Inilah Desain Surface Mobile, Tablet Layar Tekuk dari Microsoft
Desain konsep by Ryan Smalley

Entah bakal jadi produk nyata atau tidak, tetapi dari paten baru Microsoft, semakin jelas terlihat bagaimana rancangan tablet layar tekuk buatan Microsoft — yang dulu oleh banyak fans sering disebut sebagai Surface Phone / Surface Mobile. (Baca: Bukan Surface Phone, Tetapi Surface Mobile!)

Dilihat dari desainnya, tablet layar tekuk ini bukan didesain sebagai ponsel, melainkan sebuah tablet yang bisa ditekuk menjadi laptop, lalu dilipat agar ringkas saat dibawa kemana-mana. Hal menarik lainnya, saat ditekuk menjadi laptop, tablet ini digambarkan memiliki keyboard dan trackpad virtual yang sebenarnya merupakan tampilan layar OLED.

Desain Surface Mobile berdasarkan paten terbaru Microsoft:

Bagian-bagian tablet, termasuk desain mekanis engsel juga dipatenkan. Selain bisa dibuka dalam sudut 110 derajat untuk menjadi laptop, 180 derajat untuk menjadi tablet, tablet layar tekuk ini juga bisa dibuka hingga 270 derajat untuk mode presentasi.

Dengan kehadiran Windows 10 ARM yang bisa berjalan di chip Snapdragon, sebenarnya tablet layar tekuk ini sangat mungkin menjadi produk nyata dan menjadi trend baru tablet yang produktif — sama seperti laptop hybrid yang kini juga menjadi trend baru di dunia laptop. (Baca: Kelebihan dan Kekurangan Laptop Windows 10 ARM)

Mungkinkah ini adalah tablet Windows 10 ARM yang ditenagai Snapdragon 845 dan tengah disiapkan oleh Microsoft beberapa waktu lalu? Atau tablet ini diperuntukkan bagi sistem operasi Andromeda yang dilengkapi CSHELL dan bisa tampil manis di berbagai mode dan ukuran perangkat? Atau ini hanya sebuah paten desain yang tidak akan menjadi sebuah produk nyata?

Desain konsep yang cukup mirip dengan desain paten tersebut adalah Surface Note karya Ryan Smalley ini. Setidaknya kamu bisa dapat gambaran seperti apa Surface Mobile jika memang benar dirilis sesuai dengan desain paten tersebut:

WinPoin akan terus kabarkan perkembangannya begitu ada info terbaru mengenai tablet layar tekuk Microsoft ini. Untuk saat ini, kamu bisa melihat detail paten tablet layar tekuk tersebut disini.

  Membasmi Edge dan Bing di Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.