Seperti yang sudah sering saya katakan dalam beberapa artikel sebelumnya, saya sudah cukup lama menggunakan Windows 10 Enterprise LTSC 2019, yang mana OS ini berbasiskan dari Windows 10 1809 atau Build 17763, mengenai review dan suka duka mengenai Windows 10 yang saya gunakan ini, kamu sudah bisa membacanya pada artikel WinPoin berikut: Suka Duka Menggunakan Windows 10 Enterprise LTSC

Nah tahun 2021 lalu, Microsoft telah merilis versi baru dari Windows 10 LTSC yaitu Windows 10 Enterprise LTSC 2021 yang mana tentu OS ini berbasiskan dari Windows 10 21H2 atau Build 19044, sama seperti versi LTSC pada umumnya, versi baru ini tentu membawa sejumlah keunggulan dan nilai plus dari versi LTSC sebelumnya, seperti tidak adanya Microsoft Store, Bloatware dan lainnya, termasuk dengan penambahan sejumlah fitur baru yang telah Microsoft hadirkan di Windows 10 21H2.

Namun, kenapa saya tidak melakukan upgrade?

Ada beberapa alasan kenapa saya tidak melakukan upgrade dari Windows 10 Enterprise LTSC 2019 ke 2021, meski cara updatenya mudah dengan melalui metode in place upgrade, namun tentu ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan saya untuk tidak melakukan upgrade, apa sajakah itu? berikut mari kita bahas.

Masa Dukungan Hanya 5 Tahun

Dengan adanya kebijakan baru yang dimulai pada tahun 2021 lalu, Windows 10 LTSC akhirnya hanya mendapatkan dukungan update selama Lima Tahun saja, mencakup tiga tahun Mainstream Update, dan dua tahun Extended Update. Tentu Windows 10 Enterprise LTSC 2021 hanya akan mendapatkan dukungan lima tahun tersebut, dimulai dari 16 November 2021 dan akan diakhiri pada 12 Januari 2027 (berdasarkan data Microsoft). Lima tahun memang panjang dan lama banget, bahkan mungkin saya akan berganti perangkat dalam lima tahun kedepan, namun untuk sekarang rasanya dukungan Windows 10 LTSC 2019 lebih panjang yang mana akan diakhiri pada tahun 2029, dua tahun lebih lama dibandingkan versi terbaru.

Dengan alasan itulah, kenapa saya tidak mau melakukan upgrade ke versi Windows 10 LTSC terbaru.

Fitur Bawaan Makin Banyak

Saya mungkin salah satu orang yang ingin memiliki OS yang simpel, cepat dan mantap, di Windows 10 LTSC 2021 ada banyak sekali fitur yang sudah hadir secara default, misalkan Windows Terminal, Windows Subsystem for Linux, Windows Sandbox dan lainnya. Memang sih kita bisa mematikan sejumlah fitur tersebut, namun rasanya itu membutuhkan langkah lebih hanya untuk menyesuaikan OS seperti yang kita inginkan.

Selain itu, fitur Windows 10 terbaru saya rasa tidak terlalu sering saya gunakan juga, misalkan Rename Virtual Desktop, saya yakin tidak semua orang menggunakan fitur ini, bahkan mungkin ada juga yang tidak tahu dengan fitur tersebut, secara umum, mungkin dapat saya katakan bahwa Windows 10 Enterprise LTSC 2019 sudah memenuhi kebutuhan saya sehari hari, bahkan saya tidak pernah complain mengenai fitur yang ada didalamnya.

Windows 10 Enterprise LTSC 2019 Saya Rasa Lebih Stabil

Ini hanya opini saya saja ya, namun di perangkat yang saya gunakan, versi Windows 10 LTSC 2019 lebih stabil dan jarang sekali ada bug nya, mungkin ini adalah salah satu efek dari Windows 10 1809 yang dirilis tahun 2018 lalu dan terus mendapatkan update yang panjang dan penambahan kualitas, tentu jika dilihat dari hal tersebut, Windows 10 1809 memiliki kisah yang lebih panjang dibandingkan Windows 10 21H2 yang mungkin masih muda dan masih memungkinkan adanya bug dan masalah performa yang belum sehandal Windows 10 1809.

Di Windows 10 yang saya gunakan ini, bahkan jika dibandingkan dulu nih ketika saya menggunakan Windows 10 Pro, jarang sekali saya menemukan masalah seperti BSOD, Bug Sleep yang terjadi diperangkat saya, dan masalah lainnya yang memang dulu sering saya rasakan, jadi inilah alasan ketiga saya tidak mau melakukan upgrade ke versi terbaru.

Nah itulah tiga alasan kenapa saya tidak mau melakukan upgrade ke Windows 10 Enterprise LTSC 2021, setidaknya untuk sekarang ya. Karena secara singkat, saya juga pernah menggunakan Windows 10 Enterprise LTSC 2021 terbaru, artikelnya sendiri dapat kamu baca pada halaman WinPoin berikut : Pertama Kali Mencoba Windows 10 Enterprise LTSC 2021

Btw, artikel ini hanyalah berisi opini saya sendiri sesuai dengan pengalaman yang terjadi sehari hari. Mungkin kamu sebagai pengguna Windows 10 Enterprise LTSC 2019 memiliki pandangan lain? atau justru kamu melakukan upgrade ke Windows 10 Enterprise LTSC 2021? komen dibawah saja guys, dan berikan pendapat dan opinimu.

Diartikel selanjutnya, mungkin akan saya bahas, kenapa saya juga kurang suka untuk melakukan upgrade ke Windows 11? jadi stay terus di WinPoin ya kawan kawan.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.