Home Accessories Microsoft Tidak Mendapatkan Keuntungan Sama Sekali dari Penjualan Xbox One X?

Microsoft Tidak Mendapatkan Keuntungan Sama Sekali dari Penjualan Xbox One X?

Sebenarnya keuntungan dari bisnis game bukanlah terletak pada sisi hardware..

Perkenalkan, Inilah Xbox One X a.k.a Project Scorpio

Ajang Electronic Entertainment Expo atau lebih dikenal dengan nama E3 sudah resmi berakhir, dan dalam ajang tersebut Microsoft keluar sebagai pemenang. Yup, hal ini tak lain dan tak bukan karena kehadiran dari Xbox One X a.k.a Project Scorpio. (Baca: Perkenalkan, Inilah Xbox One X a.k.a Project Scorpio)

Xbox One X menggunakan 8-core AMD CPU 2.3GHz, 6 TFLOPS GPU, 326GB/s memory bandwidth, 12GB GDDR5 RAM yang mana menjadikan Xbox One X sebagai konsol game paling powerfull saat ini, apalagi Xbox One X sudah mendukung TRUE 4K, yang mana tentunya akan membuat sensasi gaming kamu menjadi lebih nyata! (Baca: Mengintip “Jeroan” Xbox One X — Konsol Game Paling Powerful Saat Ini (Video))

7 Fakta Xbox One X — Konsol Game Paling Powerful Saat Ini (Harga, Spesifikasi, dsb)
image by techrunch

Walaupun begitu powerfull, tetapi Microsoft membandrol perangkat ini dengan harga yang cukup terjangkau yakni hanya $499 atau sekitar Rp6,6 jutaan untuk versi 1TB! (Baca: 7 Fakta Xbox One X — Konsol Game Paling Powerful Saat Ini (Harga, Spesifikasi, dsb))

Akan tetapi, diantara kamu disini pasti ada yang beranggapan “Xbox One X kok mahal banget, mending PS 4 Pro” atau sejenisnya, dan mungkin juga ada yang bertanya-tanya “Berapa keuntungan yang Microsoft dapatkan dari setiap penjualan Xbox One X?”.

Nah, ada hal yang perlu kamu tahu nih gaes! Sebenarnya, Microsoft tidak mendapatkan keuntungan sama sekali dari penjualan (konsol game) Xbox One X! Jadi, harga Rp6,6 jutaan merupakan harga produksi Xbox One X yang sesungguhnya.

Phil Spencer, selaku leader dari divisi Xbox menyinggung sedikit hal ini pada salah satu interview. Ia menjelaskan:

Microsoft tidak mendapatkan keuntungan sama sekali dari penjualan (konsol game) Xbox One X, kalaupun ada itu sangatlah sedikit sekali. Seharusnya kamu paham, sebenarnya keuntungan (laba) dari bisnis game bukanlah terletak pada sisi hardware (konsol game), melainkan pada penjualan game dan juga layanan yang diberikan.

Perkataan Phil Spencer memang benar adanya, ketika WinPoin mencari berbagai info mengenai hal ini, WinPoin mendapati hal yang begitu menarik! Ternyata pada tahun 2016, penjualan game dan juga layanan Xbox memang jauh lebih menguntungkan dibandingkan seri Surface dan Windows itu sendiri! Berikut ini adalah detailnya:

Microsoft Tidak Mendapatkan Keuntungan Sama Sekali dari Xbox One X?

So, buat kamu yang beranggapan kalau Xbox One X itu mahal, silakan pikir kembali. Karena sesungguhnya yang mahal (dan menjadi sumber keuntungan utama) adalah games dan layanan yang Microsoft jual. Xbox One X nya sendiri? Microsoft tidak mengambil untung dari situ.

via Business Insider

  Video: Review Smartband Zeblaze Zeband Plus  

Talk = Do Something "Talk More Do More" | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Windows 10 Mobile dan juga Xiaomi Mi4? Silakan tanya via LINE ' ad_jossy '