Home Editorial Windows 10 Gratis? Lalu Dari Manakah Microsoft Mendapat Keuntungan?

Windows 10 Gratis? Lalu Dari Manakah Microsoft Mendapat Keuntungan?

Windows 10 Gratis

Kuis: Kalau karyawan Microsoft adalah VVota, berapa orang yang diperlukan untuk memotret Jessica Veranda? Jawabannya: 10 orang. Satu orang yang memotret (mungkin dengan Lumia 1020), sedang sembilan orang lainnya bakal keliling memastikan tiap orang yang menonton pemotretan membayar, termasuk juga siapa saja yang mengunduh foto itu dan menyebarkannya nantinya pasti ditagih!

Guyonan itu sangat menggambarkan betapa Microsoft haus profit dan dominasi. Inilah mengapa sejak Windows 10 mulai menjadi hype tahun lalu, banyak orang yang terkejut ketika mendengar bahwa Windows 10 akan diberikan secara gratis. Seketika itu juga banyak yang mempertanyakan keputusan Microsoft tersebut: Apakah Windows 10 benar-benar gratis? Benarkah tidak ada syarat terselubung? Perlu diakui adalah hal yang aneh ketika Microsoft berniat memberikan sesuatu secara gratis. Microsoft, seringkali diplesetkan sebagai Micro$oft atau M$ oleh para pengguna Internet karena keserakahannya yang luar biasa. Di banyak kesempatan Microsoft sudah menyatakan bahwa Windows 10 ini benar-benar gratis bila upgrade dari versi Windows orisinil sebelumnya, namun masih banyak yang belum percaya, dan Microsoft sendiri belum menjelaskannya secara detail.

Di edisi kali ini, Winpoin tidak ingin membahas semantika kalimat Microsoft ketika mengumumkan Windows 10, karena jadinya kita lebih banyak menebak-nebak (lagipula sudah beberapa kali didiskusikan pada beberapa artikel sebelumnya). Namun kali ini Winpoin ingin memaparkan fakta terkait rencana Microsoft untuk menghasilkan uang. Dengan mengetahui fakta ini, kamu tidak perlu terlalu khawatir bahwa Microsoft akan menyiapkan skema tersembunyi layaknya debt collector menunggu di tikungan jalan untuk merampas Kawasaki Ninja yang baru saja kamu cicil dua bulan.

Berikut ini 7 skema Microsoft untuk menghasilkan uang melalui Windows 10 tanpa perlu secara agresif menjual lisensi sebagaimana versi Windows sebelumnya:

 

Lisensi PC/Laptop Baru yang Menjalankan Windows 10

Windows 10 Gratis

Kebutuhan akan PC dan laptop terus berjalan, terutama dari kalangan professional pekerja dan pelajar. Beberapa pabrikan terkemuka seperti Dell, Toshiba, ASUS, dan Lenovo sudah siap menyediakan laptop ataupun desktop yang terinstall Windows 10. Microsoft sudah memiliki perjanjian khusus dengan para vendor dalam hal ini. Untuk setiap pembelian laptop atau PC, nantinya kamu juga akan ditagih harga untuk OS Windows 10 sebesar USD 119. Ini tentu saja mendatangkan keuntungan bagi Microsoft.

 

Aplikasi Windows Store

Windows 10 Gratis

Microsoft tentu saja mendapatkan keuntungan untuk setiap aplikasi yang dibeli dari Windows Store. Keuntungannya berupa biaya yang dibayarkan developer untuk ‘berjualan’ di toko milik Microsoft ini. Semakin banyak yang menggunakan perangkat Windows 10, maka makin besar keuntungan Microsoft di sini.

 

Pembelian In-App (Dalam Aplikasi)

Windows 10 Gratis

Aplikasi dari Bursa / Store bias jadi menyertakan transaksi mikro yang disebut “in-app purchase” atau pembelian dalam aplikasi. Setiap kali pengguna memanfaatkan fasilitas ini, Microsoft ikut serta mendapatkan bagian.

 

MS Office

Windows 10 Gratis

Microsoft menjual layanan Office 365 yang dapat dibuka online dan dikelola di mana saja. Ini juga memungkinkan kamu mengakses seluruh fitur lengkap dari MS Office sehingga dapat memanfaatkannya untuk produktivitas secara optimal. Kepopuleran software ini menjadikan Microsoft mendapatkan keuntungan besar dari biaya berlangganan Office 365 ini.

 

OneDrive

Windows 10 Gratis

Pada dasarnya memang kita mendapatkan OneDrive secara gratis. Namun segmen perusahaan yang memerlukan tempat penyimpanan cloud lebih besar tentu saja bersedia membayar untuk ruang penyimpanan lebih besar dan layanan lebih baik dari Microsoft. Ini juga merupakan salah satu ‘tambang uang’ milik Microsoft. Belum lagi Azure yang menyasar segmen korporat dan biasa digunakan perusahaan besar.

 

Xbox Music (yang akan diganti menjadi Groove-kah?)

Windows 10 Gratis

Apa pun nama layanan music Microsoft nantinya, terdapat layanan langganan streaming yang menghasilkan uang untuk Microsoft. Kamu juga dapat membeli lagu melalui Xbox Music (meskipun saya belum pernah memanfaatkan fitur ini juga), yang akan memberikan profit kepada Microsoft. Oya, layanan ini juga mencakup kopi digital untuk video dan acara TV lewat perangkat milik Microsoft.

 

Skype

Windows 10 Gratis

Keputusan mengejutkan Microsoft untuk mengistirahatkan Lync yang popular di kalangan perusahaan berusaha ditebus dengan menghadirkan fitur Skype for Business. Microsoft menjanjikan kemudahan mengakses Skype for Business dari mana saja serta tariff yang lebih murah dari telepon lokal untuk pelanggan yang menggunakan Skype berbayar. Ini sudah lama menghasilkan keuntungan untuk Microsoft.

