagian keistimewaan kamera yang disebutkan memiliki triple LED Xenon Flash, 20MP resolusi dengan teknologi PureView ditambah OIS – menjamin hasil gambar yang bagus, saya merasa bahwa beliau mirip dengan mbak-mbak penjaga konter HP yang sedang memamerkan Nokia 220 dan bersikeras bahwa ponsel itu bisa “mengambil gambar dengan jernih”.

Sama sekali tidak ada rincian bagaimana gambar bagus itu dihasilkan (Oh ya… Bahkan tidak ada contoh gambarnya juga). Sempat disinggung juga fitur “Fast Focus” yang sayangnya lagi, tidak dijelaskan lebih lanjut dalam presentasi. Bagaimana para penggemar Windows Phone akan percaya bahwa perangkat ini mampu menggantikan Lumia 930 yang saat ini mereka miliki, atau bahkan Lumia 1020? Microsoft seharusnya memamerkan keunggulan kamera tersebut dengan menceritakan prosedur pengambilan gambar, kemudian menunjukkan deretan gambar jernih cemerlang menakjubkan sebagai contohnya!

 

Kemampuan Audio dan Layanan Musik

Presentasi Lumia 950

Microsoft mengumumkan Groove sebagai pengganti Xbox Music, namun tidak ada sama sekali disinggung bagaimana layanan musik ini akan memanjakan kita, terutama menggunakan Lumia 950 dan Lumia 950XL.

Belum lagi penjelasan tentang penempatan monospeaker yang terlihat jadul di dekat kamera. Microsoft perlu menjabarkan wawasannya, mengapa mereka memilih tempat yang kurang lazim itu untuk menempatkan speaker, sementara di luar sana ponsel seperti keluarga HTC One dan Marshall London ‘memberikan contoh yang baik dan benar’ bagaimana musik semestinya diputar pada sebuah ponsel!

 

Stylusnya Mana?

Presentasi Lumia 950

Joe Belfiore pernah menyinggung bahwa Lumia 950XL akan dihadirkan bersama sebuah stylus (atau pen – karena pencil pasti sudah dipatenkan oleh perusahaan tetangga). Namun pada presentasi kemarin semua nampaknya amnesia terhadap klaim tersebut. Jika memang rencana tersebut dibatalkan, semestinya Panos Panay mewakili Microsoft menjabarkan alasannya.

Keberadaan stylus pada ponsel berukuran jumbo ini sangat menarik dan membantu. Lini Galaxy Note telah menunjukkan bagaimana semestinya stylus digunakan ‘secara baik dan benar’ pada sebuah ponsel. Microsoft sendiri berpengalaman dalam hal ini karena mereka memiliki lini produk Surface yang memiliki stylus pen. Namun mengapa kebijakan penggunaan stylus ini dibatalkan di Lumia 950?

 

Keistimewaan Windows Mobile 10 di Lumia 950 dan 950XL

Presentasi Lumia 950

Ini berkaitan erat dengan belum sempurnanya Windows Mobile 10. Microsoft tidak dapat mempresentasikan keistimewaan Windows Mobile 10 secara optimal pada perangkat keluarga 950 ini. Padahal banyak di antara para penonton yang penasaran tentang kemungkinan ‘penggunaan optimal’ Windows Mobile 10 di perangkat mereka. Ini tentu akan meningkatkan adrenalin para penggemar, sehingga mereka makin percaya bahwa langkah Microsoft dengan Windows Mobile 10 ini merupakan pilihan jenius tiada tara. Ketiadaan presentasi keistimewaan Windows Mobile 10 menjadikan perkenalan kedua perangkat high end ini terasa kurang bumbu!

 

Nah, itulah yang menurut Winpoin semestinya dipresentasikan secara lebih detail untuk menjadikan orang makin antusias dan bersemangat untuk memiliki kedua perangkat flagship Microsoft ini. Kamu punya unek-unek lain terkait gelaran acara #Windows10Device kemarin? Sampaikan pendapat kamu di kolom komentar.

Update: Beberapa teman belum menonton acara ini. Untuk kamu yang ingin menonton versi ringkas, bias menyimak video ini.

Sedangkan jika kamu punya waktu luang yang panjang, kamu bisa menonton keseluruhan acara di tautan ini.

 

 

  Membasmi Edge dan Bing di Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.