Salah satu yang mungkin sering diperhatikan pengguna Windows adalah Task Manager, dan pernahkah kamu melihat ada banyak proses dari browser baik itu Edge Chromium atau Google Chrome di Task Manager?

Setidaknya jika kamu membuka satu tab browser saja, akan ada 7 atau lebih proses yang berjalan dan memakan sumber daya terpisah, baik CPU, Memory, Disk dan Network, sehingga membuat perangkat dengan resource terbatas mengalami penurunan performa, terkait hal ini sebenarnya bukanlah sebuah keanehan dan Microsoft baru baru ini menjelaskan kenapa hal ini bisa terjadi.

Dilansir dari halaman Windows Latest, Microsoft mengatakan banyaknya proses yang berjalan dari browser, meski pengguna hanya membuka satu tab adalah karena web browser modern didasarkan pada arsitektur multi-proses, dimana aplikasi web dan plug-in berada dalam proses terpisah dari tab induk atau browser itu sendiri.

Arsitektur multi-proses ini dirancang agar memberikan kinerja, keamanan dan keandalan yang lebih baik untuk tab browser pengguna, jadi misalkan ada masalah pada rendering engine, dan salah satu tab yang pengguna buka mengalami crash, itu tidak akan mempengaruhi tab lain atau bahkan browser itu sendiri.

Browser Multi Process Architecture tersebut mencakup beberapa bagian diantaranya Plug-in process, Handler process, GPU process, dan Utility process, dan dengan Arsitektur multi-proses tersebut akan memungkinkan Chrome atau Edge menjalankan situs web secara paralel pada Windows 10 untuk meningkatkan keandalannya.

Terkait dengan masalah keamanan dengan arsitektur ini, baik Microsoft atau Google keduanya menggunakan restrictive sandbox environment, jadi misalkan ada satu situs web yang dikompromikan atau dengan kata lain berbahaya, Arsitektur multi-proses ini akan mencegah penyerang untuk mengendalikan system pengguna sepenuhnya dengan mengisolasi proses browser tersebut.

Semakin Banyak Extensi dan Plugin, Semakin Banyak Pula Proses Yang Berjalan

Dengan Arsitektur multi-proses ini, tentu saja jika kamu menggunakan berbagai ekstensi, plugin dan lainnya, akan membuka dan menjalankan lebih banyak proses.

Selain itu dari halaman yang terbuka, akan menjalankan proses terpisah juga dengan berbagai subframe yang kamu dapat lihat pada Browser Task Manager.

Cara Meminimalisir Resource Usage Berlebihan

Fitur Arsitektur multi-proses ini tentu memiliki segudang kelebihan, namun jika pengguna memiliki resource terbatas, misalkan dengan hanya 4 GB RAM, tentu Arsitektur multi-proses bisa menjadi sebuah kekurangan.

Kabar baiknya untuk Edge Chromium mendapatkan sebuah fitur Sleeping tab, yang bekerja untuk menonaktifkan tab untuk masuk ke mode sleep, dengan itu proses akan dihentikan untuk sementara sampai pengguna mengakses tab tersebut kembali.

Baca Juga : Microsoft Jelaskan Manfaat Fitur Sleeping Tabs di Microsoft Edge Chromium

Sedangkan untuk Google Chrome, Google sendiri telah menambahkan sebuah fitur serupa bernama Tab Freeze yang sama sama akan menonaktifkan tab untuk sementara.

Meskipun kedua fitur tersebut masih dalam pengembangan, namun dalam waktu beberapa bulan, fitur tersebut akan hadir pada channel stabil masing masing browser, dan dengan itu menjadikan opsi dan pilihan pengguna untuk menghemat sumber daya pengguna dari fitur Arsitektur multi-proses tanpa harus menonaktifkan extensi dan plugin yang mungkin penting untuk digunakan.

Penutup

Nah itulah sedikit penjelasan terkait dengan pertanyaan yang mungkin pengguna tanyakan, kenapa banyak proses dari browser di Task Manager, sekali lagi banyaknya proses tersebut bukanlah sebuah masalah melainkan memang fitur Multi Process Architecture pada browser modern.

Nah bagaimana menurutmu? silahkan berikan pendapat dan opinimu mengenai hal ini dikolom komentar dibawah.

Referensi : Microsoft, Neowin

  vivo V20 Indonesia: 4,999 Juta Dapat Apa..?? 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.