Seperti yang kita tahu, Windows 11 memiliki sejumlah system requirement yang mana tidak semua perangkat (terlebih perangkat lama) memilikinya, selain harus menggunakan Intel Gen 8 atau AMD Desktop 2000 series atau yang lebih baru tentunya, pengguna harus sudah menggunakan UEFI, Safe boot dan TPM 2.0 di perangkat mereka.

Meskipun begitu untuk saat ini pengguna masih dapat melakukan bypass sejumlah system requirements tersebut, dan kamu yang tertarik mungkin bisa mencobanya pada artikel Cara Bypass Pemeriksaan TPM 2.0 saat Install Windows 11.

Mengenai hal tersebut, Microsoft dalam Q&A/AMA session yang berfokus pada penjelasan mengenai cara upgrade ke Windows 11 dan deployment tools for enterprises menjelaskan bahwa mereka akan melakukan blocking upgrade path untuk sejumlah perangkat yang tidak mendukung Windows 11, dimana Microsoft menggunakan telemetry data yang mendeteksi kompatibilitas perangkat.

Selain itu Microsoft juga mengkonfirmasi bahwa pada versi final nanti, Windows 11 tidak akan mendukung bypass system requirements menggunakan registry editor saat proses WinPE atau proses instalasi Windows 11, tepat seperti artikel yang telah WinPoin tulis sebelumnya.

Tentunya hal tersebut cukup membuat para pengguna lama OS Windows semakin merasa berat hati, karena bagaimana tidak, jika kita ingin mendapatkan dukungan Windows yang lebih lama dan dipastikan lebih panjang dari Windows 10 kita harus menggunakan Windows 11, namun untuk menggunakan Windows 11 kita harus memenuhi sejumlah system requirementnya, dan jika tidak maka opsi terbaik adalah dengan membeli perangkat baru dengan dukungan penuh untuk menjalankan Windows 11.

Solusi akan hal ini?

Untuk saat ini memang Bypass masih dapat dilakukan, namun nanti mungkin tidak, jadi jika di tahun 2025 nanti Windows 10 Home dan Pro sudah dihentikan masa dukungannya oleh Microsoft, kamu masih bisa menggunakan Windows 10 Enterprise LTSC 2019 yang memiliki masa dukungan hingga tahun 2029, selain lebih ringan, OS ini adalah salah satu OS Windows terbaik yang pernah saya coba.

Baca Juga : Suka Duka Menggunakan Windows 10 Enterprise LTSC

Atau mungkin nanti akan ada cara lain?, mari kita tunggu saja karena tentu banyak orang pintar yang memutar otaknya agar semua hal dapat dilakukan, termasuk mungkin akan ada metode bypass baru yang muncul suatu saat nanti.

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.