Pada tutorial kali ini, WinPoin akan memberitahu kamu bagaimana cara mengganti ekstensi file dengan menggunakan PowerShell. Cara ini terbilang lebih efisien karena dapat mengubah beberapa ekstensi file sekaligus dalam satu perintah saja.

Baca juga tutorial Windows 10 lainnya:

Mengubah Ekstensi File dengan PowerShell

Navigasi ke folder dimana terhadap file yang ingin kamu ganti ekstensinya, kemudian klik kanan sembari menekan tombol Shift pada keyboard, lalu klik opsi Open Powershell windows here.

Kemudian ketikan perintah dibawah ini, dimana perintah ini akan menghubah semua file dengan ekstensi .JPG menjadi .RAW. Tentu kamu dapat menggantinya sesuai dengan kebutuhan.

Get-ChildItem *.jpg| Rename-Item -newname { $_.name -replace '.jpg', '.raw' }

Perlu diketahui bahwa perintah diatas hanya berlaku pada direktori yang aktif saja. Jika kamu memberlakukan perintah pada subfolder (jika ada) maka kamu bisa menggunakan perintah ini.

dir -Recurse *.raw | Rename-Item -newname { $_.name -replace '.raw','.jpg' }

Dimana perintah diatas akan mengganti file dengan ekstensi .RAW menjadi .PNG, serta memberlakukan perintah pada semua subfolder. Kamu dapat mengganti path serta ketentuan ekstensi sesuai kebutuhan.

Cara ini dapat dilakukan pada semua versi Windows, selama terdapat konsol PowerShell didalamnya.

  Redmi 9A Indonesia: Kenapa Bisa Murah..??  

BELI GADGET MURAH DISINI AJA

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.