Home Editorial 21 Hal Penting Seputar Upgrade Gratis Windows 10 yang Wajib Kamu Ketahui

21 Hal Penting Seputar Upgrade Gratis Windows 10 yang Wajib Kamu Ketahui

18 Hal Penting Seputar Upgrade Gratis Windows 10 yang Wajib Kamu Ketahui

Windows 10 Final dipastikan rilis 29 Juli 2015 nanti dan menjadi upgrade gratis bagi pengguna Windows 7 dan Windows 8.1. Dalam rangka mempersiapkan upgrade, ada beberapa hal seputar upgrade gratis Windows 10 yang wajib kamu ketahui:

 

Batas Upgrade Gratis Hingga 29 Juli 2016

Upgrade gratis ke Windows 10 bisa dilakukan mulai 29 Juli 2015 hingga 29 Juli 2016 saja. Setelah device terupgrade maka kamu bisa menggunakan Windows 10 tersebut selamanya, dengan tetap mendapatkan update dan support dari Microsoft secara cuma-cuma.

 

Benar-benar Gratis

Upgrade gratis Windows 10 ini bukanlah trial, atau versi Windows dengan fitur yang minim, tetapi benar-benar Windows 10 full version dengan fitur lengkap seperti versi retail yang berbayar.

 

Syarat Upgrade Gratis

Untuk bisa melakukan upgrade gratis ke Windows 10, device kamu harus berjalan di Windows 7 SP1 atau Windows 8.1 Update non-enterprise dengan lisensi aktif, dan sangat up-to-date.

 

Lakukan Reserve

Jika device kamu lolos kualifikasi untuk upgrade gratis ke Windows 10, maka notifikasi reserve akan muncul. Pastikan kamu memasukkan email dan melakukan reserve supaya tidak ketinggalan mendapatkan upgrade gratis ini ketika Windows 10 Final dirilis nanti.

 

Hal yang Terjadi Sesudah Reserve

Setelah melakukan reserve maka kamu akan dikabari melalui email jika Windows 10 Final dirilis dan device kamu siap diupgrade. Beberapa file yang diperlukan untuk melakukan upgrade ke Windows 10 juga akan terdownload, sehingga begitu Windows 10 Final dirilis nanti device kamu sudah siap melakukan upgrade dengan mulus.

 

Lamanya Proses Upgrade

Lama proses upgrade ke Windows 10 bervariasi. Device baru dengan spesifikasi powerful dan koneksi internet yang ngebut mungkin hanya membutuhkan 20 menit untuk menyelesaikan upgrade, tetapi device lama dan memiliki koneksi internet lambat bisa memerlukan waktu beberapa jam!

 

Jangan Hilangkan Get Windows 10 App

Bagi kamu pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 yang telah terkualifikasi mendapatkan upgrade gratis Windows 10, maka akan muncul Get Windows 10 App di taskbar. Jangan hilangkan aplikasi ini karena ini sangat penting bagi kelancaran proses upgrade ke Windows 10 nantinya.

 

Cek Status Reserve

Klik kanan Get Windows 10 App dan pilih Check your upgrade status untuk melihat status reserve. Jika hasilnya seperti ini maka kamu dipastikan bakal mendapatkan upgrade gratis ke Windows 10 ketika dirilis nanti.

 

Bisa Upgrade Gratis Tanpa Reserve

Cara termudah untuk upgrade gratis ke Windows 10 adalah dengan melakukan reserve, tetapi kamu juga bisa melakukan upgrade meskipun tanpa melakukan reserve, selama device kamu memenuhi persyaratan dan kualifikasi upgrade gratis ke Windows 10.

 

Bisa Upgrade Banyak Device

Kamu bisa upgrade gratis ke Windows 10 di banyak device sekaligus, yang perlu kamu lakukan adalah melakukan reserve di semua device tersebut (yup, kamu bisa reserve dengan Microsoft Account yang sama)

 

Penyebab Tidak Mendapatkan Get Windows 10 App

Sebagian pengguna Windows mungkin tidak mendapatkan Get Windows 10 App yang penting untuk upgrade gratis ke Windows 10. Penyebabnya bisa bermacam-macam, antara lain:

  • Windows kamu tidak up-to-date, minimal harus sudah Windows 7 SP1 dan Windows 8.1 Update terbaru
  • Windows Update kamu dimatikan
  • Windows kamu tidak original
  • Kamu menggunakan Windows versi Enterprise, yang tidak masuk di dalam program upgrade Windows 10 gratis

 

Bisa Reserve Meskipun Tidak Mendapatkan Notifikasi

Umumnya pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 bakal mendapatkan notifikasi untuk melakukan reserve, tetapi bagi yang tidak kamu bisa cek di Control Panel dan klik Get Windows 10 di Windows Update Control Panel

