Di Windows 10, kamu dapat mengenkripsi file ataupun folder dengan menggunakan fitur EFS (Encrypting File System). Ketika file/folder terenkripsi, maka hanya orang-orang tertentu yang memiliki passwordnya saja yang dapat membukanya (decrypt).

Tetapi jika kamu lebih memilih menggunakan aplikasi enkripsi pihak ke-3, maka kamu bisa mematikan fitur EFS jika ingin. Untuk melakukannya, kamu bisa melakukan konfigurasi melalui Local Security Policy.

Baca juga tutorial Windows 10 lainnya:

Mematikan EFS di Windows 10 dengan Local Security Policy

  1. Buka Windows Run dan ketikan secpol.msc.
  2. Navigasi ke Security Settings > Public Key Policies > Encrypting File System.
  3. Klik kanan pada subfolder Encrypting File System, lalu pilih opsi Properties.
  4. Pada tab General, pilih opsi Don’t allow pada menu File encryption Using Encrypting File System (EFS). Klik OK untuk menyimpan pengaturan.
  5. Restart Windows 10.

Setelah proses selesai, maka kamu akan mendapati pesan “The machine is disabled for file encryption” ketika coba mengenkripsi sebuah file / folder.

Untuk mengembalikannya seperti semula, kamu dapat melalui langkah-langkah yang sama seperti diatas dan mengganti opsi menjadi Not defined pada langkah ke-4.

  Gimbal HP Murah Ini Stabil Banget! Review Feiyutech Vlog Pocket 2  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.