reviewbuild10147_1

Windows 10 Insider Preview build 10147 telah bocor ke internet, yang artinya dapat didownload semua orang. Tentunya sebagian besar orang mengangap jika leaked build ini tidak stabil dan memiliki banyak bugs (dan memang seperti itu yang biasa terjadi di leaked build non-official),  namun ternyata hal tersebut tidak terjadi pada build ini.

Sejauh menggunakannya saya tidak menemukan bugs yang berarti dan sangat lancar saat digunakan bernavigasi. Hal ini bisa jadi disebabkan karena tanggal perilisan Windows 10 Final yang sudah makin dekat, yang tentunya membuat Microsoft bekerja keras untuk membuat sistem yang stabil sebelum perilisannya nanti.

Bagi kamu yang penasaran, berikut ini adalah review WinPoin tentang berbagai hal baru yang ada di Windows 10 Insider Preview build 10147.

 

Desktop

reviewbuild10147_2

Terdapat 1 wallpaper baru pada build ini yang terpasang secara default. Jika kamu ingin download versi full resolusinya bisa mendownloadnya disini.

 

Start Menu

Ada banyak perubahan yang terjadi pada start menu, terutama untuk icon-icon Modern App dan juga icon quick navigasi yang sebelumnya hanya bericon smiley.

reviewbuild10147_4

reviewbuild10147_3

 

Dan jika tablet mode diaktifkan tombol power options akan muncul di sisi kiri bawah, ini akan memudahkan ketika ingin mematikan PC tanpa perlu berpindah menjadi normal mode.

reviewbuild10147_5

 

Clock & Time

Pada bagian time telah di redesign dengan menambahkan background transparan.

reviewbuild10147_6

 

Action Center

Pada bagian action center, terdapat 2 menu baru di bagian quick settings. yakni “Note” dan “Quite Hours”.

reviewbuild10147_7

 

Microsoft Edge

reviewbuild10147_8

Sesuai janji Microsoft sebelumnya, nama Project spartan sekarang telah berganti sepenuhnya menjadi Microsoft Edge. dan terdapat fitur baru yakni opsi untuk memilih antara Light theme atau Dark theme.

reviewbuild10147_9

 

Pada bagian Advanced Setting, sekarang dapat menentukan search engine sesuai keinginan.

reviewbuild10147_10

 

Dan juga telah ditambahkan fitur Password manage. Disini kamu dapat mengatur password site yang kita simpan, kamu bisa menambahkan Password pada site baru ataupun meremovenya.

reviewbuild10147_11

reviewbuild10147_12

 

Untuk nonton streaming seperti youtube, pada build-build sebelumnya jika Edge di minimize maka video akan berhenti. Tetapi di build ini sekarang video bisa tetap berjalan walaupun browser di minimize.

reviewbuild10147_13

 

Dan ketika kamu tidak sengaja menutup Edge dalam keadaan tab lebih dari 1. maka akan muncul Pop-up.

reviewbuild10147_14

 

New Get Office App

App ini berfungsi sebagai penawaran microsoft untuk Office dan beberapa produk didalamnya seperti OneNote, Office Sway, dsb.

reviewbuild10147_15

 

New Phone Companion App

Seperti yang pernah Microsoft umumkan sebelumnya, Phone Companion ini berfungsi agar Platform lain selain Windows phone seperti Android dan iOS bisa berjalan mulus di Sistem Operasi Windows. Dengan begitu maka pengguna Android ataupun iOS dapat sinkronasi personal file mereka dengan mudah, meskipun untuk saat ini masih belum bisa dijalankan.

reviewbuild10147_16

Ini juga merupakan salah satu langkah Microsoft untuk menggaet pengguna Android dan iOS menggunakan service Windows. Terlebih juga Cortana akan hadir di Platform lain dalam waktu dekat.

 

App Store telah di Remove

Pada build ini, app store biasa telah di remove dengan hanya meninggalkan App Store (Beta). ini menandakan bahwa Store beta sudah hampir rampung.

reviewbuild10147_17

 

Icon

Untuk Icon pada build ini kurang lebih ada 132 icon baru. Ini terjadi pada Icon-icon di Control panel tradisional yang mana beberapa iconnya telah berubah.

reviewbuild10147_18

Sisanya sebagian besar hanya minor update dari Icon sebelumnya. Sebagai contoh untuk floppy disk icon yang telah ditambahkan slot disket dan icon explorer yang terlihat lebih smooth.

(Kiri build 10125, kanan build 10147)

reviewbuild10147_19

reviewbuild10147_20

Nah, itulah review Windows 10 build 10147 yang bocor ke publik kemarin. Over all menurut saya build ini sudah sangat stabil untuk sebuah leaked, dan tentunya akan lebih baik lagi saat Microsoft merilisnya secara official. Jika kamu menemukan hal baru yang belum di sebutkan diatas, silahkan berkomentar. See you in the next review build ;)

  Fitur macOS di Windows  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.