Home News Samsung Akan Menantang Windows 10 Mobile dengan Merilis Flagship Berbasis Tizen

Samsung Akan Menantang Windows 10 Mobile dengan Merilis Flagship Berbasis Tizen

Samsung Akan Menantang Windows 10 Mobile dengan Merilis Flagship Berbasis Tizen

Rupanya posisi OS ketiga terpopuler di dunia bakal menjadi panas dan diperebutkan. Setelah sebelumnya CEO Cyanogen sesumbar bakal menempatinya, kini Samsung mulai berancang-ancang untuk menyematkan Tizen di posisi tersebut. (Baca juga: Kata Cyanogen: Aku Memiliki Lebih Banyak User Daripada Windows Phone dan BlackBerry)

OS yang dimotori oleh Samsung dan Linux Foundation ini sebenarnya sudah banyak ditemui di smart TV, smart camera, printer, kulkas, bahkan AC dan mesin cuci buatan Samsung. Bahkan ada juga beberapa smartphone low-end Samsung yang ber-OS Tizen.

Melihat peluang untuk masuk ke posisi OS populer ketiga di dunia semakin lebar, Samsung berencana untuk merilis smartphone high end berbasis Tizen tahun 2016 nanti.

Hal ini sepertinya dilakukan Samsung untuk menunjukkan seperti apa kemampuan Tizen yang sebenarnya, sekaligus membuktikan eksistensi sistem operasi ini di dunia mobile.

Saat ini Tizen mulai dilirik developer karena Samsung memberikan 100% pendapatan apps bagi developernya sediri hingga akhir tahun depan.

Aplikasi populer seperti Facebook, Facebook Messenger, Instagram, Whatsapp, Opera Mini, bahkan VLC Player juga sudah ada disana. Namun tentu jika dibandingkan dengan jumlah & fitur aplikasi di Android atau iOS, Tizen apps ini masih belum ada apa-apanya.

Nantinya jika ingin berada di urutan OS Mobile terpopuler ketiga, Tizen harus mampu menggeser Windows Phone yang saat ini bercokol dengan 1.7% market share dunia, dan bakal segera merilis Windows 10 Mobile akhir Desember ini. (Baca juga: Inilah Jadwal Perilisan Windows 10 Mobile untuk Setiap Seri Lumia)

Bagaimana menurut kamu, akankah Windows 10 Mobile nanti bakal tergeser oleh Tizen atau OS lainnya yang sama-sama mengincar posisi posisi 3 OS mobile terpopuler di dunia?

Bagikan pendapat dan analisa kamu disini.

via sammobile

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Rabbil AR

    Kalo Project Islanwood lancar mungkin Windows Mobile tetap bertahan deh

  • Evlan Mars

    menurut saya, Windows mobile kayaknya harus cepat rilis Windows 10 M nya,…kalau tidak nantinya semakin banyak yang pergi!

    • Whyu Wa

      gelombang pertama bulan desember om, tunggu aja…hehe

      • Evlan Mars

        Ok om!

    • RiDho Ahmad

      menurut saya ga perlu begitu..
      W10M mo dirilis kapan juga..klo pas rilis kepopulerannya meledak juga pasti yg pada pergi bakal balik :D

      • Evlan Mars

        Masa?

        • RiDho Ahmad

          Cuma opini gan

  • Whyu Wa

    tizen rebutan ama cyanogen keposisi 3, windows bakal jd incaran mereka,, linux vs windows CLBK, kita liat aja kisahnya nanti 3 hati 2 dunia 1 cinta

  • lagu dayat

    Saya pribadi sudah cape pake Windows phone

    • rhi

      bener banget… aplikasinya ituloh kebanyakan sampah… yg official dikit, belum lagi aplikasi keren macam travel malah di buang… parah emang mikocok

