Sebelumnya, kita mungkin sudah pernah mendengar namanya aplikasi WhyNotWin11 yang mana aplikasi tersebut akan menganalisa secara singkat perangkat kamu, apakah sudah kompitable dengan Windows 11 ataukah belum.

Sebenarnya Microsoft sendiri memiliki tool mereka, yang bernama Windows PC Health Check, hanya saja meskipun sudah diperbarui dan beberapa bug sudah diperbaiki, beberapa pengguna dilaporkan masih mendapati masalah yang sama, dimana meskipun perangkat mereka harusnya sudah siap dan mendukung Windows 11, aplikasi malah menampakkan error dan menyuruh pengguna untuk mengupdate versi Windows 10 mereka terlebih dahulu.

Nah mengenai aplikasi cek kompatibilitas Windows 11, tahukah kamu selain Windows PC Health Check dan WhyNotWin11 ada aplikasi baru yang bernama ReadySunValley. Aplikasi ini tentu adalah open source dan kamu bisa melihat project dan source codenya pada halaman github berikut.

Ketika artikel ini ditulis, ReadySunValley sudah mencapai versi 0.23.1, dan saya rasa tampilan, fitur dan stabilitas aplikasi cukup baik dan berjalan sempurna di perangkat yang saya gunakan. Oh iya, aplikasi ini juga bersifat portable, jadi kamu tidak harus melakukan instalasi untuk menggunakannya, dan berikut adalah penampakan aplikasi ReadySunValley diperangkat Asus K401UQK yang saya gunakan.

Nah dalam kasus saya, selain processor yang menampilkan tanda seru (karena secara umum processor ini tidak didukung Windows 11 – untuk saat ini), sejumlah kebutuhan lain seperti TPM, Secure Boot, UEFI dan lainnya sudah cukup untuk menginstall Windows 11, aplikasi ini menurut saya memiliki tampilan yang mirip seperti WhyNotWin11, namun dengan gaya yang lebih modern, dengan tampilan yang lebih ok.

Bagaimana tertarik untuk mencoba? kamu bisa mendownload ReadySunValley ini dihalaman GitHub berikut.

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.