Menginstall lebih dari 1 sistem operasi biasa dilakukan ketika ingin mendapatkan suatu fitur pada suatu sistem operasi tanpa perlu mengganti OS lainnya, terlepas itu dual boot, triple boot, quad boot, dst.

Misalnya jika memiliki Windows 8.1, dan ingin mencoba fitur-fitur di Windows 10 tetapi tidak ingin mengganti OS sebelumnya. Bahkan bisa cross seperti Windows 10 dengan Linux.

Ketika kamu melakukan booting, maka akan muncul daftar sistem operasi yang tersedia dan dapat kamu pilih. Secara default, OS yang baru diinstal secara otomatis akan menjadi default boot, dengan kata lain PC akan menggunakan OS tersebut jika kamu tidak memilih salah satu operasi dalam Boot menu dalam waktu 30 detik.

Jika kamu ingin mengganti boot order, maka kamu dapat melakukannya dengan mudah melalui pengaturan bawaan Windows 10.

Baca juga tutorial Windows 10 lainnya:

Mengubah Urutan Boot di Windows 10

  1. Buka Windows Run (WinKey + R), lalu ketikan msconfig.
  2. Navigasi ke tab Boot, lalu pilih salah satu sistem operasi yang ingin kamu jadikan sebagai default boot (jika terdapat lebih dari satu boot). Kemudian klik opsi Set as Default. Jika sudah klik OK untuk menyimpan perubahan.
  3. Untuk mendapatkan perubahan, sistem meminta untuk melakukan reboot ulang. Kamu bisa melakukan restart sekarang (setelah save semua pekerjaan) atau tanpa restart.
  4. Done.

That’s it!

  Technow #45: Spotify Dibobol..?? iOS 15, Snapdragon 875 dan 775G! Windows 10X  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.