  • Kalo utk yg ini, prediksi ane si tizen ama cyanogen ga akan bisa geser windows phone. Emang sih mereka punya peluang, tp mereka gak punya power yg cukup. Utk dunia mobile, kita bisa liat yg ada di 3 besar semuanya punya ciri khas yg berbeda. Kalo cyanogen sm tizen, ciri khasnya apa?
    Dan lagi, development windows 10 mobile yg gila gilaan makin menguatkan peluang windows utk survive di 3 besar. Kenapa? Karna windows 10 pc berhasil narik perhatian dan bnyk org awam yg kagum tuh os ada di hp. Gak usah deh pake win10m, temen ane yg awam teknologi aja kagum liat os hp ane ky di pc pdhl masih win8.1. Dan embel2 windows 10 bisa jadi penarik perhatian yg luar biasa, terutama buat orang awam. Ini kesempatan besar buat MS utk ngalihin mata user awam dr android ke windows.

    Ini sih cuma prediksi ya, hasil akhir kembalikan ke pasar :v

    • RiDho Ahmad

      iya bener .. dan ngomong2 soal ciri khas.. Android & iOS juga kalah elegan ama WP :D

      • Gusti Rofhi

        setuju ama agan 22 nya :v

  • Petter Tesla

    Klo saya sich g peduli W10m mau kalah atau tidak..kebutuhan produktifitas ataupun sosial saya skrg sdh terpenuhi dengan pakai lumia..terlebih skrg udah one windows..mau buka di hape, tablet windows, laptop..semuanya sudah sama isinya..jadi klo mau ngalahin W10m sejatinya harus ngalahin dulu Windows10nya…

    • RiDho Ahmad

      mantap (y)

    • Gusti Rofhi

      Betul brohh (y)

  • Zulmi Kurniawan

    Sy berharap sailfish os jd yg ketiga.

    • Jolla Sailfish memang manis, seandainya power manufaktur nya besar dan market nya luas..benernya potensial banget itu

      • Zulmi Kurniawan

        Bener om febian. Mimpi ane dr dulu munculnya nih os sampe sekarang adalah htc yg pake nih os. Alasannya sih karena htc dikenal dengan disain n kualitas produk yg jempolan. Jd potensi dari sailfish os ini bakal keluar optimal.
        Htc dr asia di mix dengan sailfish dr eropa.
        Sayang mereka memilih android dan bertahan dengan penuh sesak. Malah samsung pengen keluar dr lingkaran android kayaknya dengan tizennya. Apalagi ada wacana google mau buat smartphone sendiri untuk menghilangkan masalah fragmentasi produk.
        Bagusnya setiap manufaktur hp yg menggunakan os android dikit demi sedikit ngembangin os sendiri. Kalo os sendiri udah ok, hardware jg udah ok. Mungkin bakal muncul raja lain selain android ataupun raja lain dr iphone.

        • Rasshid

          ” Malah samsung pengen keluar dr lingkaran android kayaknya dengan tizennya.” Padahal Samsung sekarang Android yang terpopuler…
          Google kan udah buat Nexus dan Android One, kenapa mau buat lini lain lagi?

          • Zulmi Kurniawan

            Masalah fragmentasi jg kayaknya gan. Dimana2 sih gak ada raja yg bisa bertahta dengan sangat lama. Pasti bakal ada yg gantikan. Mumpung samsung masih jd rajanya smartphone kenapa gak coba buat os lain tuk menguasai smartphone n sistem operasinya sendiri. Apple aja udah sukses. Kenapa samsung gak bisa juga. Ane sih mikirnya gitu. Setau ane tizen kan pake linux, kmngkinan bisa instal file .apk jd dimanfaatin aja dulu kepopuleran aplikasi android untuk dikit2 ntar diubah semuanya kalo dah populer. Cmiiw

      • Gmna kalo manufaktur utamanya Nokia? Mungkin bisa terangkat kayak dulu Nokia ngangkat windows phone (walaupun akhirnya Nokia terbuang sendiri) :v

  • Euis Keantosan Heula

    semakin rame aja nih dunia persilatan. ngikutin tekhnologi gak ada habisnya ,buat saya lbh baik pake aja semaksimal mungkin hp yg saya punya saat ini. mencoba os lain mah nanti aja jika memang benar2 ingin mencoba :)

  • Posisi 3 bisa direbut, tapi posisi 1 dan 2? Teramat susah…

  • RiDho Ahmad

    Tidak akan !!! (hahaha)

  • Jamshee Yusuph

    Ah tampilannya sama aj kaya android n ios, ga ada bedanya. Cm ganti nama doang, tampilan n isi sama aj.