 

Edisi Windows 10 yang Akan Kamu Dapatkan

  • Dari Windows 7 Starter / Home Basic / Home Premium akan mendapatkan Windows 10 Home
  • Dari Windows 7 Pro / Ultimate akan mendapatkan Windows 10 Pro
  • Dari Windows 8.1 *** akan mendapatkan Windows 10 Home
  • Dari Windows 8.1 Pro / Pro for Students akan mendapatkan Windows 10 Pro
  • Dari Windows Phone 8.1 *** akan mendapatkan Windows 10 Mobile

 

Windows 10 Mobile Dirilis Akhir Tahun

Berbeda dengan Windows 10 PC yang dirilis 29 Juli nanti, Windows 10 Mobile baru akan dirilis pada akhir tahun. Belum ada tanggal yang pasti untuk perilisannya karena saat ini statusnya masih dalam tahap pengembangan.

 

Pengguna Windows Enterprise Tanpa Software Assurance Tidak Bisa Upgrade Gratis

Hanya pengguna Windows Enterprise dengan Software Assurance subscription yang aktif saja yang akan mendapatkan upgrade gratis ke Windows 10 Enterprise, selebihnya tidak akan mendapatkan upgrade gratis.

 

Banyak Fitur Windows 10 Memerlukan Hardware Khusus

Windows 10 dilengkapi dengan banyak sekali fitur baru yang memerlukan hardware khusus. Misalkan Continuum yang hanya bisa dinikmati di hybrid, Windows Hello yang memerlukan kamera untuk facial recognition / iris detection, Two-factor authentication yang memerlukan Biometric Fingerprint, dsb.

 

Mayoritas Software & App Windows 7 / 8.1 Bisa Berjalan di Windows 10

Windows 10 didesain kompatibel dengan mayoritas software dan aplikasi Windows 7 ataupun Windows 8.1. Jadi setelah upgrade kamu masih bisa menggunakan software dan aplikasi favorit kamu tanpa masalah.

 

Beberapa fitur Windows Tidak Ada di Windows 10

Setelah melakukan upgrade, maka beberapa fitur Windows lama seperti Windows Media Center, DVD Playback, Gadget, dan beberapa fitur lainnya tidak lagi ada di Windows 10. Hal ini karena Windows Media Center sudah tidak dikembangkan lagi, DVD Playback bisa didapatkan dari software media player third party, dan Gadget sudah tidak relevan lagi setelah adanya live tiles. (Baca juga: 7 Fitur yang Tidak Bisa Lagi Kamu Nikmati Setelah Upgrade ke Windows 10)

 

Member Insider Dapat Menikmati Windows 10 Final Lebih Dulu

Bagi kamu yang tergabung di Windows Insider, maka kamu bakal bisa menikmati Windows 10 Final terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan Microsoft ingin mendapatkan feedback dari Insider seputar proses upgrade tersebut sebelum dipublikasikan secara luas ke pengguna non-insider. (Baca: Insider Mendapatkan Windows 10 Final Lebih Dulu, Non Insider Menyusul)

 

Program Windows Insider Tetap Berlanjut Meskipun Windows 10 Final Sudah Dirilis

Meskipun Windows 10 Final sudah dirilis 29 Juli 2015 nanti, program Insider bakal terus berlanjut untuk memberikan wadah bagi Microsoft mendapatkan feedback pengembangan Windows 10. Artinya sebelum Microsoft menambahkan fitur baru di Windows 10, member insider bakal mendapatkannya lebih dulu melalui Preview Build untuk diuji coba dan mengumpulkan feedback sebelum dirilis ke publik.

 

Member Insider Bisa Menikmati Windows 10 Gratis dari Preview ke Preview

Seperti di poin sebelumnya, Windows 10 Final menjadi upgrade gratis bagi pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 dengan lisensi valid. Tetapi bagi member Insider, kamu bisa menikmati Windows 10 tanpa harus memiliki lisensi Windows 7 dan Windows 8.1. Caranya adalah dengan menggunakan Windows 10 dari Preview build satu ke Preview build lainnya.

Selama kamu rajin mengupdate build Windows 10 Preview kamu, maka kamu tetap bisa menggunakan Windows 10 dengan lisensi preview. (Baca: Inilah Kejelasan Seputar Lisensi Gratis Windows 10 Bagi Windows Insider)

 

Itulah 21 hal penting seputar upgrade gratis Windows 10 yang wajib untuk kamu ketahui. Semoga dengan penjelasan ini tidak banyak lagi kebingungan yang terngiang di benak kamu seputar upgrade Windows 10 gratis pada 29 Juli 2015 nanti.

via microsoft

  Perilisan Windows 10 SCU Diundur, Ponsel Gaming Xiaomi, dsb!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.