Home Editorial 10 Hari Menuju Windows 10: Build Preview Windows 10 Dalam Sejarah (Bagian...

10 Hari Menuju Windows 10: Build Preview Windows 10 Dalam Sejarah (Bagian 2)

Holaa…melanjutkan sejarah perjalanan Windows 10 kemarin, kali ini saya akan membahas secara beruntun build yang pernah dirilis untuk member Insider dari build pertama dirilis hingga build yang sudah mendekati versi finalnya. Perjalanan build ini cukup menarik untuk dikenang dan diulas lagi sembari menunggu Windows 10 Final dirilis 29 Juli 2015 nanti.

 

Build 9841 – Build Preview Pertama sebagai Awal Pengembangan Windows 10

10 Hari Menuju Windows 10: Build Preview Windows 10 Dalam Sejarah (Bagian 2)

Build 9841 merupakan build awal dari pengembangan Windows 10, dimana ketika pada era Windows 8 Start Menu maupun tombol Start dihilangkan hingga mendapatkan banyak keluhan dari pengguna. Untuk itu pada akhirnya Microsoft mengembalikan Start Menu seperti dulu. Di build awal ini Start Menu masih terlihat menggabungkan experience di Windows 7 dengan Modern UI khas Windows 8. Banyak fitur baru yang ditanamkan di build ini misalnya saja Task View, Command Prompt yang sudah bisa cut, copy, paste, dan masih beberapa fitur lainnya. (Baca: Inilah Tampilan Windows 10 Preview Build 9841 Beserta Fitur Barunya)

 

Build 9879

Inilah 16 Fitur Baru di Windows 10 Preview Build 9879

Di build ini ada beberapa perubahan, tetapi perubahan utamanya adalah Modern Apps sudah bisa berjalan di resolusi yang lebih kecil (dalam hal ini 800×600). (Baca: Inilah 16 Fitur Baru di Windows 10 Build 9879)

 

Build 9926

7 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan Setelah Menginstall Windows 10 Preview Build 9926

Banyak perubahan besar di build ini, terutama satu hal yang membawa Windows 10 ini menjadi lebih personal yaitu Cortana. (Baca: Seperti Inilah Fitur dan Tampilan Windows 10 Preview Build 9926)

 

Build 10041

Inilah Fitur Baru di Windows 10 Build 10041 — Review Eksklusif

Dalam build ini UI sudah di poles, Start Menu menjadi lebih transparan, dan beberapa fitur sudah lebih baik dari build sebelumnya. (Baca: Inilah Fitur Baru di Windows 10 Build 10041)

 

Build 10074

Inilah Kesan Saya Menggunakan Windows 10 Preview Build 10074 Selama Seminggu Terakhir

Banyak polesan UI yang sudah diperbaiki di build ini, terutama Start Menu yang transparasinya sudah mulus mirip seperti fitur Windows Aero di Windows 7. Ditambahkannya efek transparan ini tidak lepas dari banyaknya permintaan member Insider yang membuat Microsoft menghadirkannya ke Windows 10. Satu perubahan yang cukup penting, mulai dari build ini status Technical Preview berubah menjadi Insider Preview. (Baca: Inilah Tampilan dan Fitur Baru Windows 10 Build 10074)

 

Build 10130

review10130_4

Di build ini banyak polesan tampilan, misalnya saja Icon yang sudah banyak berubah, Jump Lists yang sudah lebih baik dan lebih selaras dalam UI yang baru. (Baca: Inilah Review Windows 10 Insider Preview Build 10130)

 

Build 10162 dan Build 10240: Mendekati versi final dan tanggal rilis 29 Juli 2015

Duh..Microsoft Membatasi Jumlah Maksimal Apps yang Terinstall di Windows 10

Di kedua build ini ada hal yang sangat mencolok, yaitu secara fitur dan tampilan sudah hampir mendekati versi finalnya. Windows Store juga sudah menjadi Universal Store yang mulai siap untuk menjadi Store tunggal bagi PC, tablet, dan smartphone.

Performa Windows 10 Preview juga sudah jauh lebih baik dibandingkan build sebelum-sebelumnya. Rupanya Microsoft sudah mulai fokus di perbaikan bugs dan peningkatan performa menjelang dirilisnya Windows 10 Final 29 Juli nanti. (Baca: Inilah Review Windows 10 Build 10240 yang Sangat Identik dengan Versi Finalnya)

 

Demikian sekilas beberapa build yang pernah dirilis Microsoft untuk member Insider dari awal hingga versi rampungnya. Dari sekian banyak build yang dirilis, build mana saja yang sudah pernah kamu coba?

