Home Editorial 10 Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Upgrade ke Windows 10

10 Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Upgrade ke Windows 10

Sudah hampir satu tahun sejak dirilisnya Windows 10 Final ke publik pada 29 Juli 2015 lalu, tetapi cukup banyak pengguna Windows yang masih enggan untuk melakukan upgrade.

Dan jika kamu adalah salah satu diantaranya, berikut ini adalah 10 alasan yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan kamu untuk segera melakukan upgrade ke Windows 10.

 

Upgrade Gratis Segera Berakhir

Penurunan Penjualan PC Disebabkan Karena Upgrade Gratis Windows 10?

Tinggal 10 hari saja kesempatan kamu untuk melakukan upgrade gratis dari Windows 7 / 8.1 ke Windows 10. Hal ini karena Microsoft memang sudah menentukan bahwa 29 Juli 2016 besok akan menjadi hari terakhir dimana upgrade Windows 10 bisa kamu dapatkan secara gratis.

Jika kamu belum melakukan upgrade lewat di tanggal tersebut, maka lisensi Windows 10 harus kamu tebus dengan harga sekitar 1.6 juta rupiah. (Baca juga: Upgrade Gratis Windows 10 Segera Berakhir, Dijual 1.6 Juta Setelah 29 Juli)

Tetapi jika kamu sudah upgrade ke Windows 10, maka lisensi tersebut bisa kamu gunakan terus tanpa batasan, bahkan kamu bisa melakukan clean install tanpa harus kehilangan lisensi di kemudian hari (Baca juga: Seperti Inilah Metode Baru Aktivasi Windows 10 yang Berbeda dari Windows Versi Sebelumnya).

 

Paling Disupport

Windows 10 Build 14366 dan Build 14364

Bukan berarti Microsoft tidak mensupport pengguna Windows 7 ataupun 8.1, tetapi Windows 10 saat ini menjadi fokus utama team development Microsoft.

Microsoft secara rutin terus merilis update dan fitur baru bagi Windows 10, termasuk juga pada 2 Agustus 2016 nanti dimana Windows 10 Anniversary Update bakal dirilis dengan serangkaian perubahan dan fitur baru bagi pengguna Windows 10. (Baca juga: 10 Fitur yang Bakal Ditanamkan di Windows 10 Anniversary Update)

 

Fitur Kekinian

Onda V919 Air Dual OS Windows 10 + Android: Tablet Murah Berdesain Mewah

Jaman sekarang trend teknologi sudah banyak berubah dibandingkan ketika era Windows 7 / 8.1 dirilis dulu. Teknologi berbasis cloud, touchscreen, dan mobile friendly kini tengah mendominasi.

Windows 10 adalah OS yang mendukung semua trend terkini tersebut.

Berbagai pengaturan dan fitur di Windows 10 otomatis tersinkronisasi dengan cloud, support touchscreen, dan sekain di PC juga bisa digunakan di tablet / hybrid yang mobile friendly.

 

Desktop Experience Lebih Baik

Mengatasi Lupa Password Windows 10 dengan Windows Password Recovery (Review)

Khusus bagi kamu pengguna Windows 8.1, desktop experience di Windows 10 ini jauh lebih baik. Hal ini karena banyak kekurangan Windows 8.1 telah diperbaiki di Windows 10.

Misalnya saja Start Menu sudah dikembalikan lagi, experience modern apps jauh lebih baik, plus Windows 10 sudah lebih friendly dan nyaman bagi pengguna desktop.

 

Optimal untuk Power User

Tips Menggunakan Virtual Desktop Windows 10

Buat kamu yang sering bekerja dengan membuka banyak sekali aplikasi, Windows 10 telah dilengkapi dengan Virtual Desktop. (Baca juga: Tips Menggunakan Virtual Desktop Windows 10)

Lalu untuk kamu yang sering menggunakan Command Prompt, CMD di Windows 10 juga sudah support copy paste command. (Baca juga: Inilah 13 Tips, Trik, dan Tweak Terbaik untuk Windows 10)

Storage management, File version recovery, dan berbagai power user tool juga lebih baik di OS ini.

