VBScript Bisa Dihapus di Windows 11 Insider Build 25309

Beberapa waktu lalu Microsoft merilis Windows 11 Insider Dev Build 25309 yang mana dalam build tersebut menghadirkan banyak sekali perubahan termasuk peningkatan search box dan snap layout baru.

Tetapi kawan kawan, ternyata ada satu fitur baru yang sudah dijadikan sebagai fitur opsional di Windows 11 dan mungkin kedepannya Microsoft berencana untuk menghapusnya, dan yap sesuai judul, fitur ini adalah VBScript.

Seperti pada gambar diatas, pada Windows 11 Insider Dev Build 25309, VBScript sudah menjadi bagian dari optional features di Settings > Apps, dimana dengan itu pengguna bisa menghapus fitur tersebut dari Windows 11.

Dan jika fitur tersebut dihapus, tentu saja sejumlah perintah dan tool termasuk slmgr di Command Prompt tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.

Meskipun belum ada informasi pasti apakah fitur ini akan dihapus dikemudian hari, namun dengan dijadikannya sebagai optional maka pengguna bisa dengan mudah mengatur apakah ingin dimatikan atau tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna itu sendiri, dan jujur saja ini adalah keputusan bagus dari Microsoft mengingat VBScript bisa saja menjadi sumber vulnerability bagi system Windows 11.

Nah bagaimana menurutmu? komen dibawah guys.

Via : @XenoPhanter (Twitter)

Gylang Satria

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation