Linus Torvalds: Patch Intel Itu "Sampah"
images by itsfoss

Dunia PC sedang dilanda chaos akhir-akhir ini. Semua gara-gara Meltdown dan Spectre yang bikin banyak konglomerat tekno kelabakan. Katakanlah Intel, AMD, Microsoft, Google, dsb — semuanya berlomba-lomba merilis patch untuk mengatasi bug berbahaya tersebut. Ditambah dengan tekanan dari publik dan media, perilisan patch ini juga jadi terkesan amburadul. (Baca juga: Linus Torvalds — Patch Intel itu “Sampah”)

Tetapi dari sekian banyak perusahaan, Intel adalah yang paling kelabakan dan tertekan. Setelah sebelumnya merilis patch firmware untuk mengatasi Spectre varian 2 (CVE 2017-5715 Branch Target Injection) dan menyarankan seluruh pengguna Intel menginstallnya, pada akhirnya mereka melarang pengguna menginstall patch ini karena memiliki bug reboot yang cukup parah. Intel menyatakan sudah mengetahui penyebabnya dan tengah mencari solusi untuk membuat patch baru yang stabil dan bebas bug.

Melihat hal itu Microsoft langsung tanggap dengan merilis update Windows terbaru yaitu KB4078130. Update ini secara khusus dirilis untuk menghentikan patch Spectre varian 2 milik Intel yang bikin banyak PC reboot secara acak. Dari hasil uji coba yang dilakukan Microsoft, update ini mampu menghentikan efek dari patch firmware Intel sehingga membuat PC yang terlanjur install tidak lagi bermasalah.

Tentu saja efeknya PC jadi tidak kebal lagi terhadap Spectre Varian 2. Tetapi hal ini jauh lebih baik daripada PC kebal tapi tidak bisa dipakai karena sering restart secara acak — terlebih sampai saat ini belum ada indikasi adanya attacker yang menyerang dengan memanfaatkan celah eksploit Spectre Varian 2 ini.

Bagaimana dengan kamu, apakah kamu sudah terlanjur menginstall patch firmware Intel ini dan mengalami masalah restart acak tersebut? Jika iya, segeralah cek Windows Update dan install update terbaru yang ada — atau cukup download dan install secara manual disini.

Update ini tersedia untuk Windows 7, Windows 8.1, Windows 10 — dan tentu saja beberapa versi Windows Server.

via microsoft

  Membasmi Edge dan Bing di Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.