Untuk pengguna Linux mungkin sudah tidak asing lagi dengan X.Org dan Wayland, keduanya adalah Display Server yang berfungsi sangat penting untuk menampilkan GUI pada Distro Linux yang pengguna gunakan.

Nah mengenai hal ini, baru baru ini Sebastien Bacher dari Canonical mengumumkan bahwa Ubuntu 21.04 akan dikirim dan diluncurkan dengan Display Server Wayland secara default, dimana itu akan menggantikan X.Org yang saat ini masih hadir secara default.

Namun meskipun begitu, Sebastien mengungkapkan bahwa pengguna Nvidia mungkin akan masih mendapatkan X.Org sebagai default karena masih ada beberapa masalah yang tengah mereka selesaikan terkait kompatibilitas hardware, namun diharapkan seluruh pengguna termasuk pengguna Nvidia akan dapat menggunakan Wayland sebagai Display Server secara default ketika Ubuntu LTS pada bulan April 2022 dirilis.

In the Ubuntu 17.10 cycle we tried Wayland as the default session but we didn’t feel confident at the time it was ready yet for an LTS. Things improved since, some of the blockers we found back then got resolved (desktop sharing), and that’s where the upstream focus is going. We believe now is the right time to try again, it should give us enough time before the next LTS to get proper feedback and sort out issues.” Sebastien mengungkapkan.

Baca Juga : Dapatkan Game Dandara: Trials of Fear Edition Gratis di Epic Games Store

Dengan Dikirimnya Display Server Wayland pada Ubuntu 21.04, Canonical memiliki waktu cukup panjang jika seandainya masih ada masalah dengan Wayland untuk selanjutnya diselesaikan pada perilisan Ubuntu pada bulan Oktober (21.10), namun dengan itu dapat dipastikan bahwa perilisan Ubuntu LTS 22.04 akan mendapatkan implementasi Wayland yang lebih stabil, semoga saja.

Nah apakah kamu pengguna Linux? Wayland atau X.Org?, komen dibawah guys.

Via: Phoronix, Neowin

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.