Microsoft Akan Menjaga Agar Tidak Ada Malware Apps Android Masuk Windows Store

Strategi cerdas dari Microsoft yang mengembangkan Project Astoria membuat developer bisa memboyong aplikasi Android ke Windows Store dengan sangat mudah. Namun beberapa pengguna Windows Phone menjadi khawatir dengan masalah security:

Akankah Windows Store nantinya juga bakal dipenuhi dengan berbagai aplikasi malware yang menjadi salah satu masalah di platform Android?

Ternyata Microsoft sudah mengantisipasi hal itu dengan menyiapkan tim peneliti yang akan terus memonitor aplikasi hasil porting dari Android di Windows Store. Team ini akan bekerja dengan memanfaatkan data dari pengguna Windows serta laporan dari pengguna.

Diharapkan dengan begitu jika ada aplikasi yang mengandung malware maka tidak akan sampai terpublish di Windows Store, ataupun jika ada yang lolos maka apps bisa diremove dengan sangat cepat.

Hal ini dilakukan karena Microsoft sadar dengan permasalahan security di Android, dan mereka tidak mau permasalahan itu dialami juga oleh pengguna Windows 10 ketika aplikasi Android mulai berdatangan di Windows Store.

 

Perlu Lebih Ketat Lagi

Beberapa waktu yang lalu, jauh sebelum kabar seputar Project Astoria ini terdengar, Microsoft juga sempat mengalami kecolongan di sistem verifikasi Windows Store. Hasilnya berbagai aplikasi palsu, kloning, dan aplikasi scam banyak yang lolos dan bermunculan di Windows Store.

Meskipun hampir semua dari aplikasi tersebut sudah dibabat habis, tetapi kecolongan semacam ini bisa menjadi masalah yang gawat jika nanti aplikasi Android mulai berdatangan.

Untuk itu kita harapkan Microsoft dan team peneliti ini lebih ketat lagi dalam menyeleksi aplikasi yang masuk, agar meskipun Android apps masuk ke Windows Store, tetapi pengguna Windows dan Windows Phone tetap merasakan security terbaik seperti saat ini.

via justin angel

  Kesan Pertama Nokia 8  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.