Dilansir dari Neowin, pada tahun 2015 beberapa perubahan besar seperti Microsoft, Google, Netflix, Amazon, Intel, Cisco dan Mozilla bergabung untuk membentuk “Alliance for Open Media” atau disingkat dengan (AOM) dalam upaya untuk membuat format dan teknologi media open source.

Baca Juga : Google, Intel, dan Microsoft Membentuk Konsorsium Perlindungan Data. Apa Itu?

Dan terkait dengan hal tersebut, kini Microsoft menyatakan dengan perangkat keras generasi mendatang, mereka akan membawa dukungan AV1 pada Windows 10.

AV1 dikatakan menawarkan kompresi 50% lebih baik daripada H.264 dan 20% lebih baik daripada VP9. Microsoft juga menyatakan bahwa karena AV1 lebih bergantung pada hardware-accelerated daripada bergantung pada perangkat lunak, itu berefek juga mengurangi penggunaan baterai pada mobile devices.

Microsoft dalam hal ini akan meluncurkan dukungan untuk AV1 pada perangkat Windows 10 terbaru dengan GPU terbaru pada musim gugur ini. Persyaratan untuk codec baru ini adalah sebagai berikut:

  • Salah satu dari CPU dan GPU terbaru dibawah.
    • 11th Gen Intel Core processors with Intel Iris Xe Graphics
    • NVIDIA GeForce RTX 30 Series GPUs
    • AMD Radeon™ RX 6000 Series Graphics (coming soon)
  • Windows 10 build 1909 or later
  • The AV1 Video Extension
  • A web browser or other application with hardware acceleration support for AV1, including apps built on top of Media Foundation
  • As is common with new features like this, you may need to update your graphics driver from time to time to get the latest features and improvements.

Terkait hal ini kamu dapat melihatnya pada halaman AOM’s dedicated webpage disini.

Namun sekali lagi, sayangnya nih dukungan ini membutuhkan perangkat keras baik CPU atau GPU terbaru, bahkan dikatakan RTX 20 Series pun tidak akan mendukung AV1 hardware-accelerated terbaru ini.

Nah bagaimana menurutmu mengenai hal ini? silahkan berikan pendapat dan opinimu mengenai hal ini dikolom komentar dibawah.

Via : AOM, Neowin

  Bikin Netizen Heboh, Sehebat Itukah POCO X3 NFC..?? 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.