Home PC Kelebihan dan Kekurangan Windows 7

Kelebihan dan Kekurangan Windows 7

Sebelum ini, Winpoin telah membahas kelebihan dan kekurangan Windows 10 dan Windows 10 Mobile. Rasanya kurang lengkap jika tidak membahas cabang OS lain dari Microsoft ini. Oleh karena itu, saya meluangkan waktu untuk membahas kelebihan dan kekurangan Windows 7, salah satu versi Windows yang pernah menjadi yang paling populer (setelah matinya XP) dan akhirnya tersalip oleh Windows 10.

Tentu ada alasannya kenapa OS ini begitu populer (selain ketergantungan enterprise terhadap produk Microsoft tentunya), menurut pendapat banyak blogger teknologi, Windows 7 merupakan salah satu kompromi terbaik Windows dari segi kestabilan dan kesederhanaan UI yang memudahkannya dipelajari, kurang lebih alasan yang sama dengan kesukaan orang terhadap MacOS, tetapi Windows 7 memiliki keunggulan dari segi fungsionalitasnya. Sebagai seorang pekerja yang terlibat hubungan dengan banyak enterprise secara global, saya bahkan masih mempertahankan menggunakan Windows 7 untuk PC dan laptop saya, karena banyak software saya berjalan lebih baik di versi Windows ini.

 

Kelebihan Windows 7

Dan tanpa menunggu terlalu lama, berikut ini adalah ulasan WinPoin tentang kelebihan dan kekurangan Windows 7.

1 | Stabil dan Lengkap

Kita sering mendengar keluhan tentang kurang stabilnya Windows 10. Ini jarang ditemui pada Windows 7. OS ini sangat stabil. Kompatibilitas dengan software pihak ketiga juga cukup tinggi. Jarang terjadi crash aplikasi yang sampai mengganggu performa OS.

Selain itu driver yang kompatibel dengan Windows 7 sangat lengkap. Kamu tidak akan kesusahan menyesuaikan hardware dengan Windows 7, terutama bila kamu menggunakan hardware 2016 ke bawah – Karena beberapa hardware produk 2016 ke atas dibuat khusus untuk Windows 10.

 

2 | Mudah Menemukan Software yang Kompatibel untuk Bekerja dan Aktivitas Produktif

Jika kamu adalah seorang pekerja atau kalangan enterprise yang banyak memerlukan software pendukung pekerjaan, maka Windows 7 adalah jawabannya. Rata-rata pembuat software untuk kalangan enterprise tidak buru-buru mengupgrade software buatannya untuk versi yang lebih tinggi, karena masih khawatir bahwa OS baru belum stabil. Terkait hal ini, memang saat Windows 10 dirilis, masih banyak developer yang wait and see, tidak buru-buru mengembangkan software untuk Windows 10. Inilah mengapa kamu akan menemukan software lebih lengkap dalam versi Windows 7.

 

3 | Multimedia Lengkap

Hal ini dapat dimaklumi. Karena pengembangannya yang sudah lama, maka hampir semua multimedia kompatibel untuk diputar di Windows 7. Saat saya menggunakan pemutar video default Windows 10 (Movies and TV), ada beberapa format yang tidak dapat diputar, dan tidak memungkinkan untuk update codec, sehingga alternatifnya hanyalah saya harus menggunakan pemutar multimedia pihak ketiga. Ini berbeda dengan Windows 7 yang memiliki codec lengkap, sehingga jika kamu berkecimpung di bidang multimedia, maka Windows 7 akan lebih mudah membantumu.

 

4 | Learning Curve Lebih Mudah

art by Okamizero Deviantart

Karena bentuk dan tampilannya yang sederhana, maka Windows 7 lebih mudah dipelajari. Jika dibandingkan dengan Windows 10 yang kadang masih terdapat dualisme dalam UX-nya, maka Windows 7 jelas lebih mudah digunakan. Ini merupakan salah satu keuntungan menggunakan Windows 7.

