Salah satu kelebihan Manual Focus pada Lumia Camera adalah kita bisa mengatur fokus sesuai keinginan kita. Autofocus kadang memang sangat praktis namun ketika Autofocus tidak mampu bekerja sesuai harapan, misalnya objek terlalu dekat, maka Manual Focus akan sangat membantu. (Baca : Tips Fotografi Lumia: Mengoptimalkan Manual Focus). Dengan Manual Focus, maka membuat foto makro sekalipun akan jauh lebih mudah.

Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Makro

Apa itu fotografi makro? Fotografi makro adalah fotografi dengan jarak sangat dekat untuk mendapatkan detail yang tinggi. Untuk mendapatkan hasil terbaik, biasanya membutuhkan kamera dengan spesifikasi yang tinggi. Namun dengan perangkat Lumia dan software Lumia Camera, kita bisa membuat foto makro dengan mudah, meskipun hasilnya tidak sebagus dari kamera digital pada umumnya.

Untuk membuat foto makro, pertama tentukan objeknya. Karena foto makro adalah foto untuk menangkap detail tinggi pada objek dekat, objek yang disarankan adalah benda-benda kecil seperti bunga, daun, embun, dan lain sebagainya yang punya detail cukup bagus. Lalu, buka Lumia Camera. Arahkan pada pengaturan fokus lalu pilih fokus paling rendah agar bisa mendapatkan gambar objek yang dekat. Bila masih kurang bagus detailnya, lakukan lagi namun dengan jarak yang berbeda. Lakukan percobaan pada jarak yang lebih dekat atau lebih jauh. Cobalah sampai menghasilkan gambar dengan detail yang jelas.

Nah, untuk pengguna Lumia yang memiliki kamera resolusi besar seperti 930, 950, 1020, dan 1520, bisa juga melakukan sedikit zoom ke objek untuk memperjelas detail gambar. Untuk pengguna dengan kamera dengan resolusi kecil tentu juga bisa, namun pastikan untuk tidak terlalu banyak melakukan zoom agar kualitas gambar tidak rusak.

Saya menggunakan Lumia 620 dengan software Lumia Camera. Hasilnya cukup bagus untuk ukuran kamera ponsel low end berkamera 5 Megapixel. Jika kamu pengguna Lumia dengan spesifikasi kamera yang lebih hebat, hasilnya pasti lebih bagus.

Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto MakroTips Fotografi Lumia: Membuat Foto Makro Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Makro

Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Makro

Bila beberapa elemen seperti kontras, warna, dan white balance kurang sesuai, kalian bisa mengeditnya langsung dengan menggunakan Lumia Creative Studio atau Adobe Photoshop Express untuk menghasilkan gambar yang lebih sesuai dengan keinginan. Hasilnya kira-kira seperti ini.

Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Makro

Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Makro

Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Makro

Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Makro

Bagaimana jika ingin hasil dengan detail yang lebih bagus, seperti menangkap detail dari serangga? Kalian bisa membeli lensa makro yang didesain khusus untuk smartphone. Namun perlu diingat bahwa sebagus apapun hasilnya, hasilnya masih kalah bersaing dengan foto makro yang dihasilkan dari kamera profesional.

Kamu sudah mencobanya? Bagaimana hasilnya?

  Review MIUI 10 di Poco F1  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.