Bagikan kisah dan pengalaman kamu disini

A #Windows lover | #Microsoft fan | #WindowsInsider ;)
  • Hanya Matahari

    Dx12nya mantep gak tuh?

    • Muhamad Farhan Abi Karami

      Mantap sekali gaann

    • Rasshid

      tapi skrg baru 11.2 sih dxnya

    • baru bisa nyoba full performance nya kl dah final, tinggal seminggu lagi :D

  • Agil Faisal Rahman

    lah ente mah emang doyannya icip2… buanyak bener dah koleksinya…

  • Muhamad Farhan Abi Karami

    Daripada koleksi gitu mending koleksi cewe *eh Ampunnn :v

    • Labib Muhammad

      Cewek? Apa itu cewek? Oh, maksudnya Cortana!

      • Rasshid

        :v

    • hush, jgn bikin jombloers disini makin galau… :v

      • doblonk

        :’v

  • Fayyadh Muchlis

    Kalo pas tahap previewnya gak ikut program insider pas tahap final dan seterusnya bisa nggak ikut insider?? Jadi pengen kirim feedback pas final soalnya pas tahap preview gak bisa coba Windows 10 Preview karna PC gak support

    • bisa kok, tinggal daftarkan aja Microsoft Accountnya di Windows Insider

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    kolektor…

  • Muhamad Farhan Abi Karami

    Kaya nya hampir semua deh tapi and gak Save file nya Males menuhin hdd wkwk
    Aduh yang posting ciwi lagiii bawaannya pengen komen teruus,kali kali dong komentar kak sherlen

    • entah kenapa kl aku yang posting komennya dikit, kl sherlen yang posting komennya rame

      *garuk2 kepala :v

      • sabar om, jadi cewek aja, pasti banyak yang komen.. :v

        • Muhamad Farhan Abi Karami

          Tapi ciwi nya aja sama sekali gak komen,sekali kali komen kek kak sherlen

  • Muhamad Farhan Abi Karami

    Ada yang tau Product key Windows 10 pro build 10240?ane habis clean install Tapi gak tau Product key nya,mau liat di situs Windows Insider udh gk bisaa

    • Rasshid

      install yg 10166 dulu, baru upgrade ke TH1 10240
      pasti bias dah

    • Betul kata om Rasshid, utk install 10240 sebaiknya lakukan upgrade dari 10166 yg sudah teraktivasi,
      ini krn Microsoft sedang menyiapkan server aktivasi utk Windows 10 Final, jd sementara server aktivasi dimatikan

      artinya build 10240 kini hanya menjadi upgrade bagi versi sebelumnya yang sudah teraktivasi, officially tidak bisa diaktivasi sendiri.

      non officially, ada caranya utk melakukan aktivasi, tetapi cara seperti ini tidak kita sarankan di WinPoin krn terbentur dgn masalah legalitas

      • Muhamad Farhan Abi Karami

        Capek hati mas Download terus wkkw udh ke Install lagi duh mabok sayaaa

      • awal nyonri

        ane nginstall dari build 10130 ke TH1 bisa gan..:)

    • Isibiew

      utk cara liatnya liat komen gw di atas gan

    • awal nyonri

      Coba install pke akun Microsoft terverivied yang km punya.. saya selama ini nginstallnya gak pernah diminta/pke product key..(pengalaman pribadi semenjak nginstall insider sampai sekarang)

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Kenyataan pahit.. sejak penggunaan Windows 10 Beta

    Build 9841 : Build pertama.. langsung install di sekolahku.. di depan teman kelasku.. pas semua rampung.. eh malah temanku yang resmikan.. pengguna Windows 10 pertama (eh.. kebanyakkan nganyal? lanjut deh). Driver Wi-Fi laptop.. langsung malfungsi.. kadang sering drivernya hilang … (pahitnya lagi.. langsung penyakitan sampai sekarang).

    Build 9860 & 9879 : Buka game mode full screen.. setting grafis.. eh.. langsung force close… lebih parahnya process explorer.exe di Build 9879 sering melonjak nomor PID-nya, kalo dah naik .. sudah… hang gak karuan.. dan jamannya sampai ke build 9926 pun instal make partisi VHD.. langsung aborted..

    Build 9926 : Rata-rata semua iconnya samapi Build 10074 gak enak dipandang seperti barang jadul.. & Cortana sering macet.. lag parah saat ngegame.. dan boros baterai..

