Windows Sandbox adalah sebuah fitur yang pertama kali diperkenalkan pada Windows 10 1903 May 2019 Update, fitur ini semacam Virtual Machine yang juga berbasis Hyper-V, tetapi lebih ringan dibanding VM pada umumnya.

Baca Juga : Microsoft secara Resmi Mengumumkan Fitur Windows Sandbox. Apa Itu?

Jika VM biasanya memerlukan alokasi RAM, CPU, dan storage tersendiri, Windows Sandbox ini menggunakan teknologi Windows Container yang menggunakan resource hardware sangat minimal. Ini karena Windows Sandbox bisa menggunakan shared resource dengan OS host nya, karena baik host ataupun VM sama-sama menggunakan OS yang sama.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Fitur Windows Sandbox di Windows 10

Tentunya bagi beberapa orang, Windows Sandbox ini sangat bermanfaat sekali, terutama bagi mereka yang bekerja untuk melakukan testing aplikasi yang membutuhkan ruang isolasi sendiri untuk menghindari adanya malware yang bisa saja mengancam OS itu sendiri.

Dan terkait fitur keren ini, baru baru ini Microsoft dalam halaman Supportnya mengakui bahwa adanya sebuah masalah yang mengakibatkan pengguna mungkin akan menerima salah satu error berikut saat mereka akan mencoba membuka Windows Sandbox di Windows 10.

  • “ERROR_VSMB_SAVED_STATE_FILE_NOT_FOUND (0xC0370400)”
  • “E_PATHNOTFOUND (0x80070003)”

Untuk mengatasi masalah tersebut, Microsoft menyarankan pengguna untuk melakukan Restart perangkat mereka, lalu membuka Windows Sandbox kembali. Sedangkan untuk perbaikan, Microsoft kini tengah menyelidiki dan akan merilis perbaikan pada update Patch Tuesday bulan depan.

“To mitigate this issue after receiving one of the above error messages, you will need to restart your device,” Kata Microsoft.

Lalu versi OS apa saja yang terkena masalah ini? pada dasarkan hampir semua versi yang mendukung bisa saja mendapatkan masalah diatas dan berikut adalah diantaranya :

  • Windows 10 Pro, version 1903
  • Windows 10 Enterprise, version 1903
  • Windows 10 Pro, version 1909
  • Windows 10 Enterprise, version 1909
  • Windows 10 Pro, version 2004
  • Windows 10 Enterprise, version 2004

Nah apakah kamu mengalami masalah diatas? silahkan komen dibawah guys.

Via : Microsoft, Techdows

  Technow #45: Spotify Dibobol..?? iOS 15, Snapdragon 875 dan 775G! Windows 10X  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.