Di Windows 10, selain mengenkripsi file atau folder secara individual, kamu juga dapat mengenkripsi sebuah partisi melalui fitur BitLocker. Setelah menjalankan fitur BitLocker untuk mengenkripsi partisi, merupakan hal yang penting untuk backup recovery key agar sewaktu-waktu jika ingin melakukan dekripsi terhadap partisi, maka kamu bisa menggunakan recovery key ini.

Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara backup recovery key dari BitLocker di Windows 10. Dimana kamu dapat melakukannya melalui Control Panel.

Baca juga tutorial Windows 10 lainnya:

Backup BitLocker Recovery Key di Windows 10

  1. Buka Start Menu dan ketikan Manage BitLocker pada kolom pencarian.
  2. Pilih partisi yang sudah terenkripsi, lalu pilih opsi Back up your recovery key.
  3. Kemudian pilih media dimana file backup akan tersimpan. Kamu bisa pilih untuk backup ke Microsoft Account, menyimpannya di Flashdisk, menyimpannya pada file text, atau print. Pada kasus tutorial ini, saya akan memilih untuk menyimpannya pada file text (Save to a file).
  4. Tentukan lokasi dimana file backup akan tersimpan.
  5. Ketika key sudah berhasil tersimpan, maka kamu akan mendapati pesan ‘Your recovery key has been saved’. Klik Finish untuk mengakhiri proses.
  6. Done.

Setelah proses selesai, maka kamu akan mendapati file backup pada lokasi folder yang tadi dipilih.

  UNBOXING APPLE WATCH SERIES 6 + NYOBAIN FITUR BARU!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.