Home News Pendapatan Rata-Rata Developer Windows Phone Lebih Besar dari Developer Android dan iOS

Pendapatan Rata-Rata Developer Windows Phone Lebih Besar dari Developer Android dan iOS

HOT: Microsoft Membeli Xamarin untuk Memudahkan Developer Membuat Cross Platform Apps!

Walaupun belakangan ini, kita sering sekali mendengar kalimat “Windows Phone is Dead” dan sejenisnya, namun tampaknya hal itu tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Fakta memang menunjukan bahwa market share Windows Phone sekarang ini sedang dalam tren yang negatif (anjlok dan lesu). Jika dalam permainan sepak bola, posisi Windows Phone bisa diumpamakan tidak dalam kondisi yang sudah aman, dikarenakan sedang berada beberapa strip diatas Zona Degradasi.

Kini permasalahan tersebut bertambah dengan diundurnya perilisan Windows 10 Mobile, yang mana membuat para pengguna Windows Phone lama begitu kecewa. Sehingga kemungkinan besar market share dari Windows Phone dapat semakin berkurang.

Belum lagi masalah dari App Gap yang hingga kini masih menghantui Windows Phone, selain banyak aplikasi baru yang berdatangan, tampaknya banyak juga beberapa aplikasi yang ditarik keluar oleh developer dari Windows Store, diantaranya adalah Path dan Tumblr.

Dari fakta-fakta di atas, terdapat sebuah fakta baru yang cukup menarik, walaupun kini app gap masih menjadi masalah utama bagi Windows Phone, namun ternyata, pendapatan rata-rata developer Windows Phone jauh lebih besar dibandingkan developer Android dan iOS. Sebagaimana yang terlihat di tabel berikut

Pendapatan Rata-Rata Developer Windows Phone Lebih Besar dari Developer Android dan iOS

Hal ini diungkapkan oleh InMobi, InMobi telah menyurvei lebih dari 1000 developer mobile di seluruh dunia, dan hasilnya ternyata cukup mengejutkan. Pendapatan rata-rata Developer Windows Phone sekitar $11.400 per bulan, pendapatan ini 2 kali lebih menguntungkan dari developer Android yang mendapatkan $4.900 per bulan dan juga hampir 40% lebih banyak dari developer iOS yang mendapatkan $8.100 per bulan.

InMobi menjelaskan:

“Sejak Windows Phone hanya memiliki niche audience (sedikit penggguna), dan juga toko aplikasi ini (Windows Store) tidak terfragmentasi sebagai mitra Android (Google Play) dan iOS (App Store). Aplikasi dapat ditemukan dengan lebih mudah dan juga kompetisi di antara aplikasi jauh lebih rendah, sehingga developer pada Windows Store tampaknya menikmati pendapatan bulanan yang tinggi.”

Survei dari InMobi ini masih belum terperinci dengan jelas, sepertinya survei dari InMobi ini hanyalah berupa garis besarnya saja, dikarenakan pendapatan rata-rata tersebut sangat condong ke developer besar (handal). Tetapi tetap saja, 49% atau hampir separuh dari seluruh developer Windows Phone mendapatkan pendapatan sekitar $10.000 per bulan.

Mungkin ini adalah momentum yang tepat bagi Windows Phone untuk menipiskan app gap dengan platform mobile lainnya, belum lagi terdapat berbagai project porting aplikasi dari Microsoft yang telah diperkenalkan pada ajang BUILD 2015 seperti Project Astoria, Islandwood, Centennial, dan Westminster.

Walaupun kini hanya tinggal tersisa 3 project saja, dikarenakan Project untuk porting aplikasi Android yakni Astoria telah resmi dihentikan oleh Microsoft, beberapa hari yang lalu.

Jadi bagaimana menurutmu, akankah dengan semakin gencarnya penerapan Project Islandwood, Centennial, dan Westminster serta keuntungan dari developer Windows Phone yang lebih besar dibandingkan Android dan iOS, akan dapat menarik minat developer dan menipiskan app gap dengan platform mobile lainnya?

Bagikan prediksi dan juga pendapatmu di kolom komentar.

Sumber: InMobi; via: MSPoweruser

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Talk = Do Something "Talk More Do More" | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Windows 10 Mobile dan juga Xiaomi Mi4? Silakan tanya via LINE ' ad_jossy '