 

Dengan memanfaatkan skema tersebut, Microsoft sudah akan dapat memperoleh pemasukan yang dapat menggantikan biaya research & development bagi Windows 10 beberapa tahun belakangan ini, sekaligus juga untuk maintaining Windows 10. Syaratnya tentu saja sederhana: harus banyak orang yang menggunakannya. Oleh karena itu Universal Apps dimaksudkan untuk tujuan ini. Microsoft ‘bertaruh’ bahwa akan banyak orang yang akan tertarik menggunakan perangkat Microsoft bila menyukai fasilitas atau aplikasi tertentu milik Microsoft. Misalnya, setelah menggunakan Office di Tablet Android dan terikat oleh fasilitas dan kemudahannya, maka seseorang berikutnya cenderung memilih menggunakan PC atau laptop Windows karena lebih mudah menggunakan Office di situ. Masih banyak juga peluang Microsoft untuk mendapatkan profit tambahan, misalnya iklan di Bing yang trafficnya akan semakin kencang jika makin banyak yang menggunakan Windows, karena Bing terintegrasi dengan Cortana.

Ada pemikiran lain tentang bagaimana Microsoft menghasilkan keuntungan dengan Windows 10 tanpa perlu agresif menjual lisensi? Bagikan pendapatmu di kolom komentar!

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • IMIEN COVER BOY

    Oalahhh,,,?????????

  • Gak usah pake kata “-Kah” kali mas kiki.
    emg dh Comfimed sama Microsoft kog
    http://blogs.windows.com/bloggingwindows/2015/07/06/updates-to-entertainment-in-windows-10/

    • Widih… Kemaren padahal kukira mereka masih mempertimbangkan untuk ganti Groove itu…

  • yoko

    Mungkin nanti Microsoft jualan tajil dibulan ramadhan atau jualan wedoss di lebaran haji ,kan bisa dapet untung gede

  • ketahuan lagi penulisnya siapa.

    kelihatan sama wallpaper anime nya :v

    • Nurcahya

      Kiki-Senpai pasti :v

      • wkwkwk setuju kita panggil dia senpai :v

        • overthinKing

          Ahaha, ane jg mau komen gtu. Om Kiki Mukadimahnya memang bedaaa. Wkwkwk

      • (>

        • Aventador

          theme windowsnya keren, bersih banget. itu win 7 kan? pake thema apa? boleh share linknya :)

  • Itu laptop Dell nya bagus pisan :’3

  • Fauzan Veri

    Tapi salah satu lumia tak laku kerna di Sinyal di Indonesia untuk 3G lebih pendek jangakauanya. Lumia menjenhkelkan 2G only dan dual mode. Coba deh microsoft mendengarkan saran dari pengguna
    Di Google keluhnlan 3G Only hanya Lumia. Android dan BB tidak ada keluhan 3G Only. Dan microsoft dalam hal ini tuli…..ditambah kala ngecharge selalu hidup tak bisa mati……

    • Nurcahya

      Ehmmm, Lumia saya selalu dapet sinyal 3G loh walo gk di lock.
      selain itu di Windows 10 Mobile built 149 sudah di sediakan lock 3G.
      selain itu Charge hidup menurut saya bukan masalah.

    • zainzacky

      lumia di carger hidup malah bagus.. Device lain gk da tuh..

    • Kalau itu memang karena orientasi untuk hemat baterai. Jadi memang begitu sinyal 3G berat, pasti langsung beralih ke 2G.

      Makanya ponsel Lumia lini low-mid terutama tahun 2012-an itu terlihat sangat unik. Baterai kecil-kecil tapi rata-rata kuat seharian.

    • Titan Samudra

      3G Only udah tersedia di Windows 10 ._.

  • Whyu Wa

    bagi-bagi zakat nanti

  • Ntar kalo aku ke Jakarta nengok Febian pasti aku undang teman-teman Winpoin kumpul minum-minum….

    …air putih…
    …di warung…

    • Agung

      #eaaa mulai lagi deh :D

  • Hahaha… Iya juga memang…

  • took ?, typho apa gimana tuh wkwk

  • Faldot

    Smart business lol…

  • Evlan Mars

    menurut saya, langkah microsoft ini mempunyai Resiko yang besar,dimana mereka tidak bisa mundur lagi,dan harus maju,entah nanti menguntungkan atau malah merugikan…Salut buat Microsoft!!

  • Itu ada kata “took” maksudnya “toko” kah? :v

    • Wah, makasih. Kayaknya kena autocorrect. Segera aku edit.

  • Dante Niro

    Dan menyewakan jasa pelatihan serta merchandise …mungkin itu termasuk tidak gratis.,.

  • microsoft juga dapat keuntungan dari penjualan Lumia sama Surface :D

  • Agung

    Jangan lupa Hololens (nanti), Xbox, Surface.
    Dan buat para IT people pasti tau masih banyak software buatan MS kaya SQL Server, Windows Server, Visual Studio, dll. Juga ribuan lisensi yang MS punya. Jasa maintenance software2nya MS untuk corporate juga mahal tuh chargenya pake sistem pulsa lagi, tapi servicenya emang excelent sih.

  • Jangan lupa juga dari paten… paten itu loh… ah sudahlah :v

  • Amirul Akbar

    kiki senpai, minta wallpaper-nya :v

  • doblonk

    poin pertama sama aja bohong, pasti harga jualnya juga naik :v

  • Aventador

    oh gitu, kirain pake tema :D jadi cma pake salah satu aero theme bawaan windows + wallpaper :)
    satu aliran lah kalo soal desktop bersih :v
    btw, makasih atas info nya :)