 

DirectX 12

Kamu Sekarang Bisa Membuat Game Berbasis DirectX 12 dengan Unreal Engine 4.9 Terbaru

Buat kamu gamer hardcore yang membutuhkan kualitas tinggi saat bermain, Windows 10 memiliki DirextX 12 yang tidak dimiliki oleh OS Windows versi sebelumnya. (Baca juga: DirectX 12 Dirilis Ekslusif Hanya di Windows 10 Saja)

Meskipun mayoritas game saat ini masih teroptimasi untuk DirectX 11, tetapi berbagai game baru sudah mulai menggunakan teknologi di DirextX 12 untuk memaksimalkan kualitas dan performa game nya.

Dan bisa ditebak kedepannya teknologi DirectX 12 bakal menjadi standar baru yang digunakan oleh berbagai perusahaan game. (Baca juga: DirectX 12 Lebih Powerful dengan Dirilisnya Anniversary Update)

DirectX 12 mampu memberikan hasil yang lebih mulus dengan framerate yang lebih tinggi, sehingga experience gaming bisa lebih baik. (Baca juga: Seperti Inilah Performa DirectX 12 di Windows 10 Saat Digunakan untuk Gaming)

 

Universal Apps

10 Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Upgrade ke Windows 10

Windows 7 tidak dilengkapi dengan Windows Store, dan Windows 8.1 belum teroptimasi maksimal untuk Universal Apps.

Namun di Windows 10 kamu bisa menikmati experience terbaik dari Universal Apps di Windows Store, terlebih setelah dirilisnya Anniversary Update pada 2 Agustus 2016 nanti.

Buat kamu yang belum tahu, Universal Apps (UWP) adalah aplikasi Windows yang teroptimasi untuk berbagai ukuran layar, mulai dari smartphone, tablet, laptop, hingga desktop berlayar besar.

Sayangnya untuk saat ini memang belum semua developer aplikasi dan game populer yang merilis versi terbaik dari apps mereka di Windows Store.

 

Cortana

Di Windows 10 Redstone, Cortana Bisa Muncul Dimana Saja

Saya sendiri sangat jarang menggunakan Cortana, tetapi jika kamu memang menginginkan personal assistant di PC, maka Windows 10 punya Cortana. (Baca juga: Cara Mengaktifkan Cortana di Windows 10)

Kamu bisa memerintahkan Cortana untuk membuat jadwal, mengirim email, menjawab pertanyaan, dsb. (Baca juga: Cara Buka Cortana, Action Centre, dan Task View dengan Satu Sentuhan Khusus)

Namun hingga saat ini Cortana memang belum support Bahasa Indonesia, jadi jika ingin menggunakannya pastikan kamu memakai Bahasa Inggris ya.

 

Terus Diupdate & Diperbaiki

Berbeda dengan Windows versi sebelumnya, Microsoft menyebut Windows 10 sebagai layanan (Windows as a Service). Artinya Windows 10 bakal terus diperbaiki seiring berjalannya waktu, diupdate dan ditambah fitur baru kapanpun diperlukan. (Baca juga: Windows 10 adalah Layanan, Bukan Software – Apa Perbedaannya?)

Sama seperti update mayor Windows 10 Anniversary Update yang sebentar lagi dirilis dan membawa cukup banyak perbaikan beserta fitur baru, update selanjutnya juga bakal dirilis. (Baca juga: 10 Fitur yang Bakal Ditanamkan di Windows 10 Anniversary Update)

 

Beberapa Hal Kecil

Masih ada beberapa hal lain yang ditambahkan di Windows 10, dimana meskipun merupakan hal kecil tetapi cukup bermanfaat dan memudahkan.

Contohnya saja fitur Print to PDF secara native yang dulu hanya bisa dinikmati dengan menginstall tool / aplikasi pihak ketiga.

Dukungan akan monitor beresolusi tinggi dan ber-DPI tinggi, serta dukungan dual monitor yang lebih baik juga cukup penting.

 

Itulah 10 alasan yang bisa kamu pertimbangkan jika belum upgrade ke Windows 10 sampai sekarang.

Namun demikian perlu kamu pahami bahwa keputusan upgrade sepenuhnya tetap ada di tangan kamu. Jika kamu merasa masih nyaman dengan versi Windows yang kamu gunakan saat ini, tidak ada keharusan juga untuk melakukan upgrade.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.