Samsung Akan Menantang Windows 10 Mobile dengan Merilis Flagship Berbasis Tizen

Rupanya posisi OS ketiga terpopuler di dunia bakal menjadi panas dan diperebutkan. Setelah sebelumnya CEO Cyanogen sesumbar bakal menempatinya, kini Samsung mulai berancang-ancang untuk menyematkan Tizen di posisi tersebut. (Baca juga: Kata Cyanogen: Aku Memiliki Lebih Banyak User Daripada Windows Phone dan BlackBerry)

OS yang dimotori oleh Samsung dan Linux Foundation ini sebenarnya sudah banyak ditemui di smart TV, smart camera, printer, kulkas, bahkan AC dan mesin cuci buatan Samsung. Bahkan ada juga beberapa smartphone low-end Samsung yang ber-OS Tizen.

Melihat peluang untuk masuk ke posisi OS populer ketiga di dunia semakin lebar, Samsung berencana untuk merilis smartphone high end berbasis Tizen tahun 2016 nanti.

Hal ini sepertinya dilakukan Samsung untuk menunjukkan seperti apa kemampuan Tizen yang sebenarnya, sekaligus membuktikan eksistensi sistem operasi ini di dunia mobile.

Saat ini Tizen mulai dilirik developer karena Samsung memberikan 100% pendapatan apps bagi developernya sediri hingga akhir tahun depan.

Aplikasi populer seperti Facebook, Facebook Messenger, Instagram, Whatsapp, Opera Mini, bahkan VLC Player juga sudah ada disana. Namun tentu jika dibandingkan dengan jumlah & fitur aplikasi di Android atau iOS, Tizen apps ini masih belum ada apa-apanya.

Nantinya jika ingin berada di urutan OS Mobile terpopuler ketiga, Tizen harus mampu menggeser Windows Phone yang saat ini bercokol dengan 1.7% market share dunia, dan bakal segera merilis Windows 10 Mobile akhir Desember ini. (Baca juga: Inilah Jadwal Perilisan Windows 10 Mobile untuk Setiap Seri Lumia)

Bagaimana menurut kamu, akankah Windows 10 Mobile nanti bakal tergeser oleh Tizen atau OS lainnya yang sama-sama mengincar posisi posisi 3 OS mobile terpopuler di dunia?

Bagikan pendapat dan analisa kamu disini.

via sammobile

  Review Aplikasi Streaming Piala Dunia 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.