Home Editorial 3 Hari Menuju Windows 10: Apa Yang Membedakan Windows 10 dengan Windows...

3 Hari Menuju Windows 10: Apa Yang Membedakan Windows 10 dengan Windows 8.1

Setelah kemarin membahas perbedaan Windows 10 dengan Windows 7, kali ini saya akan membahas sekilas perbedaan yang mencolok antara Windows 10 dengan Windows 8.1.

 

Start Screen vs Start Menu

4 Hari Menuju Windows 10: Apa Yang Membedakan Antara Windows 10 dengan Windows 7

Windows 8.1 tidak disertai dengan Start Menu, melainkan sebuah Start Screen yang memenuhi layar — lengkap dengan semua Live Tiles nya. Ketika kamu sedang di desktop dan klik tombol Start, maka kamu akan kembali dibawa ke Start Screen lagi. Di Windows 10 semua itu sudah digantikan dengan adanya Start Menu.

Tetapi jangan khawatir, bagi kamu yang merindukan Live Tiles di Start Screen, fitur ini juga tetap ada di Start Menu Windows 10. (Baca juga: 8 Alasan Kenapa Kamu Harus Upgrade ke Windows 10)

 

User Experience Windows 10 Sudah Lebih Baik

Inilah yang Perlu Diketahui Pengguna Windows 8 Tentang Windows 10

Windows 10 menawarkan user experience yang lebih baik dibandingkan dengan Windows 8.1. Beberapa fitur produktif telah ditambahkan, misalnya saja Virtual Desktop, Action Center, Start Menu, Cortana, bahkan Microsoft Edge. Integrasi Modern Apps dan Desktop juga jauh lebih baik, dimana Modern Apps kini berjalan persis seperti Desktop Apps pada umumnya.

Bahkan untuk pengguna hybrid, Windows 10 punya fitur Continuum, yang bisa menyesuaikan sebuah perangkat hybrid untuk berpindah dari mode PC ke mode tablet dengan lebih mulus.

 

Charms Bar Ditiadakan

Kalau di Windows 8.1 ketika digeser pointer mouse ke kanan akan muncul Charms Bar, di Windows 10 fitur tersebut sudah ditiadakan. Kini di bagian kanan Windows 10 yang muncul adalah Notification Center dan beberapa fly-out lainnya. Notification Center ini awalnya ada di Windows Phone 8.1, dan akhirnya di kembangkan di Windows 10 juga.

 

Itulah beberapa perbedaan mencolok antara Windows 10 dengan Windows 8.1. Saat pertama kali menggunakan Windows 10 nanti mungkin kamu masih belum terbiasa, tetapi lama-kelamaan pasti akan merasa nyaman dengan sendirinya.

Bagikan pendapat kalian di sini.

  Headline: iPhone Dual SIM, macOS Dark Mode, iOS 12, dsb!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

A #Windows lover | #Microsoft fan | #WindowsInsider ;)