Home Apps Microsoft Segera Hentikan Dukungan Aplikasi Silverlight — dan WhatsApp Salah Satunya

Microsoft Segera Hentikan Dukungan Aplikasi Silverlight — dan WhatsApp Salah Satunya

WhatsApp adalah salah satu aplikasi "klasik" Silverlight yang mungkin tidak bisa berjalan lagi di Windows 10 Mobile, kecuali jika mereka merilis aplikasi baru berbasis UWP

Sepertinya, Microsoft akan segera menghentikan dukungan untuk semua aplikasi klasik (dari Windows Phone 8.1) dalam update build terbaru Windows 10 Mobile beberapa waktu ke depan!

Hal ini diketahui, setelah salah satu aplikasi dari masa Windows Phone tidak dapat lagi berjalan pada Windows 10 Mobile karena membutuhkan dukungan Silverlight, dimana ketika kamu akan menggunakan aplikasi tersebut akan ada sebuah jendela notifikasi yang isinya menjelaskan bahwa versi Windows yang sedang kamu gunakan sudah tidak mendukung aplikasi silverlight.

Dengan mengakhiri dukungan aplikasi silverlight pada Windows 10 Mobile, ini akan menjadi 2 mata pisau bagi Microsoft. Di satu sisi, ini merupakan langkah yang cukup tepat dari Microsoft, karena seperti yang kamu tahu bahwa sekarang ini Microsoft tengah fokus mengembangkan aplikasi universal (UWP) yang lebih modern dan tersedia untuk semua platform buatan Microsoft seperti Windows 10, Windows 10 Mobile, Xbox, HoloLens dan lain-lain.

Di sisi lainnya, masih banyak aplikasi di Windows 10 Mobile yang menggunakan silverlight, salah satu diantaranya adalah WhatsApp. Tentunya, dengan tidak ada WhatsApp di Windows 10 Mobile, bisa dibilang perangkat kamu bakal terasa useless karena hingga kini WhatsApp merupakan salah satu aplikasi messenger terbaik untuk platform Windows 10 Mobile, kecuali mereka mau meninggalkan Silverlight dan merilis aplikasi baru berbasis.

So, mari kita nantikan saja detailnya pada update build Windows 10 Mobile dimasa yang akan datang. Dan jika ini benar-benar terjadi, semoga WhatsApp dan developer aplikasi penting lain yang masih menggunakan Silverlight mau beralih ke platform UWP yang lebih baru dan modern.

Dihentikannya dukungan terhadap aplikasi Silverlight juga senada dengan rumor yang tengah santer beredar, dimana Microsoft sedang aktif mengembangkan sebuah smartphone baru dengan OS baru yang merupakan reborn dari Windows Mobile. Secara tampilan dan experience, OS ini dikabarkan tidak seperti Windows 10 Mobile yang kita kenal saat ini — dan OS baru ini juga tidak lagi mendukung aplikasi “klasik” Silverlight. (Baca: Pantang Menyerah, Microsoft Segera Rilis Smartphone dengan OS Baru!)

Lalu, bagaimana pendapat kamu jika nantinya Microsoft benar-benar menghentikan dukungan untuk semua aplikasi silverlight di Windows 10 Mobile?

via MSPU | @gus33000

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Talk = Do Something "Talk More Do More" | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Windows 10 Mobile dan juga Xiaomi Mi4? Silakan tanya via LINE ' ad_jossy '