 

Kekurangan Windows 7

Selain kelebihan tersebut, tentu saja Windows 7 memiliki banyak kekurangan, apalagi jika kamu menggunakannya pada tahun 2017 ini. Berikut beberapa kelemahan dari Windows 7!

1 | Lebih rentan Virus

Tren malware yang menyerang secara global akhir-akhir ini seperti Wannacry dan Petya, kebanyakan menyerang Windows 7 atau versi yang lebih lama lagi. Selain karena teknologinya sudah familiar bagi pembuat malware, Windows 7 juga memiliki basis pengguna yang sangat menggiurkan untuk mendapatkan keuntungan finansial bagi hacker atau pembuat virus. Bertahan di Windows 7, berarti juga kita potensial terpapar oleh virus atau malware.

 

2 | Support Akan Berakhir dalam Waktu Dekat

via Which

Meskipun dikatakan support untuk Windows 7 sudah berakhir pada tanggal 13 Januari 2015 yang lalu, sebenarnya yang berakhir adalah mainstream support, yang artinya Microsoft berhenti merilis perubahan desain, fitur, dan fungsi baru – serta tidak lagi menanggapi klaim jaminan terkait OS tersebut. Namun sebenarnya, Windows 7 masih memiliki support keamanan yang berlaku hingga 14 Januari 2020 mendatang. Update keamanan memastikan OS terlindung dari ancaman digital terbaru.

Jika support keamanan ini berakhir, maka pilihannya hanya tinggal upgrade atau membeli perangkat yang lebih baru. Kamu masih punya sekitar tiga tahun untuk menikmati Windows 7 yang aman. Setelahnya, Microsoft tidak lagi menjamin keamanan perangkat kamu.

 

3 | Update yang Mengganggu

Salah satu yang menyebalkan dari Windows 7 adalah update yang besar dan mengganggu. Microsoft rajin merilis update dan volumenya cukup besar sehingga kemungkinan memboroskan kuota kamu.

Pada Windows 10 Creators Update, ini sudah diatasi dengan cara hanya mengirimkan file yang dibutuhkan untuk update, sehingga nantinya diperlukan lebih sedikit data untuk kepentingan update.

 

4 | Mudah Menginstal Software = Cepat Melambat

via HowtoGeek

Banyaknya software pihak ketiga yang kompatibel dengan Windows 7 bagaikan pisau bermata dua. Sistem Registry yang digunakan oleh Windows menjadikan sampah registry menumpuk lebih cepat dan lama kelamaan menjadikan Windows 7 menjadi melambat. Meskipun Windows 10 memiliki kecenderungan serupa, namun jika kamu memanfaatkan UWP dan pihak ketiga resmi (seperti Adobe dsb) maka kamu bisa mencegah Windows 10 tertumpuk sampah registry.

Windows 10 S dibuat dengan dasar pemikiran semacam itu. Oleh karena itulah Microsoft kemungkinan di masa mendatang mengarahkan developer untuk mengembangkan aplikasi berbasis UWP sehingga dapat menjamin kualitas pengalaman pengguna untuk Windows 10.

 

5 | Kompatibilitas dengan Hardware Baru Dibatasi

Banyak hardware rilisan baru yang tidak lagi kompatibel dengan Windows 7, seperti misalnya AMD Ryzen serta processor intel core i7 terbaru. Tindakan ini kemungkinan dilakukan Microsoft untuk mendorong pengguna lebih memanfaatkan Windows 10 yang merupakan edisi terbaru OS Microsoft yang mendapatkan dukungan penuh dari raksasa software ini. Jadi jika kamu berharap untuk membangun sebuah PC dengan hardware terbaru, maka kemungkinan kamu tidak akan dapat memanfaatkan Windows 7 lagi.

 

Demikianlah kelebihan dan kekurangan dari Windows 7. Kamu punya pendapat lain? Sumbangkan pengalamanmu di kolom komentar!

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta