Banyak perubahan sudah dilalui Cortana belakangan ini, Microsoft juga dikabarkan membunuh Cortana untuk perangkat seluler di beberapa negara tertentu di tahun 2019 lalu dan mengintegrasikan Cortana pada Outlook Mobile.

Semua ini merupakan bagian dari rencana Microsoft untuk mendefinisikan kembali fungsi dari cortana, dan beberapa waktu lalu Microsoft secara resmi mengumumkan sebuah pengalaman cortana yang baru di Windows 10, yang memang sudah dirumorkan beberapa bulan kebelakang.

Berdasarkan pengumuman Microsoft, kini mereka mengubah Cortana menjadi personal productivity assistant dan akan diluncurkan dalam update Windows 10 mendatang. “The upcoming update to Windows 10 will include access to a new Cortana experience with an emphasis on productivity, helping you quickly find the information you want across Microsoft 365,” kata Andrew Shuman, Corporate Vice President of Cortana at Microsoft.

Pengalaman baru Cortana ini akan menampilkan Interface percakapan yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan cortana, baik dengan suara atau dengan keyboard, selain itu update baru ini akan mengijinkan cortana melakukan check pada calendar, mengirimkan email, melakukan set pada reminders, mengatur Microsoft To-Do dan tugas lainnya. Namun sayangnya fitur dan pengalaman baru tersebut hanya tersedia untuk region Amerika Serikat saja, diluar dari negara paman sam tersebut, Cortana Experience hanya mengijinkan pengguna mendapatkan jawaban dari mesin pencari Bing saja, dan fitur lain dikabarkan akan menyusul dikemudian hari.

Dengan beralihnya ke fitur yang kini berfokus pada produktivitas, Cortana di Windows 10 tidak akan lagi menawarkan sejumlah fitur seperti integrasi dengan layanan musik pihak ketiga dan Connected Home. Microsoft juga akan menonaktifkan fitur Cortana di Microsoft Launcher di Android pada akhir April 2020 nanti.

Namun seperti biasa, untuk Region Indonesia sendiri Cortana masih belum bisa digunakan dengan maksimal, bahkan sampai saat ini, sehingga saya sendiri kurang suka dengan asisten digital dari Microsoft tersebut.

Baca Juga : Dua Cara Matikan Cortana di Lockscreen Windows 10

Nah bagaimana menurutmu? kamu suka menggunakan Cortana? atau bahkan tidak pernah menggunakannya? Share pengalaman dan Opinimu dibawah guys.

Sumber Referensi : Microsoft

  Cara Dapat Token Listrik Gratis — Resmi dari PLN!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.