Home News Inilah yang Bisa Kamu Harapkan dari Event BUILD 2016

Inilah yang Bisa Kamu Harapkan dari Event BUILD 2016

Inilah yang Bisa Kamu Harapkan dari Event BUILD 2016

Event tahunan Microsoft untuk developer, BUILD 2016, segera digelar akhir maret ini. Jika kamu masih ingat, salah satu hype terbesar event BUILD di tahun lalu adalah rencana Microsoft untuk membuat aplikasi iOS & Android bisa berjalan di Windows 10.

Rencana tersebut berjalan sebagian melalui Project Islandwood yang bisa digunakan developer untuk memporting iOS Apps ke Windows Store. Namun Project Astoria yang merupakan bridge Android apps tidak jadi dirilis, bahkan pengembangannya sudah dihentikan.

Setahun sudah berlalu, lalu apa yang bisa kamu harapkan dari Event BUILD 2016 ini?

Berikut ini adalah beberapa prediksi dan analisa WinPoin, berdasarkan topik keynote di event tersebut.

 

Windows 10

Inilah yang Bisa Kamu Harapkan dari Event BUILD 2016

Sejak debut pertamanya tahun lalu, Windows 10 terus mendapatkan update dan perubahan. Di event BUILD 2016 nanti kemungkinan besar bakal dijelaskan lebih detail tentang update Windows 10 Redstone yang membawa banyak fitur baru, seperti continuity dan interactive live tiles dengan 2 fitur yang kabarnya merupakan top request dari pengguna.

Windows 10 untuk IoT juga mendapat porsi pembahasan yang cukup besar di event ini. Popularitas IoT yang kian melambung membuat Microsoft tidak ingin ketinggalan untuk terjun menyediakan Windows 10 platform bagi IoT device.

 

Cortana

Inilah yang Bisa Kamu Harapkan dari Event BUILD 2016

Pengembangan Cortana dan masa depannya tentu bakal dibahas juga di BUILD 2016 nanti. Hal ini termasuk rencana peningkatan fitur dan kecerdasan Cortana di berbagai platform, baik itu Windows 10, iOS, maupun Android.

Cortana nantinya juga bisa dimanfaatkan kecerdasannya untuk membuat aplikasi yang lebih cerdas melalui Cortana API.

 

Microsoft Edge

Inilah yang Bisa Kamu Harapkan dari Event BUILD 2016

Masa depan browser Edge bakal dibahas dalam, dimana salah satu fokusnya adalah ditambahkannya support add-on dan ekstensi di Microsoft Edge saat Windows 10 Redstone dirilis nanti.

 

Universal Windows Platform (UWP)

Inilah yang Bisa Kamu Harapkan dari Event BUILD 2016

Sejak era Windows 10, Microsoft memperkenalkan Universal Windows Platform atau yang lebih sering disebut UWP. Ini adalah konsep aplikasi yang adaptive, bisa berjalan di semua Windows 10 device dengan berbagai ukuran layar, baik itu smartphone, tablet, laptop, PC, Xbox, hingga HoloLens.

BUILD 2016 bakal banyak membahas seputar UWP dan pengembangannya, termasuk juga memperkenalkan bagaimana Project Islandwood bisa digunakan untuk membuat UWP dari iOS apps.

Beberapa aplikasi UWP buatan Microsoft, seperti Skype versi Universal juga tentunya bakal dipamerkan disini.

 

Windows 10 Mobile

Inilah yang Bisa Kamu Harapkan dari Event BUILD 2016

Windows Phone memang mengalami masa sulit akhir-akhir ini. Perilisan Windows 10 Mobile final yang tidak merata di berbagai device Lumia, market share OS yang anjlok hingga lebih dari separuhnya (dan terus merosot), hengkangnya banyak layanan dan aplikasi populer, serta pandangan publik bahwa Microsoft kurang serius dalam menggarap platform mobile.

Ya, Microsoft memang dinilai lebih fokus mengambil keuntungan dari popularitas iOS dan Android dengan merilis cross platform apps untuk setiap layanan populernya, dibandingkan dengan mengembangkan ekosistem Windows 10 Mobile itu sendiri.

