Home News Ubuntu Mungkin Akan Mengalahkan Windows untuk Smartphone Continuum

Ubuntu Mungkin Akan Mengalahkan Windows untuk Smartphone Continuum

Ubuntu Mungkin Akan Mengalahkan Windows untuk Smartphone Continuum

Terlepas dari begitu antusiasnya Microsoft memperkenalkan Continuum di Windows 10 Mobile, fakta bahwa Canonical adalah pihak yang pertama kali memperkenalkan teknologi tersebut di Ubuntu Phone tidak bisa dibantah.

Ubuntu Phone memperkenalkan Convergence Apps (Universal Apps) dan Convergence (Continuum) hampir setahun sebelum munculnya teknologi ini di Windows 10 Mobile.

Menanggapi persaingan yang muncul dari Microsoft, CEO Canonical Mark Shuttleworth menyatakan bahwa dia menyukai kompetisi ini dan ingin menang dari Microsoft.

Dengan bangga saya mengumumkan bahwa Canonical akan merilis device tahun ini, dengan sebuah brand manufaktur — yaitu smartphone yang bisa masuk di kantong, tetapi bisa memberikan pengalaman desktop. Jadi Pocket PC benar-benar menjadi nyata di Ubuntu.

Meskipun saya sangat menikmati persaingan dengan Microsoft untuk menghadirkan fitur ini, saja juga menargetkan untuk menang, dan saya yakin anda juga. Dan akan sangat menyenangkan bagi kita untuk menghadirkan teknologi Convergence (Continuum) pertama kali di dunia melalui software gratis (Ubuntu)

Canonical kemudian melanjutkan presentasi tentang teknologi Convergence di Ubuntu, dimana Ubuntu Phone bakal langsung menjadi Ubuntu Desktop ketika dihubungkan ke layar monitor, lengkap dengan Convergence Apps yang juga bisa berjalan di semua device.

 

Memanfaatkan Perilisan Windows 10 Mobile yang Terlambat

Windows 10 Mobile baru akan hadir akhir di tahun ini, lebih lambat dari Windows 10 PC yang direncanakan hadir sekitar pertengahan tahun.

Hal inilah yang sepertinya dimanfaatkan oleh Canonical untuk merilis Ubuntu Phone lebih dulu, dan menyematkan gelar smartphone pertama yang memiliki fitur Convergence (Continuum) di dunia.

Namun setelah perilisan Windows 10 Mobile nanti, kemenangan Ubuntu Phone tidak akan menjadi mudah. Gempuran akan langsung dilontarkan oleh Microsoft dengan budget marketing yang besar, produksi masif dari manufaktur ex-Nokia, developer full time yang dibayar mahal, serta fans Windows yang jumlahnya lebih besar dari fans Ubuntu.

Ya, persaingan baru saja dimulai.

via Mark Shuttleworth (youtube)

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Sepintas bagus juga

  • Kasyah Rahmatullah Takhier

    Microsoft,, jgn lma lma donk!!

  • persaingan lagi… fiuh…

  • Bagus lah …. Dengan adanya persaingan, tentunya akan membuat kedua pihak terus menerus membenahi dan meningkatkan produknya. Yang senang kan pasti pelanggan masing-masing pihak. :3

    • betul, persaingan bagus buat konsumen
      konsumen yang diuntungkan baik dari perang fitur maupun perang harga :D

  • Zulmi Kurniawan

    Wajar aja sih ubuntu phone baru bisa convergence sekarang. Pendanaannya aja di kickstarter gak nyampe yg diinginkan. Padahal kalo nyampe, mungkin 2014 tahunnya ubuntu phone tuk keluarkan taring dan jd daya tarik pembeli.hehe..
    Nunggu cityman dan talkman aja nih. Semoga keluar2 udah bawa fitur continuum dan usb type c

    • iya, entah kenapa sepi peminat, padahal keren loh convergence ini..hihihi

      • Zulmi Kurniawan

        Itu lah om. Liat teasernya aja udah keren banget tuk tahun 2014 ini. Kalo 2015 mah gak keren lagi. Karena windows juga bisa gitu. Perlu perjuangan yg ekstra tuk ubuntu menunjukkan tajinya.
        Mungkin kalo udah keluar boleh lah di koleksi.hehe

  • Reowijaya

    Ubuntu for phone itu punya UI paling cantik diantara OS mobile lainnya :3

    • Ichsan Azhary

      Kalau dari segi harganya gimana nih gan ?

      • Reowijaya

        Yah gatau juga sih, kayaknya ga masuk Indonesia juga, soalnya sampe sekarang cuma 2 produk yg pake OS ini.. Spek keduanya cuma kelas mid-end

      • Harga nya tergolong murah kok, karena manufaktur yang ngerilis kurang begitu populer dan juga OS nya kan open source (non-license) :D

  • Addy Yang

    ditunggu tanggal main nya

  • Ichsan Azhary

    Nabung lagi…..nabung lagi !
    Pingin punya ponsel pintar ubuntu.
    Mudah2an sumber dana buat nabungnya kagak buntu di tengah jalan :D

    • Pake smartphone “Ulancar” aja om, biar nabungnya “lancar” ..wkwk :v

  • Mochammad Reza

    Palingan juga ubuntu g masuk indonesia,tau sendiri masyarakatnya sangat sangat mainstream,ikut2an yg lagi trend aja,jd ubuntu kalo masuk sini dikit bgt yg bakal pake,padahal ubuntu/windows lebih produktif dan lebih smart di banding tabung ijo,kalah aplikasi aja jd jarang yg pake

    • iya, kemungkinan tidak masuk ke berbagai negara secara luas, palingan mentok di Inggris kayak Ubuntu Phone sebelumnya

      Tp gak tw lagi kalo manufaktur yang diajak kerjasama populer, mungkin penetrasi pasar bs lebih luas

  • Jujur aq pernah nyoba ubuntu dan pengen dalamin lagi tampilanya keren menurutku. sekarng sih masih pake windows 8.1 dan suka dengan metro tiles karena q juga gak suka sortcurt desktop.

  • refri

    teknologi itu dah dirilis sejak 2012,, sebelum project ubuntu phone… tapi sewaktu masih project ubuntu for android,,, coba aja liat videonya di youtube masih ada kok…

  • ahmad faisal.p

    Sepertinya seru, apakah lebih mudah di gunakan untuk orang awam…