Jika kamu saat ini menggunakan Windows 11, namun kamu merasa bahwa Windows 11 tersebut berjalan cukup lambat di perangkat kamu, kamu mungkin perlu memeriksa beberapa pengaturan berikut.

Sudah Menggunakan SSD

Beberapa kali saya pernah mengatakan bahwa mulai era Windows 10, kita setidaknya sudah harus menggunakan SSD untuk penyimpanan system, karena bagaimanapun SSD akan menambah performa perangkat dan system operasi yang kita gunakan. Jadi sudahkan kamu pake SSD?

Baca juga : Kenapa Kamu Harus Pake SSD di Windows 10!

Mematikan Animasi

Jika kamu sudah menggunakan SSD, namun ternyata Windows 11 kamu masih terasa lambat, kamu bisa mematikan Animasi yang ada di Settings > Accessibility > Visual Effects > Animations Effects.

Nah dengan mematikan animasi, tentu rasanya akan ada sedikit peningkatan performa, terutama ketika buka tutup aplikasi, namun tentu pengalaman penuh dari Windows 11 akan dikurangi.

Mematikan Transparansi

Nah jika dengan dua langkah diatas Windows 11 kamu masih terasa lambat, kamu selanjutnya bisa mematikan efek transparan di Windows 11 melalui halaman Settings > Accessibility > Visual Effects > Transparency.

Atau kamu juga bisa masuk ke Settings > Personalizations > Colours > Transparency effects.

Baca Juga : Dua Cara Mematikan Efek Transparan di Windows 11

Uninstall Bloatware dan Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Selain tiga hal diatas, kamu juga menghapus sejumlah aplikasi yang tidak kamu gunakan serta sejumlah bloatware yang memang hadir di Windows 11 secara default.

Untuk hal ini, kamu bisa menggunakan aplikasi sejenis ThisIsWin11 untuk menghapus bloatware dan bahkan melakukan beberapa kustomisasi di Windows 11 yang kamu gunakan.

Kesimpulan

Pada dasarnya, Windows 11 memang diperuntukkan di prosesor terbaru, dan tentu harusnya dengan adanya minimum system requirement ini dapat setidaknya mencegah pengguna untuk mendapatkan performa buruk ketika menggunakan Windows 11.

Namun tentu dalam beberapa kasus, lambat, crash dan hal lainnya mungkin akan terjadi, karena bagaimanapun, OS Windows masih memiliki banyak kekurangan dari segi performa jika dibandingkan dengan Linux atau Mac, bahkan di Windows 11 yang masih terbilang baru, tentu mungkin akan ada sejumlah bug yang mempengaruhi performa, termasuk bug baru baru ini yang mana ternyata Windows 11 mengurangi performa SSD.

Nah apakah kamu mendapati masalah performa di Windows 11? langkah apa yang biasa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut? komen dibawah guys.

  ⚡️ Review Logitech G435 Lightspeed: Mencari Headset Gaming Bluetooth Terbaik  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.