Home Review Review: Tampilan dan Fitur Baru di Windows 10 Mobile Creators Update (Part...

Review: Tampilan dan Fitur Baru di Windows 10 Mobile Creators Update (Part 2)

Kalau kamu tiba-tiba menemukan artikel ini dan melewatkan artikel sebelumnya, maka kamu dapat membaca review saya tentang fitur dan tampilan baru di Creators Update bagian pertama. Seperti yang sudah saya ungkapkan sebelumnya, Creators Update menghadirkan banyak tampilan dan fitur baru. Beberapa di antaranya cukup menyegarkan dan bermanfaat, terutama dalam kebutuhan terkait produktivitas.

Beberapa waktu yang lalu, Microsoft menyelenggarakan #MicrosoftEdu guna menunjukkan dukungannya terhadap dunia pendidikan. Microsoft bahkan merilis Windows 10 S serta Surface laptop beserta produk laptop lain dari OEM yang ditujukan bagi pelajar (Oke, Surface laptop jelas kemahalan untuk kelas pelajar. Saya setuju itu!)

Nah, beberapa fitur baru di Windows Mobile 10 Creators Update ini berhubungan erat dengan dunia pendidikan juga.

 

Books di Store

Store kini semakin lengkap dengan menawarkan juga produk buku, tentu saja berbentuk ebook dengan format mobi dan epub. Kita sekarang bisa dengan mudah membeli buku untuk bahan bacaan dari Microsoft Store.

Namun terus terang dari penelusuran saya, buku yang disediakan oleh Microsoft Store belum selengkap Amazon atau Google Books. Mungkin perlu waktu agar Microsoft dapat mengoptimalkan layanan ini.

 

Edge bisa digunakan untuk membaca Ebook (khususnya Epub)

Salah satu fitur keren lain dari Creators Update adalah: Edge dapat digunakan untuk membaca Ebook, khususnya format Epub.

Saat membuka ebook berformat epub, maka kamu akan mendapatkan aneka tool yang terintegrasi dengan Edge. Kamu bisa berpindah halaman, menyesuaikan font agar nyaman dibaca, magnify jika ada bagian yang terlihat kurang jelas, serta memberi penanda atau bookmark di mana saja saat kamu ingin melanjutkan membaca.

 

Edge bisa membacakan Konten Ebook untuk kamu

Bukan itu saja, Edge juga dapat membacakan konten Ebook tersebut untuk kamu. Ini sangat bermanfaat jika kamu sedang tidak memungkinkan membaca, akan tetapi ingin tahu konten buku yang sedang kamu baca.

Trik menarik ini tentu saja sangat membantu untuk aktivitas pendidikan kamu, terutama jika kamu memiliki hobi membaca!

 

Edge bisa digunakan untuk memproses pembayaran

Jujur fitur ini belum saya coba karena menggunakan sistem kartu kredit atau PayPal yang tidak saya miliki. Tapi untuk kamu yang memilikinya, maka kamu dapat memproses langsung pembayaran yang dilakukan secara online melalui browser Edge.

Ini dapat dilakukan karena Microsoft menanamkan API W3C Payment Request yang memungkinkan proses pembayaran lebih sederhana baik di PC maupun smartphone yang menggunakan sistem operasi Windows 10. API atau Application Program Interface ini terhubung dengan akun Microsoft yang memungkinkan untuk mengakses informasi pembayaran dengan mudah, melalui sistem digital wallet, sehingga kamu bisa melakukan pembayaran langsung melalui Edge.

 

Nah, itulah beberapa fitur baru dari Windows Mobile 10 Creators Update, terutama yang berkaitan dengan Edge. Ada fitur yang kamu sukai? Apakah ada fitur Edge baru lainnya yang terlewat oleh saya? Informasikan di bagian komentar!

 

 

 

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta