7halyangperludiketahui_1
Setelah sekian lama semenjak 1 Oktober 2014 Windows 10 di rilis dalam tahap preview dengan bantuan feedback dari jutaan Insiders, tak terasa Windows 10 akan mendekati fase GA (General Availability) atau yang lebih familiar disebut Final. Nah sebelum lebih jauh, ada beberapa hal seputar Windows 10 Final yang sebaiknya kamu ketahui.

 

Tanggal Rilis

7halyangperludiketahui_2

Baru-baru ini Microsoft mengumumkan bahwa tanggal resmi perilisan Windows 10 Final adalah 29 Juli 2015, jadi pastikan kamu catat tanggalnya atau daftarkan email kamu agar tidak ketinggalan untuk mendapatkan free upgrade. Kamu bisa melihat countdownnya pada halaman ini.

 

Harga Windows 10

Meskipun Microsoft belum meresmikan harga Windows 10. tapi muncul bocoran harga dari sebuah situs belanja online yang cukup populer yaitu Newegg mencantumkan harga untuk Windows 10 Pro OEM seharga $149.99 atau sekitar 1.9 Juta (harga pre-order). Lalu kemudian muncul laporan yang mengatakan bahwa harga untuk Windows 10 Edisi Home $119 (1.6 Juta) dan Pro $199 (2.6 Juta). Jadi pastikan kamu mendapatkan upgrade secara gratis dari pada harus merogoh kocek yang lumayan dalam untuk membeli Windows 10.

 

System Requirement

7halyangperludiketahui_3

Sebelum kamu ingin upgrade ke Windows 10. Kamu harus memastikan bahwa hardware yang kamu miliki memenuhi standard requirement Windows 10 agar bisa lancar menjalankan Windows 10. Berikut ini adalah system requirement dari Windows 10.

  • Processor : 1 gigahertz (GHz) or faster processor or SoC
  • RAM : 1 gigabyte (GB) for 32-bit or 2 GB for 64-bit
  • Hard disk space : 16 GB for 32-bit OS 20 GB for 64-bit OS
  • Graphics card : DirectX 9 or later with WDDM 1.0 driver
  • Display : 1024×600

 

Edisi Windows yang bisa Upgrade ke Windows 10

Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, Hanya Windows 7 SP1 dan Windows 8.1 Update saja yang bisa upgrade ke Windows 10. Sedangkan untuk Windows XP, Windows Vista, Windows 7 RTM, Windows 8, dan Windows 8.1 RTM harus menginstall ulang kembali.
Lalu Bagaimana dengan edisi yang didapat dari Windows 7 SP1 dan Windows 8.1 Update? Berikut upgrade Matrix yang di release oleh microsoft.
7halyangperludiketahui_4

 

Dari gambar tersebut dapat diketahui untuk edisi
  1. Windows 7 Starter, Home Basic, dan Home Premium akan mendapatkan Edisi Windows 10 Home
  2. Windows 7 Profressional, dan Ultimate akan mendapatkan Windows 10 Professional
  3. Windows Phone 8.1 akan mendapatkan Windows 10 Mobile
  4. Windows 8.1 Update akan mendapatkan Windows 10 Home
  5. Windows 8.1 Professional dan Professional for Students akan mendapatkan Windows 10 Profressional.

Jika kamu memenuhi syarat tersebut kamu bisa langsung mendaftar untuk upgrade ke Windows 10. Kemudian untuk selain edisi yang disebutkan diatas seperti Enterprise, juga bisa upgrade secara khusus ke Windows 10 Enterprise jika mereka memiliki Software Assurance di Volume License.

Lisensi yang sah untuk Upgrade ke Windows 10

Hanya ada 2 Lisensi yang sah untuk upgrade ke Windows 10 yakni OEM dan Retail saja. Untuk lisensi lain seperti MAK atau KMS server, harus membeli lisensi lagi kecuali jika mereka memiliki Software Assurance agar bisa mengupgrade ke Windows 10 dengan menggunakan jalur khusus.

 

Windows 7, 8.1 Bajakan bisa Upgrade ke Windows 10

Lisensi bajakan tetap akan bisa upgrade ke Windows 10 tetapi setelah upgrade akan menghasilkan watermark Not Genuie yang menandakan bahwa Lisensi tidak sah/pirated.

 

Anggota Insider Tidak Dapat Upgrade Gratis, Jika…

Banyak yang bertanya bagaimana dengan nasib insider jika ingin ke Windows 10 Final nantinya. Anggota Windows Insider bisa mendapatkan free upgrade ke Windows 10 jika sebelumnya mereka mengupgrade ke Windows 10 Preview dari Windows 7 / 8.x dengan lisensi yang valid. Namun untuk Insider yang menginstall Windows 10 Preview dengan cara clean install (tanpa lisensi Windows 7 / Windows 8.x yang valid), tidak akan mendapatkan lisensi gratis Windows 10.

 

Nah itulah 7 hal yang perlu kamu ketahui tentang Windows 10 Final. Mungkin salah satu dari statement di atas banyak di pertanyakan dan jika ada yang ingin ditanyakan soal Windows 10 Final nantinya, bisa langsung bertanya di kolom komentar. Jangan lupa ikuti terus WinPoin untuk mendapatkan info up to date seputar Windows 10 lainnya.

  Review Aplikasi Streaming Piala Dunia 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.