Dalam hitungan hari, tepatnya pada tanggal 29 Juli 2015 nanti Windows 10 akan segera hadir. Dalam 10 hari ke depan seiring menghitung hari akan dibahas sedikit sejarah mengenai perkembangan Windows 10 — dari awal hingga dirilisnya sistem operasi ini.

Setelah sekian lama menunggu, dari awal perkembangan Windows 10 hingga saat ini, terutama bagi para Insiders yang selalu mengikuti perkembangannya dari awal sampai saat ini, kali ini sedikit kilas balik perkembangan awalnya Windows 10 sampai saat ini.

 

Berawal dari sebuah teaser di Build 2014

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 dengan Sangat Mudah

Ketika beberapa saat setelah pengumuman update untuk Windows 8.1 Update, Microsoft memberikan teaser seputar tampilan UI kedepannya untuk versi berikutnya dari Windows. Pada saat itu belum diberikan nama, dan lebih mengejutkan, Start Menu telah kembali, tetapi masih dalam tahap alpha pada saat itu, tidak seperti sekarang di Windows 10 yang sudah hampir mencapai status rampung.

 

Event 30 September 2014 tentang “The Next Version of Windows”

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 dengan Sangat Mudah

Tanggal 30 September 2014, nama Windows 10 pertama kali diumumkan dengan codename “Threshold” dan juga diumumkannya Windows Insider Program di hari yang sama, dan build pertama (yaitu 9841) juga dirilis bersamaan. Beberapa fitur yang diumumkan di build awal ini masih sebatas belum matang dengan kata lain masih tahap preview awal.

 

Event 21 Januari 2015 yang disebut “Windows 10: The Next Chapter”

Tanggal 21 Januari 2015, banyak hal yang diumumkan seputar Windows 10, terutama hal digratiskannya upgrade Windows 10 selama 1 tahun untuk pengguna Windows 7, Windows 8.1 dan Windows Phone 8.1. Banyak fitur-fitur baru yang diumumkan, salah satunya adalah ketersediaan Cortana di PC, dan juga perangkat komputasi hologram, yaitu Hololens. (Baca juga: Masa Depan Sudah Disini — Inilah Microsoft HoloLens yang Super Canggih)

 

Pengumuman Tanggal Rilis: 29 Juli 2015

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 dengan Sangat Mudah

Pada tanggal 1 Juni 2015 Microsoft mengumumkan secara resmi tanggal rilis Windows 10, yaitu pada tanggal 29 Juli 2015. Menjelang peluncurannya yang tinggal beberapa hitungan hari, berawal dari rampungnya Windows 10 yang saat ini mencapai status RTM Escrow (Build 10240). (Baca juga: Inilah Review Windows 10 Build 10240 yang Sangat Identik dengan Versi Finalnya)

Itulah sekilas sejarah mengenai perkembangan Windows 10 yang dalam beberapa hari lagi akan segera diluncurkan. Jika menurut kamu ada yang kurang tentang sejarah perkembangannya, bagikan pendapat kamu di kolom komentar di bawah ini.

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.