Kombinasi dari berbagai hal itulah yang membuat publik ragu akan masa depan Windows 10 Mobile.

Event BUILD 2016 besok bakal menjadi kesempatan bagi Microsoft untuk menjelaskan bagaimana masa depan dari Windows 10 Mobile; apa strategi mereka kedepannya untuk mengembalikan kepercayaan publik; serta apakah mereka masih serius dalam menggarap market mobile dan memuaskan penggunanya.

Fitur baru di Windows 10 Mobile Redstone beserta integrasinya yang lebih dalam dengan Windows 10 PC bakal menjadi topik utama juga. Tentu tidak ketinggalan juga bahasan seputar tambahan fitur seperti live tile interaktif, continuity, dsb.

Ada satu lagi fitur andalan Microsoft di update Redstone yang mungkin bakal dibahas, yaitu fitur semacam Apple Handoff, dimana pengguna Windows 10 Mobile bisa SMS an melalui Windows 10 PC, sama seperti yang bisa dilakukan oleh pengguna iPhone yang memakai Mac.

 

Xamarin & Cross Platform Apps

Inilah yang Bisa Kamu Harapkan dari Event BUILD 2016

Microsoft saat ini memang suka dengan cross platform apps, alias merilis aplikasi untuk berbagai jenis platform, mulai dari iOS, Windows, serta Android.

Tidak mengherankan jika akhirnya mereka mengakuisisi Xamarin, tool yang memudahkan developer dalam merilis cross platform apps.

Di BUILD 2016 besok tentu bakal dibahas bagaimana rencana Microsoft kedepannya dengan Xamarin, dan apa yang bisa dilakukan oleh developer dengan tool tersebut.

Bukan tidak mungkin juga jika Xamarin bakal diintegrasikan langsung ke paket MSDN, atau mungkin bahkan kedalam Visual Studio.

 

Office & Cloud

Inilah yang Bisa Kamu Harapkan dari Event BUILD 2016

Sesuai dengan arahan CEO Microsoft Satya Nadella yang berfokus pada cloud, maka BUILD 2016 bakal didominasi dengan bahasan seputar layanan dan teknologi cloud milik Microsoft.

Setelah serangkaian akuisisi cloud apps & services populer seperti SwiftKey, Wunderlist, bahkan juga Talko, Microsoft tentunya bakal membicarakan masa depan mereka di tangan Microsoft.

Office 365 juga bakal menjadi bahasan utama, dimana Microsoft memberikan banyak fitur baru, salah satunya adalah integrasi dengan berbagai layanan cloud lain seperti yang dimiliki oleh Slack.

 

HoloLens

Inilah yang Bisa Kamu Harapkan dari Event BUILD 2016

Di BUILD tahun kemarin Microsoft memberi kejutan dengan memamerkan Augmented Reality headset yang mereka sebut HoloLens.

Kini dengan siap dirilisnya HoloLens untuk developer, maka bakal banyak dibahas bagaimana mengembangkan UWP apps di HoloLens.

Penemuan terbaru Microsoft Research seperti Holoportasi juga mungkin akan dipamerkan di event ini.

 

Kejutan

Di event BUILD tahun kemaren, HoloLens menjadi sebuah kejutan. Di BUILD 2016, belum ada tanda-tanda apa yang akan menjadi kejutan dari Microsoft.

Tetapi sempat senior project manager Windows, Rich Turner menyatakan akan ada fitur Windows 10 yang akan membuat siapapun terkejut saat melihatnya.

Hal senada juga diungkapkan team Microsoft, Scott Hanselman, yang menyatakan fitur tersebut akan mengubah segalanya.

Apa itu..?? Tentu jawabannya baru bisa kita ketahui di Event BUILD 2016 nanti.

 

Jangan Lewatkan Streaming

BUILD 2016 bakal diadakan pada 30 Maret – 1 April waktu setempat. Jika dikonversikan ke WIB, maka BUILD 2016 bakal dimulai 30 Maret 2016 sekitar 22.30 WIB, dan streamingnya akan kita tampilkan juga di WinPoin.

So..don’t miss it!

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.