    Build 10041 : Hadiah pas selesai install, ada 3 Modern Apps bawaan ngebug. Buka beberapa app desktop.. eh langsung cursor hang dan sering black screen… walau semua driver dah ke-update (paling buruk dalam kenyataanku).

    Build 10074 : Pernah dapet start menu kayak versi arab.. (tulisan kekanan)… sering ngebug.. kalo mau pin program ke start… dan tablet mode sampe Build 10130 bug parah… hampir minta masuk ke “rumah sakit komputer… warna tile Modern Apps kadang sering bergantian ketika cursor menyentuhnya… terakhir, pas saat mau sinkron ke Microsoft Account… hampir semua Modern Apps
    dari Music – Windows Feedback.. tak bisa digunakan total…

    Build 10130 : Kadang Tab Notification, Battery, Volume, dan Start Menu.. pas muncul, latar belakangnya kadang ngeblur lalu kadang juga transparan penuh.. mau install “SpeedFan”.. pas kebuka langsung BSoD “WHEA_UNCRUEABLE_ERROR (Aistorbus.sys)”

    Build 10162 : Penyakit Driver Wi-Fi suka hilang kembali kambuh….. hampir 2 jam pemakaian.. heatsink langsung berputar keras sekali.. dan kadang Tab Notification mau pilih Tablet Mode sedikit malfungsi…. juga beberapa program tertentu gak bisa pin ke Start Menu…..

    Sekian.. kita akan membuka lembaran baru, buat sejumlah pengalaman baru.. dari manis hingga pahit.. perjalanan para Windows Insiders… [:Peace:]
    ==========================================================================

    • wah nasib pahit tuh..xixix
      untungnya di tempatku dari awal sampe sekarang berjalan lancar, meskipun nih PC udah sangat jadul keluaran tahun 2008 lalu :v

      • Ida Bagus Anom Sanjaya

        Enakan.. om… daripada ane.. selalu ada yang kurang hoki..

    • Limit Breaker

      edan…curhat ap nulis novel gan

      • Ida Bagus Anom Sanjaya

        kalo novel mah masih kurang..

    • Isibiew

      ya wajar….. makanya jangan diterima omongan orang kalau kita ga cermat sendiri kan berabe. itu versi beta semua wajar masih ada banyak bug/error. lah, wong windows 10 sendiri rilis resmi tanggal 29 juli 2015. makanya cari yg ori aja….jgn yg beta2.

      • Ida Bagus Anom Sanjaya

        Om telat komen om.. .. ini mah pengalaman sendiri, bukan nyolong info lewat ngupingin orang..

  • Rasshid

    beuh superb mas :D

  • aku sudah semua utk official build, hanya saja utk build leaked masih kalah banyak sm km..gitu aja tagihan internet udah bengkak jadi 3x lipat dari biasanya..wkwk

    Kl km juara 1, aku juara harapan 2 lah :v

    • Kesampingkan tagihan internet demi kepuasan pembaca wkwkw :v
      Kalau mau sih mbak Sherlen bisa sebutin semua Build karena dah tersedia semua di WinPoin :v

  • joss

  • build yang pernah dicoba…?
    Nggak ada… :’v

  • build yang pernah dicoba : 9926 – 10074 setelah itu rollback sabar menunggu 29 Juli :D

  • Biyan

    Min, buat tshirt “Ninja Cat Riding a Unicorn” dong

  • An-senpai

    om cara daftar Microsoft Accountnya di Windows Insider gimana ya step2nya..baru mau ikut insider pas tahap final soalnya :D

  • awal nyonri

    Barusan abis update TH1.. pas di cek di activationnya, edisinya sudah “Windows 10 Pro” gak ada embel2 “insider” apa memang itu sudah versi finalnya yah..?

  • Gak sabarrr~

  • awal nyonri

    Ini sudah final apa blum..?

    • Isibiew

      waduh. kok malah versi 32bit. usahakan 64bit biar gampang utk instal program/aplikasi/software jadi ga pilah2 utk mencari yg khusus 32bit. karena karena kebanyakan software 64bit ga bisa diinstal utk 32bit

      • awal nyonri

        oh iya ya.. baru nyadar kalo kompiku sudah x64.. kirain masih jadul…:)

  • Isibiew

    utk melihat versi build kamu…
    buka cmd, laku ketikkan WINVER => kemudian tekan ENTER. hurus besar kecil tidak masalah. kemudian akan tampil keterangan seperti berikut.