  • Reowijaya

    Compete makes complete…

  • perfectminor

    Saya pesimis dengan Windows Mobile berada di urutan ketiga. Kenapa?

    * OEM lain yang menggunakan Android saja semisal Acer, Asus, Samsung, Sony, Xiaomi, mereka menggunakan Android untuk mempertahankan daya jual dan popularitas, mereka sering memberikan update aplikasi mereka di Play Store. Sedangkan Microsoft membunuh aplikasi bagus di Windows Store dan membuat aplikasi eksklusif di Play Store dan App Store. Oke, strategi menyediakan aplikasi eksklusif di platform lain tidak apa apa, tapi apakah seimbang dengan Microsoft memberikan update aplikasi untuk pengguna Windows Phone? Bagaimana OEM lain percaya mau pakai Microsoft Windows Mobile?

    * App gap tidak bisa terselesaikan dengan universal App, Kalau ada saingan lagi untuk PC juga Windows PC akan kalah, apalagi kalau Mac OSX mudah di install dan tidak eksklusif untuk hardware Apple.

    * Fan boy Microsoft Windows Phone berkurang dan beralih ke Android dan iOS, kenapa? Windows Phone apa bedanya dari jaman Windows Phone 7, 7.5, 7.8, 8.0, 8.1 dengan 10? Cuma ada Continuum dan Windows Hello kan? Itu apa berpengaruhnya buat Windows Phone lama seperti Windows Phone 8.0/8.1 ? Update Windows 10 apa berpengaruh buat Windows Device selain dari high-end / flagship? USB OTG di minta dari jaman Windows Phone 7 saja belum terealisasi sejak update Windows Phone 8.1 padahal sejak itu sudah ada demo dari Joe Belfiore. Kalah dengan Symbian Belle.

    * Blackberry mempertahankan popularitas dengan beralih ke Android karena memang banyak aplikasi itu nomor satu.
    Kalau gak salah nanti Tizen juga bisa memasang aplikasi .apk Play Store bukan? Apalagi dukungannya dari Linux Fondation -_-

    Jadi intinya Tizen mempunyai peluang besar untuk menyingkirkan Microsoft. Microsoft gak pernah sadar, bilangnya mendengarkan member Windows Insider, tapi apa? USB OTG sepertinya batal padahal sudah dikonfirmasi di halaman feedback.

    • Dolly Subagja

      Untuk sekarang, yg support USB OTG baru Lumia 950.

  • Meigi Shafardi

    Hai Windows 10 Mobile, jangan nyantai ya, dibelakangmu ada yg mau nyalip tuh…

  • Gusti Rofhi

    iya bro! :v

  • Gusti Rofhi

    (y)

  • zainzacky

    Windows phone dulu d kucilkan,skrang mlah d perebutkan,,,

  • tito

    huuuh.. kalu kayak gitu tampilannya sih masih mantap windows 10 ngak kan mungkin deh rasanya TIZEN mengalahin windows 10
    ni hasil survei ane di sekolah sya kebanyakan teman ane pakai windows phone alasanya teknologi android yang di pakainya dulu selalu montok terus untuk di uprage ngak bisa naik naik ke yang baru

    untuk pembuktian yang pasti kita lihat aja ke pasar

    • Rasshid

      pasti kebanyakan low-end user yak. Tapi WP emang OS yg pas buat low-end user, biaya murah selalu dapet update :v

  • semua tergantung, bagaimana win 10 mobile, dan bagaimana mereka memasarkannya :D

  • Rievky Benity

    UI nya ga menarik sama sekali, cuma kalo diliat fitur sih lumayan