Home Review Review: Tampilan dan Fitur Baru di Windows 10 Mobile Creators Update (Part...

Review: Tampilan dan Fitur Baru di Windows 10 Mobile Creators Update (Part 3)

Pada review dan tutorial kali ini, saya akan lebih banyak membahas tentang peningkatan pada Cortana setelah Creators Update. Jika kamu baru menemukan pembahasan ini dan penasaran akan fitur lainnya, kamu bisa membaca part 1 dan part 2 yang membahas tentang tampilan dan fitur baru Creators Update.

Microsoft tampaknya meyakini masa depan Artificial Intelligence sebagai pendukung komputasi. Seperti yang kita ketahui, sejak Cortana diperkenalkan pada acara BUILD Developer tanggal 2 April 2014 di San Francisco, Assistance software yang gaul ini sudah melakukan ekspansi ke Windows 10 desktop, Android, dan iOS, menunjukkan keseriusan Microsoft dalam menggarap personal assistance ini. Meningkatnya profit dan penggunaan Bing pada laporan keuangan terbaru Microsoft, juga tak lepas dari ekspansi masif Cortana.

Cortana dalam Creators Update juga mendapatkan beberapa peningkatan baik dalam kemampuan informasi, kedalaman integrasi, dan sedikit perubahan UX.

Salah satu contoh yang saya temui adalah sedikit perubahan UX pada saat Cortana mengingatkan saya untuk berangkat bekerja di pagi hari (sebelumnya snooze dan dismiss dimasukkan dalam dua kotak berjajar).

Cortana juga mendapatkan tampilan dan animasi baru saat kamu menanyakan tentang cuaca kepadanya. Kamu bisa melihat animasi hujan yang turun saat menanyakan apakah besok kira-kira akan turun hujan. Kamu bisa memanfaatkan fitur Hey Cortana atau dengan menekan tombol Cortana, lalu menanyakan, “Will it rain tomorrow?” pada asisten virtual ini.

Disclaimer: Untuk akurasi, itu lain masalah ya. Meskipun mendung saya dapati tebal pada hari tersebut, namun ternyata hujan tak jadi turun. Hahaha..

Cortana juga mendapatkan integrasi yang lebih mendalam dengan musik, sesuai citranya sebagai Personal Assistant yang gahol. Dalam skenario saat kamu sedang memutar radio online dan tiba-tiba mendengar ada lagu yang terasa asyik di kuping, namun kamu tak tahu itu lagu apa, kamu dapat menanyakan kepada Cortana lagu apa yang sedang diputar di perangkat kamu.

Kamu cukup memanggilnya dengan memanfaatkan fitur Hey Cortana, lalu menanyakan lagu yang diputar dengan kalimat: “What’s playing“, maka Cortana akan langsung menjawabnya.

Bukan itu saja, kamu juga dapat memutar lagu dengan kalimat “Play Music” atau menghentikan lagu yang sedang diputar dengan kalimat “Stop music”.

Untuk mendapatkan integrasi lebih mendalam antara Groove dengan Cortana, kamu dapat menghubungkan Cortana dan Groove dengan mengetuk tombol Connect dari Menu Cortana > Notebook > Music.

Adanya Cortana semakin menjadikan kamu lebih menikmati musik di perangkat Windows Mobile 10 kamu. Apalagi jika kamu adalah penggemar audio dan mengoleksi beberapa perangkat periferal untuk mendengarkan audio di ponsel.

Laman Microsoft juga menyebutkan bahwa Cortana mendapatkan pengembangan dalam UX Reminder. Saya sendiri sering menggunakan fitur ini, namun sayangnya saya tidak mendapati hal yang baru. Jika hal yang minor, mungkin yang dimaksudkan adalah kamu bisa lebih bebas memanajemen waktu reminder (Only once, Every day, Every Sunday, dst) serta juga waktu Snooze. 

Apakah kamu menemukan peningkatan lain dalam penggunaan Cortana di build Creators Update ini? Sumbangkan wawasan kamu di kolom komentar!

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta