Microsoft dan Qualcomm akhir-akhir ini tengah sibuk mengembangkan sebuah prosesor baru yang tidak lain adalah seri Snapdragon 1000. Prosesor tersebut awalnya diperkirakan hanya akan tersedia eksklusif di PC Windows, namun berdasarkan kabar terakhir yang WinPoin terima, Microsoft mengatakan bahwa nantinya seri Snapdragon 1000 juga bakal tersedia dibeberapa perangkat lainnya!

Perangkat yang Microsoft maksud disini adalah perangkat AR, VR, dan tentu saja PC Desktop milik Microsoft dan OEM lain yang menggunakan Windows. Jadi, bisa dikatakan dalam waktu beberapa tahun ke depan, kita akan melihat versi ARM dari HoloLens dan berbagai perangkat Surface, termasuk pula Windows Mixed Reality Headset.

Sejauh ini, prosesor Qualcomm Snapdragon 1000 kabarnya mendapatkan hasil yang cukup memuaskan, prosesor tersebut mampu menjalankan RAM hingga 16GB dan penyimpanan sebesar 256GB. Hal tersebut sekaligus menandakan bahwa performa dari prosesor Snapdragon 1000 series mampu bersaing dengan prosesor sekelas PC semisal Intel Core Y dan U series, bahkan bisa jauh lebih baik lagi.

Sebagai tambahan informasi untuk kamu, sebelumnya Qualcomm sudah meresmikan prosesor Snapdragon 850 yang mana menawarkan 30 persen peningkatan performa dan 3x kinerja AI yang jauh lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Dalam hal kecepatan LTE, prosesor generasi terbaru ini juga menawarkan kecepatan konektivitas LTE hingga 1,2 gigabit per detik! dan untuk urusan daya tahan, kabarnya prosesor Snapdragon 850 mampu memberikan baterai yang bisa bertahan dalam 25 jam penggunaan normal secara terus menerus! (Baca: Qualcomm Mengumumkan Snapdragon 850 untuk Always Connected PC Windows 10 Generasi Selanjutnya)

Bagaimana dengan perangkat Mobile?

Untuk hal ini, WinPoin masih belum mendapatkan info yang detail. Hanya saja, jika kita melihat bahwa spesifikasi yang ditawarkan oleh ponsel masa kini sudah hampir setara PC, maka hampir bisa dipastikan akan ada beberapa OEM yang akan mencoba mengambil kesempatan tersebut.

Terlebih lagi ada kabar bahwa Surface Mobile / Surface Phone / Surface Andromeda akan diresmikan di akhir tahun nanti dan akan menggunakan prosesor terbaru buatan Qualcomm (bisa jadi antara Snapdragon 850 dan Snapdragon 1000).

via ARSTECHNICA

  iPhone Refurbished, Rekondisi, CPO..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.