Kita kembali flashback pada tahun 2014 lalu Microsoft meluncurkan aplikasi Office Lens untuk perangkat Windows Phone, aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk memindai dan mentranskripsikan teks dari objek foto seperti papan tulis, dokumen cetak, kartu nama dan sebagainya, untuk selanjutnya disimpan ke OneNote untuk pengguna akses nantinya.

Lalu mengenai Office Lens, sebenarnya sudah sejak bulan Oktober lalu Microsoft mengabarkan sudah akan mulai menghentikan layanan aplikasi tersebut pada 31 Desember 2020 untuk system operasi Windows, kamu bisa membaca artikelnya dihalaman berikut: Microsoft Hentikan Layanan Aplikasi Office Lens di System Operasi Windows.

Dan tidak terasa, tiga bulan telah berlalu dan diawal tahun 2021 ini, Microsoft selain telah menghentikan layanan dan fitur Office Lens untuk Windows 10, mereka juga akhirnya menghapus aplikasi Office Lens di Microsoft Store, dimana dengan itu pengguna sudah tidak bisa mendownload, dan menggunakan Office Lens untuk menyimpan gambar yang diambil ke layanan seperti OneDrive dan OneNote.

Dalam halaman pengumumannya, bagi mereka para pengguna Office Lens, Microsoft merekomendasikan untuk menggunakan aplikasi Office Lens terbaru pada system operasi Android dan iOS.

Important: Certain cloud-based services in Office Lens for Windows, such as saving your pictures to OneDrive, OneNote, Word, PowerPoint, or PDF, will become unavailable after December 31, 2020. You can continue to use other features of the app as installed on your device. In addition, Office Lens for Windows 10 will no longer be available for download from the Microsoft Store as of January 1, 2021. To continue to enjoy all Office Lens features, we recommend downloading and using the latest version of Office Lens for iOS or Office Lens for Android on your mobile device.” Tulis Microsoft dalam halaman pengumumannya.

Dihapus dan dihentikannya layanan Office Lens, menurut saya cukup disayangkan, karena aplikasi ini mungkin akan tetap bermanfaat bagi mereka pengguna Windows 10 dengan perangkat tablet seperti Surface Pro Lineup, dan tablet 2 in 1 lainnya.

Nah bagaimana menurutmu mengenai hal ini? silahkan berikan pendapat dan opinimu mengenai hal ini dikolom komentar dibawah, kamu suka pake Office Lens di Windows 10? komen juga guys.

Via : Microsoft, Neowin

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.